Posisi Anda
Home > Nasional > Mantap! Desa Terbaik Akan Dapat Tambahan Dana Dari Pemda

Mantap! Desa Terbaik Akan Dapat Tambahan Dana Dari Pemda

desa terbaik

Nasional – Bagi Desa Terbaik memang sudah sepantasnya mendapat penghargaan dari pemerintah. Hal ini tentunya sebagi apresiasi karena berhasil mengemban tugas – tugas negara dan peran dalam pembangunan.

Selain itu penghargaan yang diberikan juga akan memberi motivasi bagi desa lain yang kurang berprestasi agar mereka semakin giat dan serius dalam menjalankan tugas-tugas yang di bebankan.

Selama ini pemerintah terus melakukan evaluasi kepada pemerintahan desa terhadap kinerja para kepala desa dan perangkat desa serta elemen lainnya di pemdes.

Evaluasi yang di lakukan pemerintah antara lain melalui kegiatan lomba desa setiap tahun yang di atur dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015.

Dimana lomba desa di mulai dari Lomba Tingkat Kecamatan, Kabupaten, Propinsi dan juga Pusat. Lomba yang tertuang dalam Permen 81 tersebut sifatnya lebih fokus kepada administrasi pemerintahan desa.

Selain itu untuk pembinaan kepada desa serta mengukur tingkat perkembangan pembangunan di desa, pemerintah juga telah membuat regulasi terkait dengan indeks perkembangan pembangunan desa.

Yang mana di atur dalam Permendesa Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM). IDM ini akan menentukan kategori desa sesuai dengan tingkat perkembangan nya.

Dengan IDM akan di dapat kelompok desa yang masuk ke dalam klasifikasi Desa Mandiri, Desa Maju, Desa Berkembang, Desa Tertinggal dan Desa Sangat Tertinggal.

Bahkan ada juga program pendataan potensi desa yang dilaksanakan Kemendes bekerjasama dengan BPS untuk melihat hasil dari perkembangan program dana desa.

Hingga saat ini pemerintah pusat sudah mengucurkan dana ke desa dalam jumlah triliunan. Ini artinya perkembangan desa tentu sudah seharusnya meningkat.

Namun di sisi lain merupakan amanah yang berat harus dijalankan oleh para perangkat desa. Khususnya dalam mengelola keuangan desa se maksimal mungkin.

Oleh karena itu lah Pemerintah Daerah juga sudah sewajarnya jika memberikan reward dan penghargaan kepada pemerintah desa yang berhasil menjalan kan tugas dengan baik.

Baca Juga :   Indikasi Korupsi Dana Desa Capai 5000 Keluhan Di Kemendes, Apakah Desa Anda Termasuk?

Program seperti ini sudah mulai di terapkan oleh Pemda Tanjung Jabung Timur Propinsi Jambi. Dimana bagi desa terbaik dalam kinerja, pemdes dan perangkat nya akan di berikan penghargaan berupa tambahan dana desa.

Mekanismenya akan di serahkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). Reward diberikan dalam hal pengelolaan keuangan di desa.

Jadi bagi desa yang bagus administrasi keuangannya serta tepat waktu dalam mengerjakan manajemen keuaangan tersebut akan di beri tambahan dana kepada desa tersebut.

Tambahan dana desa kepada desa terbaik ini tentunya juga membutuhkan aturan yang jelas dan regulasi yang bisa di pertanggungjawabkan.

Dalam hal program penghargaan kepada desa terbaik di Pemkab Tanjabtim ini, sebagaimana dilansir jambi.tribunnews.com Minggu (29/04/2018), pihak DPMD Pemda Tanjabtim sedang menggodok payung hukumnya.

Program desa terbaik ini rencananya sudah bisa dijalankan pada tahun depan. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tanjabtim, Syafaruddin dananya sudah ada. Jadi bukan dari dana desa yang memang sudah di tentukan porsinya.

Namun sebaliknya Pemda Tanjung Jabung Timur juga akan memberikan sangsi kepada desa yang prestasinya buruk. Yang prediket desa nya 10 besar terburuk justeru dana nya akan di kurangi.

Jadi program pemberian reward kepada desa ini memang memiliki nilai positif bagi perangkat desa dan pemdes nya.

Karena mereka harus berusaha meningkatkan kinerjanya agar dana desa nya tidak di kurangi. Dan tentunya berharap dapat tambahan dana dari reward tersebut.

Dan kegiatan seperti ini bagus untuk di contoh bagi kabupaten lain di Indonesia. Supaya desa semakin terpacu untuk memperbaiki prestasi dan kinerja perangkatnya.

Karena perangkat desa saat ini juga sudah dituntut untuk bisa bekerja secara profesional. Oleh karena itu sebagai perangkat desa, anda juga harus persiapkan diri tentunya.

Nah, dalam hal itu kami ada info jika Ingin Jadi Perangkat Desa Terbaik, Lakukan Hal – Hal berikut Ini. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Operator sumbang program internet masuk desa Rp 1,4 triliun Program pembangunan infrastruktur telepon dan internet di pelosok Tanah Air (Universal Service Obligation /USO) tahun lalu meraup dana besar. Kementerian Telekomunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ...
Kategori Desa Wisata Terbaik di Indonesia Dan Intersasional Nasional – Menjadi Desa Wisata di Indonesia maupun di dunia Internasional memiliki keuntungan tersendiri bagi warga desa dan juga pemerintahan desa. Apalagi jika masuk ke dalam kategori desa wisata ya...
Ini Syarat Dapat Angkutan Motor Gratis Lebaran 2016 Nasional - Pemerintah melalui PT. Kereta Api Indonesia (KAI) kembali memberikan layanan angkutan motor gratis untuk lebaran tahun 2016 ini. Pendaftarannya sudah bisa dilakukan sejak 8 Maret yang lalu....
Pendamping Desa Pusat PNPM Mandiri Statusnya Sudah Dijelaskan Kemendes... Nasional - Dilema pendamping desa pusat bekas PNPM Mandiri era Presiden SBY kini statusnya sudah dijelaskan oleh Kemendesa Marwan Ja'afar. Menurut beliau program pemberdayaan masyarakat tersebut bukan...
Bikin E-KTP Di Luar Domisili? Sekarang Bisa, Gratis Lagi! Nasional - Sekarang pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tinggal di luar alamatnya untuk bisa bikin E-KTP di luar domisili secara gratis. Program ini sudah berlaku mulai 1 April kema...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top