Posisi Anda
Home > Bisnis > Tips Jitu Menjalankan Usaha Jualan Pulsa dan Token Listrik Agar Banyak Pelanggan

Tips Jitu Menjalankan Usaha Jualan Pulsa dan Token Listrik Agar Banyak Pelanggan

Usaha Jualan Pulsa

Usaha jualan pulsa dan token listrik bisa menguntungkan pebisnis kecil jika dijalankan dengan tips jitu untuk menarik jumlah pelanggan.

Jualan token pulsa dan token listrik merupakan salah satu ceruk bisnis yang kini mulai dilirik banyak orang, tak terkecuali yang sudah punya usaha sebagai bagian dari diversifikasi produk dan layanan.

Modal minim, cara mudah, dan proses tidak rumit merupakan daya tarik tersendiri.

Belum lagi layanan seperti ini selalu dibutuhkan oleh semua orang.

Keunggulan lainnya adalah ketersediaan stok tanpa masa kedaluwarsa sehingga sangat menguntungkan karena penjual tidak perlu repot menyimpan stok dan tidak perlu membawanya ketika promosi.

Coba bayangkan, modal utama yang diperlukan dalam bisnis ini hanyalah handphone yang siap online selama 24 jam.

Anda ingin mulai bisnis ini? Simak Tips Jitu Menjalankan Usaha Jualan Pulsa dan Token Listrik Agar Banyak Pelanggan berikut ini:

Pilih Distributor Berkualitas

Distributor yang berkualitas adalah kunci sukses utama dalam menjalankan bisnis pulsa.

Sebelum Anda memastikan memilih menjadi agen, survei terlebih dahulu bagaimana kualitas pelayanan distributor tersebut.

Cari distributor yang bisa mengirim pulsa dalam waktu singkat dan tidak sering terjadi gangguan.

Pilih juga distributor yang punya banyak jenis pulsa untuk ditawarkan, misalnya saja bisa mengisi pulsa reguler atau bisa juga mengisi paket data, dan token listrik.

Pertimbangkan juga proses penanganan komplain, respon, dan bagaimana penyelesaiannya.

Hal yang paling akhir adalah harga pulsa dari distributor tersebut bisa Anda jual lagi atau tidak, artinya harus kompetitif.

Tentukan Harga Jual yang Kompetitif

Sukses memilih distributor pulsa yang terbaik, berikutnya siapkan harga jual yang marketable.

Cara menentukan harga jual bisa didasarkan pada harga beli, biaya yang diperlukan, untung yang Anda inginkan dan perbandingan harga dipasaran.

Harga bisa lebih murah dari harga pesaing (yang penting tetap mendapatkan untung) atau juga bisa memilih harga yang lebih mahal asal pelayanan tetap bagus).

 Stock Jangan Sampai Kehabisan

Usaha jualan pulsa sebenarnya praktis karena tidak perlu repot untuk menghitung stok barang.

Tapi ingat, Anda tetap harus kontrol stosk atau saldo yang Anda miliki. Jangan sampai kehabisan.

Perkirakan saldo minimal yang harus Anda miliki untuk melakukan deposit selanjutnya.

Jangan sampai mengecewakan pelanggan karena harus menunggu (ingat bisnis pulsa adalah jasa layanan, sekali kecewa karena stock habis Anda akan ditinggalkan pelanggan).

Selalu cek sisa saldo deposit, dan gunakan mobile banking untuk penambahan deposit secara mudah.

Hal ini sudah menjadi standar kebutuhan pebisnis tanpa harus datang ke distributor agar bisnis berjalan secara efisien.

Biar Ada Back Up Saat Darurat, Gunakan Lebih dari Satu Server

Memiliki satu server pulsa saja memang sudah cukup, namun dalam kondisi terkendala gangguan jaringan, maka Anda juga perlu mencari server lain untuk mengatasi jika terjadi suatu gangguan pada server tersebut.

