Posisi Anda
Home > Berita desa > Prioritas Dana Desa 2020, Download Permendesa Nomor 11 Tahun 2019

Prioritas Dana Desa 2020, Download Permendesa Nomor 11 Tahun 2019

Prioritas dana desa 2020

Prioritas dana desa 2020 diatur dalam Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019. Secara umum bidangnya masih di lingkup Pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Namun untuk tahun 2020 yang akan datang, penggunaan dana desa dari pusat sepertinya mencakup kegiatan yang lebih luas.

Walaupun masih dikhususkan pada bidang pembangunan dan pemberdayaan, tetapi lebih dominan kepada peningkatan perekonomian masyarakat.

Hal ini sebagaimana tercantum dalam Pasal 5 ayat 2 Permendesa No. 11 Tahun 2019 yang menjelaskan bahwa Dana Desa harus memberikan manfaat sebesarbesarnya bagi masyarakat Desa berupa:

a. peningkatan kualitas hidup;
b. peningkatan kesejahteraan;
c. penanggulangan kemiskinan; dan
d. peningkatan pelayanan publik.

Selain itu dalam pasal 3 Permendes Nomor 11 tahun 2019 tersebut dituliskan bahwa Prioritas Penggunaan Dana Desa disusun berdasarkan prinsip-prinsip:

a. kebutuhan prioritas;
b. keadilan;
c. kewenangan Desa;
d. fokus;
e. Partisipatif;
f. swakelola; dan
g. berbasis sumber daya Desa.

Melihat dari penjelasan diatas, Pemerintah berharap anggaran dari Dana Pusat itu bertujuan meningkatkan kesejahteraan Perekonomian masyarakat desa.

penggunaan dana desa 2020

Tidak lagi fokus kepada pembangunan fisik atau infrastruktur proyek sarana dan prasarana seperti jalan, embung, bangunan gedung dan sejenisnya. Walaupun hal itu masih diperbolehkan.

Apalagi di dalam Pasal 7 Permendesa No. 11/2019 itu bagi desa yang mendapatkan alokasi afirmasi wajib mempergunakan alokasi afirmasi tersebut untuk kegiatan penanggulangan kemiskinan.

Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020

Adapun Contoh-contoh program prioritas Dana Desa Tahun 2020 antara lain sebagai berikut :

  1. SISTEM INFORMASI DESA
  2. PENGEMBANGAN KETERBUKAAN INFORMASI PEMBANGUNAN DESA
  3. PEMBERDAYAAN HUKUM DI DESA
  4. PENCEGAHAN KEKURANGAN GIZI KRONIS (STUNTING)
  5. PENGEMBANGAN ANAK USIA DINI HOLISTIK INTEGRATIF (PAUD HI)
  6. PELAKSANAAN KEAMANAN PANGAN DI DESA
  7. PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK
  8. PENGEMBANGAN KETAHANAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA
  9. PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN Desa/ KAWASAN PERDESAAN
  10. PEMBENTUKAN DAN PENGEMBANGAN BUMDESA/ BUMDESA BERSAMA
  11. PEMBANGUNAN DAN PENGELOLAAN PASAR DESA
  12. PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA DENGAN POLA PADAT KARYA
    TUNAI
  13. PEMBANGUNAN EMBUNG DESA TERPADU
  14. PENGEMBANGAN DESA WISATA
  15. PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM MELALUI MITIGASI DAN ADAPTASI
  16. PENCEGAHAN DAN PENANGANAN BENCANA ALAM
  17. KEGIATAN TANGGAP DARURAT BENCANA ALAM
  18. Dan Lain sebagainya.

Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang ditetapkan pada tanggal 2 september 2019 ini, sepertinya lebih lengkap penjelasannya dibanding Permen-permen sebelumnya.

Karena disertakan juga Lampiran contoh kegiatan yang bisa di laksanakan oleh Pemerintahan Desa yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Permendesa tersebut.

Yang jelas sangat perlu diketahui oleh masyarakat bahwa, pada perencanaannya, penggunaan dana desa tersebut harus ditetapkan berdasarkan Musyawarah Desa.

Tidak hanya itu, masyarakat juga harus tahu bahwa Pemerintah Desa wajib mempublikasikan Hasil kesepakatan Musdes Dana Desa di ruang publik.

Download Permendesa Nomor 11 Tahun 2019

Bagi perangkat desa, Permendes dana desa terbaru ini wajib dibaca dan difahami agar dalam mengimplementasikan di masyarakat tidak salah sasaran dan menyalahi Undang-undang.

Juga mungkin banyak perangkat desa yang bertanya-tanya, Apakah sumber Dana Desa Pusat itu boleh digunakan untuk gaji Perangkat Desa dan Kepala Desa?

Sementara itu bagi masyarakat desa juga harus mengetahui bagaimana aturan penggunaan Dana Desa untuk kemajuan desanya.

Supaya warga masyarakat dapat berpatisipasi dalam pembangunan desa juga bisa mengawasi pelaksanaan kegiatan dari sumber Dana Desa tersebut.

Jadi bagi Anda yang ingin mengetahui Prioritas Dana Desa Tahun 2020, silahkan Download Permendes Nomor 11 Tahun 2019 pada Link dibawah ini:

Permendes Nomor 11 Tahun 2019

Demikian semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa Share kepada teman-teman Perangkat Desa melalui WA Grup, twitter dan juga Facebook.

Jika menurut Anda artikel ini cukup membantu, Silahkan LIKE Fan Page Facebook Pedekik.Com, agar kami lebih bersemangat untuk berbagi informasi. [Ev0]

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Seperti Apa Contoh Model Dan Ciri Desa Wisata Di Indonesia? Top Info Desa – Ciri-ciri Desa Wisata itu seperti apa sih? Contoh Model dan konsepnya kalo di Indonesia bagaimana? Secara bahasa semua orang pasti tahu bahwa yang namanya desa wisata itu adalah des...
Data Laporan Bulanan Maret 2015 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan Maret Tahun 2015. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di dalam ...
Bagaimana Pelaksanaan Fungsi BPD (Badan Permusyawaratan Desa) ? Info Desa - Badan Permusyawaratan Desa yang ada pada sistem pemerintahan desa sekarang memiliki peran yang sangat penting. Namun, bagaimana pelaksanaan fungsi Badan Permusyawaratan Desa dan apa saja...
Jadikan Peluang Pasar Tradisional Desa Sebagai Destinasi Wisata Info Desa – Pasar Tradisional Desa ternyata bisa dijadikan sebagai obyek wisata yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan asli desa Bahkan hampir mayoritas Peluang Bisnis Yang M...
Panduan Bikin Peta Sketsa Desa Bagi Pemerintahan Desa (Download) Info Desa - Bagi para perangkat desa khususnya mereka yang ditugaskan dalam tim penyusunan RPJMDes setidaknya harus memahami panduan bikin peta sketsa desa. Karena peta ini dibutuhkan dalam pembuatan ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top