Posisi Anda
Home > Bisnis > Gunakan Alat Ini Agar Bisnis Online Anda Sukses

Gunakan Alat Ini Agar Bisnis Online Anda Sukses

alat-bisnis-online

Bisnis – Alat bisnis online merupakan sarana dasar yang wajib dipenuhi jika usaha yang anda rintis di internet ingin mencapai kesuksesan. Sebagaimana juga berlaku di dalam dunia bisnis riil, usaha yang dijalankan secara online juga membutuhkan sarana sebagai penunjang pengelolaan bisnis itu sendiri.

Karena bisnis online bukanlah pekerjaan yang banyak menguras tenaga, otomatis alat nya juga bukanlah alat-alat berat seperti pekerjaan di dunia nyata. Tetapi peralatan ringan yang mudah dibawa kemana-mana dan kapan saja.

Hanya saja waktu yang dibutuhkan dalam bisnis online mungkin sama saja dengan bisnis riil. Bahkan mungkin lebih dari itu. Meskipun online bisa kita lakukan kapan saja, tetapi untuk menjalankan bisnis di dunia maya juga butuh waktu-waktu yang tepat supaya bisa mencapai sasaran.

Apa saja alat untuk menjalankan bisnis online supaya mendapat hasil yang maksimal ? Berikut ini beberapa sarana dan peralatan yang dibutuhkan :

1. Komputer dan Handphone

Alat untuk menjalankan bisnis online yang pertama sekali adalah komputer dan Handphone. Ini sebagai sarana bagi anda untuk online menggunakan jaringan internet. Kedua alat ini diuasahakan yang memiliki spek mumpuni dari sisi OS, prosesor, RAM dan aplikasi.

Untuk computer misalnya tidak harus yang memiliki spesifikasi tinggi. Cukup dengan Komputer atau laptop yang memiliki RAM 2 GB dan harddisk berkapasitas 500 GB. Yang penting aplikasi atau software pendukung bisnis sudah kita install di dalamnya.

Sementara untuk handphone kalau bisa juga menggunakan smartphone dengan RAM minimal 2 GB dan ROM yang agak besar. Usahakan handphone yang anda miliki mempunyai ukuran layar minimal 5 inchi yang ditunjang dengan kamera yang bagus.

2. Modal

Modal juga merupakan syarat awal yang wajib kita penuhi sebagai alat bisnis online. Hanya saja untuk usaha atau bisnis yang dijalankan secara online modalnya bersifat relative. Dalam arti dengan modal yang kecil pun anda sudah bisa berbisnis secara online di dunia maya.

Yang jelas modal kita perlukan untuk membeli computer dan laptop serta membeli paket internet atau langganan bulanan jaringan internet.

3. Jaringan Internet

Komputer atau smartphone tak akan berfungsi jika tidak ada bantuan koneksi internet. Bagaimana mau update status bisnis di facebook misalnya kalau tak punya paket internet atau langganan wifi.

Karena jaringan internet yang kita gunakan adalah focus untuk bisnis maka diusahakan untuk memilih koneksi yang cepat dan lancar. Walaupun anda tidak sedang menghadap computer paling tidak smartphone anda tetap dalam kondisi tersambung ke jaringan.

Hal ini berguna untuk mengetahui email masuk yang di kirim ke kita, atau pesan WA dan pemberitahuan komen dari facebook.

4. Akun Media Sosial

Dalam bisnis online anda wajib memiliki akun media social sebagai sarana untuk komunikasi dengan calon pelanggan atau mempromosikan produk-produk anda.

Akan tetapi anda juga harus jeli memilih akun medsos yang kira-kira cocok untuk menjalankan bisnis anda. Karena akun social media juga mempunyai karakter dan kelebihan masing-masing.

Tidak berarti juga anda harus memanfaatkan seluruh jenis media social yang ada. Tapi bisa pilih salah satu supaya pengelolaan bisnis kita tidak ribet yang mengakibatkan kehilanagn focus ke bisnis.

Baca Juga :   Cara Memanfaatkan Embung Desa Menjadi Peluang Usaha Bumdes

Media sosial merupakan sarana bisnis online yang paling simple, mudah dan murah. Bahkan kita bisa berkomunikasi langsug dengan calon pembeli atau konsumen yang berminat menawar produk anda. Untuk itu mungkin anda juga perlu membaca info tentang Cara Jitu Mengelola Bisnis Lewat Media Sosial Agar Berhasil.

Selain itu dengan media social kita bisa langsung mengetahui apakah teman kita atau calon pembeli kita sedang online apa tidak. Sehingga kita juga bisa menentukan kapan harus update status bisnis atau mengirim promosi usaha yang sedang kita jalani.