Back up lebih dari satu server, tentu lebih meyakinkan. Hasilnya, Anda bisa selalu siap ketika akan ada pembeli yang membutuhkan pulsa.

Usaha Jualan Pulsa Token Listrik

Manfaat lain, Anda juga bisa mengontrol saldo yang Anda miliki dan tentunya memudahkan proses transaksi.

Namun ingat,  diperlukan ketelitian ketika menulis pembukuan transaksi penjualan agar tidak terjadi kekeliruan, apalagi servernya lebih dari satu.

Pastikan Smart Phone Anda Selalu Online

Seringkali, banyak orang yang membutuhkan pulsa pada malam hari, jadi Anda harus siap. Pastikan telpon pintar Anda  selalu siap online kapan pun dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Jika Anda tidak bisa melayani pada malam hari, usahakan memiliki karyawan atau partner yang siap untuk berjaga malam, atau Anda sendiri yang stand by malam hari.

Maraknya order fiktif atau tidak dibayar, maka pastikan untuk melayani pembeli pada malam hari, Anda perlu berhati-hati jika pembelian tidak dilakukan secara langsung melalui konter.

Pastikan Anda menjualnya pada pelanggan yang tepercaya dan jelas saja untuk menghindari kerugian.

Perbaiki Pengelolaan Keuangan Bisnis Anda

Karena bisnis ritel, maka kunci utama sukses usaha jualan pulsa adalah masalah pengelolaan keuangan.

Setiap kali Anda melakukan transaksi, catat transaksi tersebut dengan jelas, serta kontrol pengeluaran dan penerimaan secara disiplin.

Setiap catatan haruslah terdapat rincian tanggal transaksi, nomor transaksi, nama pembeli, sisa saldo yang dimiliki, dan keterangan sudah bayar atau belum.

Kadangkala, Anda juga perlu menagih bagi pelanggan yang belum jelas pula kapan pembayarannya.

Dengan demikian Anda dapat dengan mudah melihat seberapa besar saldo yang masih ada untuk menghindari stock atau saldo kosong.

Jika Anda ingin bisnis Anda mampu bertahan jangka panjang, Anda harus belajar Bagaimana Cara Membentuk Tim Kerja Bisnis yang Solid dan Kompak. [Ev0]

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Ide Budidaya Jamur Tiram Di Desa Sebagai Alternatif Jenis Usaha Bumdes Bisnis Desa – Budidaya Jamur Tiram bisa menjadi salah satu alternatif bagi pengurus Badan Usaha Milik Desa untuk dijadikan sebagai jenis unit usaha Bumdesa. Sebenarnya banyak sekali peluang usaha y...
Inilah Hasil Seleksi Petugas Sensus Ekonomi BPS Kabupaten Bengkalis Badan Pusat Statistic (BPS) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau umumkan hasil seleksi rekruitmen petugas Sensus Ekonomi 2016 yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang. Nama-nama pelamar yang lolos s...
Inilah Kunci Sukses Bisnis Facebook Yang Perlu Anda Tiru Bisnis, Pedekik.com - Anda seorang yang hobi dengan bisnis ? Atau ingin memiliki dan membuka bisnis ? Kali ini kami akan sajikan sebuah panduan bisnis tentang kunci sukses bisnis facebook milik Mark Z...
5 Jenis Usaha Di Desa Pinggiran Pantai Yang Punya Prospek Bagus Bisnis Desa – Mencari peluang jenis usaha di desa yang punya potensi dan prospek bagus ke depan, salah satunya harus mempertimbangkan tipologi desa tersebut. Sebagaimana kita ketahui tipologi desa ...
4 Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil Bagi Ibu Rumah Tangga Yang Mengun... Bisnis rumahan modal kecil sangat cocok dijalankan bagi Anda yang ingin belajar usaha sebagai penambah penghasilan keluarga, khususnya bagi Ibu Rumah Tangga. Banyak orang sedang mencari info bahka...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top