Posisi Anda
Home > Berita desa > Ini Andalan Unit Usaha Bumdes Terbaik Di Pulau Jawa

Ini Andalan Unit Usaha Bumdes Terbaik Di Pulau Jawa

unit-usaha-bumdes

Info Desa, Bumdes – Memiliki satu unit usaha bumdes yang bisa dijadikan andalan sebagai sumber pendapatan bagi desa merupakan target awal yang harus dibidik oleh pengurus Bumdesa. Namun untuk mewujudkan hal tersebut bukan lah perkara yang mudah. Apalagi jika di desa itu tidak ada produk berpotensi yang bisa dijadikan unggulan.

Pemerintah menggalakkan pendirian bumdes sudah merupakan jalan yang tepat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Program itupun sudah di barengi dengan naiknya dana desa setiap tahun. Namun kenyataan di lapangan, tidak sedikit Bumdes yang berhasil dibentuk, tapi bingung mau buka unit usaha apa.

Mencari jenis usaha agar bisa dijadikan sebagai andalan butuh survey yang akurat dan matang. Namun jika pengurus bumdes yang ada benar-benar mau bekerja hal itu sebenarnya bisa diwujudkan dengan cepat. Coba saja anda baca Unit Usaha Bumdes Terbaik Nasional Ini Perlu Dicontoh.

Seharusnya sebagai pengurus Badan Usaha Milik Desa paling tidak memiliki beberapa karakter seperti berikut :
– Punya jiwa wira usaha
– Memiliki etos kerja yang tinggi
– Gigih dan tidak putus asa
– Tidak banyak mengurus pekerjaan lain di luar Bumdes
– Rela bekerja dengan hasil sedikit

Karakter pengurus Bumdes diatas jika tertanam dalam diri, walaupun kelihatannya desa tidak memiliki potensi untuk di kembangkan, Insya Allah unit usaha Bumdes bisa di wujudkan. Jangan pula hanya karena melihat keuntungan yang akan di raih nilainya kecil, lantas pengurus bumdesa tidak semangat untuk memulai.

Kembali kepada unit usaha bumdes andalan di Pulau Jawa, rata-rata mereka sudah mempunyai omset hingga milyaran rupiah per tahunnya. Namun kalau di lihat dari jenis usaha yang dijalankan, sepertinya hasil sebesar itu memang wajar karena potensi yang ada di desanya benar-benar mendukung.

Lantas bagaimana jika di desa anda tidak kelihatan hal yang ber potensi untuk di kembangkan? Oleh karena itu jika pengurus Badan Usaha Milik Desa berhasil menciptakan satu jenis usaha sehingga menjadi andalan PAD desa, maka sebetulnya anda lebih hebat ketimbang Bumdes yang menghasilkan milyaran tersebut.

Jadi disini kami akan menyajikan unit usaha bumdes terbaik di pulau Jawa hanya sebagai referensi dan pembangkit semangat belaka. Toh belum tentu anda bisa meniru atau mencontoh keberhasilan bumdes tersebut. Hal ini tentunya karena kondisi dan potensi yang ada di tempat anda mungkin berbeda dengan yang ada di Pulau Jawa tersebut.

Ada sekitar 5 Bumdes di Jawa yang omset unit usahanya menghasilkan hingga Milyaran rupiah per tahun. Antara lain sebagai berikut :

1. BUMDes Sejahtera Bleberan

Yakni Badan Usaha Milik Desa Bleberan yang terletak di Gunung Kidul Yogyakarta. Usaha andalan yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar bagi bumdes Sejahtera ini adalah Unit Usaha Wisata Air Terjun Sri Gethuk. Omsetnya diperkirakan mencapai angka 2 Milyar lebih dalam setahun.

Sebagaimana layaknya tempat wisata, tentu saja sudah kebayang oleh anda bahwa sumber uangnya bukan saja dari tiket masuk belaka. Banyak peluang usaha lain yang bisa dijalankan disana. Misalnya parkir kendaraan, warung makanan dan minuman, jasa Photografhy dan lain-lain.

Namun seperti yang kami utarakan diatas, kalau ditempat anda tidak terdapat potensi wisata tentu anda tidak bisa mencontohnya. Untuk itu karakter pengurus Bumdes yang inovatif juga sangat di perlukan dalam memajukan usaha.

2. BUMDes Srisadani – Bojonegoro

Salah satu Badan Usaha Milik Desa yang berada di Kabupaten Bojonegoro ini mampu meraup omset sampai 1 milyar lebih dalam setahun. Unit usaha bumdes Srisadani yang menjadi andalan bisnisnya adalah penyewaan pompa tero untuk pengairan sawah.

Mereka melihat peluang tersebut dimana masyarakat di Kabupaten Bojonegoro mayoritas sumber irigasi sawahnya dengan menyedot air dari Bengawan Solo. Maka Bumdes berinisiatif menyediakan sarana atau peralatannya yang bisa disewakan.

Baca Juga :   Karang Taruna Perjuangan Pedekik Memberikan Santunan Kepada Anak Yatim

Disamping air merupakan faktor utama pertanian yang cukup vital, mereka juga menyasar bisnis pompanisasi tersebut dalam skala besar. Yang berarti tidak hanya di butuhkan oleh satu desa. Melainkan bisa merambah ke berbagai desa di Kabupaten Bojonegoro.

3. BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok

Badan Usaha Milik Desa Ponggok di Kecamatan Polan Kabupaten Klaten ini memang cukup terkenal. Salah satu unit usaha andalannya adalah obyek wisata Pemandian Kolam renang alami yang direnovasi sedemikian rupa, sehingga menjadi tempat yang unik dengan pemandangan yang indah.

Setiap hari ribuan wisatawan yang berkunjug ke tempat ini. Tidak mengherankan kalau dari obyek wisata desa tersebut menghasilkan omset sampai 6 milyar rupiah lebih per tahun. Ditambah lagi dengan bisnis pendukung lainnya di sekitar tempat itu. Seperti kuliner ikan air tawar yang juga ber sumber dari unit usaha bumdes berupa budidaya perikanan air tawar.

Sekali lagi keberhasilan Bumdes Tirta Mandiri desa Ponggok ini karena memang sudah ada Sumber Daya Alam yang punya potensi untuk diangkat. Sehingga pengurus bumdes tinggal mengembangkan potensi yang sudah ada.

Lantas bagaimana jika di desa anda tidak ada potensi SDA dan produk yang bisa di unggulkan ? Tentunya itu menjadi tantangan tersendiri bagi pengurus Bumdes. Oleh karenanya kejelian dan keuletan sebagai pengelolan Badan Usaha Desa semakin di tuntut untuk bisa menemukan karya usaha yang benar-benar prospek.

4. BUMDes Karangkandri Sejahtera

Berikutnya yang termasuk Bumdes terbaik di Pulau Jawa adalah Badan Usaha Desa yang ada di Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Pendapatan usahanya mencapai 7 milyar lebih. Andaikan laba bersih per tahunnya 15% saja, maka desa Karangkandri ini sudah mampu memiliki PAD sekitar Rp. 1 Milyar per tahun.

Adapun bisnis yang dijalankan adalah sebagai supplier bahan bakar PLTU yang ada di desa tersebut. Wajar kalau Bumdes ini meraih keuntungan yang tidak sedikit. Tentu saja unit usaha bumdes seperti itu sudah menyamai dengan bisnis yang di jalankan oleh perusahaan besar atau kontraktor berduit.

5. BUMDes Tirto Nirmolo

Terakhir dari salah satu Bumdes yang punya keuntungan besar lainnya di pulau Jawa yaitu Bumdes Tirto Nirmolo di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Bumdes ini sudah beroperasi sejak tahun 1990. Sedangkan jenis usaha yang dijalankan dan bertahan hingga sekarang adalah unit usaha simpan pinjam. Dari modal awal sekitar 1 juta rupiah, kini omsetnya sudah menyentuh angka Rp. 8 milyar lebih.

Kalau dilihat dari bisnis yang diusahakan, sebenarnya tidak terlalu istimewa. Karena hampir semua desa bisa mendirikan unit usaha bumdes seperti ini. Mungkin karena waktu yang begitu lama sehingga wajar kalau omsetnya sebanyak itu. Namun begitu tidak mudah juga memanajemen simpan pinjam hingga bisa tetap eksis sampai begitu lama.

Itulah beberapa usaha bumdes terbaik di pulau jawa yang bisa anda jadikan motivasi untuk mengembangkan Bumdesa di daerah anda. Hanya saja anda perlu lebih giat dan jeli lagi mencari peluang bisnis yang bisa dikembangkan dan benar-benar punya prospek ekonomis untuk kemajuan desa dan peningkatan perekonomian masyarakat desa.

Namun begitu, jika Bumdes anda belum jalan sama sekali anda selaku pengurus Bumdes tidak perlu berkecil hati. Karena kabarnya pemerintah melalui Kementerian Desa akan mengoptimalkan fungsi bumdes yang ada sebagai mitra penyalur bantuan pemerintah kepada masyarakat, sebagaimana berita dengan judul Ini Unit Usaha Pokok Bumdes Seluruh Indonesia Tahun 2018.

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Permendesa No. 19 Tahun 2017 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 20... Info Desa - Menghadapi Tahun Anggaran 2018 yang akan datang, para perangkat desa atau Kepala Desa tentu sudah mulai sibuk merencanakan tentang pembangunan yang akan di wujudkan di desa nya masing-masi...
Data Laporan Bulanan Agustus 2013 Data kependudukan Desa Pedekik untuk bulan Juni, Juli dan Agustus adalah seperti di bawah ini. Data tersebut merupakan data valid sebagai Laporan Bulanan ke Kantor Camat Bengkalis. Untuk melihat data ...
Data Laporan Bulanan Oktober 2014 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan Okober Tahun 2014. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di dalam...
Pembukaan MTQ Pedekik Bengkalis Tahun 2015 Berjalan Sukses Bengkalis - Pedekik.com. Dalam rangka memasyarakatkan alquran dan mensyi'arkan agama islam di Desa Pedekik, Pemerintah desa Pedekik seperti biasa mengadakan acara Musabaqoh Tilawatil Qur'an tingkat de...
Syarat Pembuatan Surat Keterangan Pemilikan Tanah ( SKRPT ) Untuk Tana... Persyaratannya: Fotokopy KTP pemilik tanah yang masih berlaku; Mengisi Formulir Surat Pernyataan Pemilikan Tanah dan Surat Pernyataan Tidak Bersengketa (telah disediakan); Mengisi Formulir Sur...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top