5. Website

Selain media social, website juga sangat bagus sebagai alat bisnis online di internet. Hal ini kita ibaratkan seperti sebuah perusahaan atau kantor kita di dunia maya. Bahkan juga berfungsi sebagai toko online. Dimana pengunjung bisa melihat-lihat produk apa saja yang kita jual.

Terlebih lagi jika usaha yang anda miliki merupakan sebuah lembaga bisnis seperti CV, PT dan lainnya. Maka website sangat membantu untuk mempromosikan company profile kita. Dengan demikian bisnis kita menjadi lebih kredibel memperkuat kepercayaan terhadap bisnis yang kita miliki.

Cara ini juga akan memperluas jangkauan bisnis kita ke seluruh penjuru. Baik dalam negeri maupun luar negeri. Oleh karenanya usahakan agar anda mempunyai website bisnis yang professional.

Dengan adanya website sebagai alat bisnis, usaha yang kita miliki bisa terus di ketahui orang banyak walaupun kita sedang tidur.

6. Relasi dan Pertemanan

Bagaimanapun relasi di dunia online tidak boleh kita tinggalkan jika bisnis kita ingin cepat laku dan maju. Usahakan untuk membangun relasi lewat social media atau pun forum-forum yang ada kitannya dengan bisnis kita.

Jalin pertemanan sebanyak mungkin dan jaga komunikasi yang baik dengan mereka. Lakukanlah chatting kepada teman untuk mengakrabkan diri agar lebih saling mengenal.

Jika perlu bantu mereka mengatasi masalah yang sedang dihadapi meskipun hanya sekedar memberikan saran atau rasa simpati.

Tujuan utamanya adalah agar lebih dekat sehingga meningkatkan rasa kepercayaan dan akhirnya mereka mau membeli produk yang kita tawarkan.

7. Pengetahuan Bisnis

Ilmu bisnis online harus anda pelajari sebagai sarana peningkatan manajemen bisnis jika usaha yang anda miliki ingin mendatangkan hasil yang besar. Karena bisnis apa pun di dunia ini jelas ada ilmu nya.

Anda bisa belajar ilmu bisnis online lewat google atau langsung berguru kepada mereka yang sudah berhasil. Tidak perlu malu untuk bertanya atau minta bantuan senior yang sudah terbukti berhasil melakukan bisnis di dunia maya.

Contoh pengetahuan bisnis online misalnya bagaimana sistem pembayaran secara online, bagaimana membuat gambar yang menarik, bagaimana memperkecil ukuran file dan gambar dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa alat untuk bisnis online yang perlu disiapkan jika anda ingin buka usaha di internet. Soal bisnis apa yang harus anda terjuni tergantung dari hoby dan minat serta kemampuan anda.

Banyak sekali model bisnis online yang ada di internet sekarang ini. Termasuk juga usaha anda dalam kehidupan sehari-hari juga bisa di online kan. Oleh karena itu anda perlu tahu 7 Cara Mengelola Bisnis Yang Baik Agar Tetap Bertahan. (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Usaha Jasa Cuci Sepatu, Peluang Bisnis Baru yang langka Bisnis, Pedekik.com - Membuka usaha jasa cuci sepatu menjadi salah satu alternatif peluang bisnis baru untuk dijalankan. Sekarang memang sedang tren buka usaha dibidang cuci-mencuci di kalangan masyar...
7 Peluang Bisnis Ramadhan Ini Pasti Dibutuhkan Konsumen Bisnis - Peluang Bisnis Ramadhan walaupun sifatnya musiman namun keuntungannya bisa berkali lipat di banding hari biasa. Karena konsumen biasanya membutuhkan produk atau jasa yang anda tawarkan sifatn...
4 Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Pedesaan Bisnis - Siapa bilang bisnis yang menjanjikan hanya menjadi peluang bagi para pebisnis di perusahaan besar di kota ? Apakah Anda termasuk yang pernah beranggapan seperti itu ? Baiknya, mind set atau p...
Mengenal Sistem Bisnis Joybiz Indonesia yang bakal Booming Bisnis – Perlu anda ketahui bahwa sistem bisnis joybiz Indonesia sangat berbeda dengan pola bisnis MLM yang ada selama ini. Marketing plan yang diterapkan perusahaan merupakan sebuah inovasi yang diha...
Prospek Bisnis Online Paling Menjanjikan Di Internet Bisnis - Jika anda sedang mencari bisnis online yang punya prospek paling menjanjikan untuk dijalani, maka anda harus baca artikel ini hingga selesai. Karena mendapatkan penghasilan melaui media onlin...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top