Posisi Anda
Home > Teknologi > 3 Template Website Desa Keren Dan Responsive Yang Perlu Anda Coba

3 Template Website Desa Keren Dan Responsive Yang Perlu Anda Coba

Template Website Desa

Tekno Desa – Mencari template website desa yang keren dan bagus itu gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena sebenarnya semua template web atau blog bisa digunakan.

Dibilang susah karena kebanyakan template website desa yang ada, tampilannya cukup sederhana. Bahkan kurang enak untuk dilihat.

Tetapi sebenarnya bagus tidaknya tampilan template website untuk portal desa tergantung bagaimana anda mengatur tata letaknya saja. Coba baca Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintah Desa #1.

Jika anda mau sedikit berimprovisasi, template apa saja bisa di terapkan untuk website desa. Baik tema blog seperti blogger, cms wordpress, joomla dan lain-lain.

Nah yang paling penting adalah bagaimana anda memahami struktur sebuah interface dari tema web desa yang anda inginkan.

Dan pada dasarnya membuat website untuk desa itu sama saja dengan membuat website pada umumnya. Maksudnya ada halaman statis, ada halaman dinamis dan ada widget-widget tertentu.

Sebelum kita sampai pada pembahasan 3 template website desa yang keren dan responsive, disini sedikit kami berikan gambaran bagaimana memahami struktur sebuah blog atau website untuk desa.

Supaya anda nantinya bisa mengatur dan menata posisi atau letak komponen-komponen yang akan anda tampilkan di blog desa tersebut.

Struktur atau bagian yang perlu kita tuangkan di website desa antara lain :
– Profile Desa, Ini gambaran secara umum tentang pemerintahan desa.
– Kelembagaan Desa seperti Karang Taruna, PKK, Linmas, Bumdes dan lain-lain.
– Pelayanan yang ada di Desa, misalnya surat-menyurat, layanan social, kesehatan teknologi dan lainnya.
– Data Desa, Data desa ini banyak sekali. Seperti kependudukan, pembangunan, keuangan, inventaris dan lainnya.
– Regulasi, Ini juga perlu kita tampilkan. Seperti Perdes dan aturan-aturan yang terkait dengan program dan pelayanan yang ada di desa.

Itu beberapa gambaran singkat saja. Selebihnya bisa anda gali sendiri dan pelajari semua komponen dan bagian yang ada di desa agar mudah menuangkannya sebagai menu atau widget blog desa.

Oke, kembali lagi kepada template website desa yang keren dan responsive di atas, disini kami berusaha untuk browsing keliling guna melihat tampilan-tampilan interface dari berbagai web desa yang ada di internet.

Dan hasilnya adalah 3 template yang bagus dan keren menurut versi kami dan bisa anda jadikan rujukan untuk membuat website desa anda.

Berikut 3 Template Website Desa yang cantik alias keren dan juga responsive :

1. Desa Pedekik.

Coba anda lihat webnya di laman : www.pedekik.desa.id.

Nah, bagaimana tanggapan anda? Bagus kan ? Web desa pedekik tersebut di buat menggunakan CMS WordPress.

Jika di lihat pada halaman homepage tak ubahnya seperti tampilan untuk website company profile. Menu-menu yang ada pun terbilang lengkap. Halaman depannya dibuat tanpa kolom sidebar.

Yang kelihatan keren adalah cara mengimplementasikan modul atau widget menjadi kelihatan menarik dan serasi.

Coba anda lihat cara menampilkan widget visi misi di halaman hompage nya. Terkesan lain dari yang lain. Sangat Inovatif dan kreatif. Juga widget kata sambutan dari Sekdes nya.

Pada website atau blog desa lain juga banyak di tampilkan widget kata sambutan dan visi misi. Namun tampilan nya sangat sederhana.

Selain itu di halaman profile perangkat desa juga terdapat fitur animasi yang keren. Gak percaya, cek aja di Menu Profile – Pemerintahan desa – Perangkat Desa.

Kemudian anda letakkan kursor anda pada gambar-gambar perangkat dan staff. Akan muncul tampilan animasi yang ciamik.

Baca Juga :   Inilah 5 Tips Memajukan Bumdes Bagi Pengurus Dan Masyarakat Desa

Template website desa pedekik ini memiliki banyak fitur, modul dan layout yang elegant, keren serta responsive. Kita tinggal mengatur tata letak dan penggunaan sesuai dengan keinginan kita.

Disamping bawaan temanya memang bagus, karena menggunakan blog CMS wordpress, maka bisa di tambah dengan plugin-plugin wordpress untuk melengkapi dan menutupi fasilitas yang terasa kurang.

Untuk lebih puasnya silahkan anda kunjungi sendiri website desa pedekik dan buka-buka fitur apa saja yang ada dan terpasang di setiap halaman web tersebut.

2. Desa Simpang Ayam.

Silahkan lihat web nya di laman http://simpangayam.desa.id.

Website desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis ini juga memiliki tema yang keren. Sepertinya tema desa ini menggunakn framework PHP Codeigniter (CI).

Di halaman depan juga menampilkan modul kata sambutan, Video desa, arsip berita dan slider yang tertata dengan rapi. Template ini mengusung tema minimalis responsive.

Modul yang tertanam dalam template desa simpang ayam ini antara lain modul statistic, agenda, struktur perangkat desa dan modul lainnya yang cantik dan memang di butuhkan untuk website desa.

Selain itu dibagian back end dashboard admin juga memiliki struktur tema yang tidak kalah menarik. Karena menggunakan template boostrap yang ramah handphone dan tidak membosankan.

Sehingga bagi operator website desa yang masih pemula cukup mudah untuk mempelajari bagaimana cara mengolah website desa nya. Walaupun operatornya tidak memiliki background pengetahuan blog.

3. Template Desa WP-Ndeso.

Demonya bisa anda lihat di http://wpndeso.com/.

Ini jelas merupakan template desa WordPress yang memang di rancang untuk kebutuhan tema web desa. Bagi anda yang sudah familiar dengan blog wordpress tentu bisa menggambarkan bagaimana struktur php dari CMS opensource yang terkenal ini.

Yang membuat tema ini termasuk kategori bagus dan keren karena di lengkapi dengan widget-widget untuk kebutuhan desa. Seperti laporan keuangan, informasi pembangunan, pengumuan dan editorial Kades.

Karena menggunakan wordpress, biasanya banyak plugin tersedia yang bisa digunakan gratis untuk melengkapi fitur yang terasa kurang lengkap.

Seperti menampilkan grafik statistic, struktur perangkat, dan juga peta desa. Semua bisa memanfaatkan plugin wordpress.

Jadi itulah beberapa template website desa yang keren dan responsive untuk anda jadikan rujukan dalam membuat blog resmi desa.

Dari ketiga tema diatas yang jelas masih banyak tema atau template lain yang bagus dan sesuai untuk di terapkan pada portal resmi desa anda.

Yang penting intinya anda mau sedikit berimprovisasi agar interface nya kelihatan elegant. Terutama di halaman depan.

Kalau memang menginginkan yang benar-benar keren dan lengkap anda bisa membeli template premium. Namun bukan hanya sekedar tampilan dari website desa nya yang keren.

Yang sangat penting sekali adalah informasi yang disajikan dalam web tersebut. Kalau bisa selalu di update dan benar-benar bisa menjadi informasi bagi masyatakat desa dan mendukung transparansi dana desa.

Sebab pemerintah saat ini sedang menggenjot pembangunan desa melalui dana desa yang di transfer setiap tahun untuk mendorong agar desa-desa di Indonesia jadi desa mandiri.

Bahkan pemerintah akan melakukan pendataan potensi desa pada bulan mei ini untuk menentukan status dan kategori setiap desa yang ada di nusantara.

Jadi website desa anda juga harus segera anda selesaikan atau di maksimalkan pengelolaannya. Supaya desa anda bisa tergolong kategori desa mandiri atau desa maju.

Untuk itu coba fahami Maksud Kategori Desa Berkembang, Maju, Mandiri Dan Tertinggal. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Ini Dia Aplikasi Kamera Android yang punya Fitur Sama dengan DLSR Teknologi, pedekik.com - Banyak sekali aplikasi kamera android yang saat ini tersedia sebagai pelengkap smartphone anda. Bahkan ada yang fiturnya menyamai kamera DLSR sekelas Nikon atau Canon. Bagi...
Contoh Kegiatan Pelatihan Internet Sehat Bagi Warga Desa Tekno Desa – Pelatihan internet sehat bagi warga desa adalah salah satu program positif yang bermanfaat sekaligus memiliki aspek pembinaan kemasyarakatan. Bagi pemerintahan desa mungkin ada yang in...
Cara Mendeteksi Berita Hoax Di Internet Lewat Pencarian Google Teknologi - Dengan semakin banyaknya informasi yang tersebar di dunia maya, kita selaku pengguna teknologi harus bisa mengetahui bagaimana cara mendeteksi berita hoax yang muncul di internet. Kemaj...
Inilah Profesi Gaji Tertinggi Di Bidang Teknologi, Berapa Penghasilann... Teknologi, Pedekik.com - Saat ini teknologi informasi memang sangat pesat perkembangannya. Sehingga mereka yang bekerja di bidang IT pun kecipratan rejeki yang cukup besar. Bekerja di perusahaan berba...
Teknologi Terbaru Firmware PS4 Versi 3.50 Telah dirilis Dengan Berbaga... Teknologi - Teknologi terbaru Software PS4 yang sudah dirilis beberapa waktu lalu kini mulai di uji cobakan kepada para gamer. Ada beberapa fitur-fitur tambahan yang akan memanjakan maniac game. Pa...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top