Posisi Anda
Home > Bisnis > Solusi Menambah Modal Dagang Untuk Mengembangkan Usaha Tanpa Berhutang

Solusi Menambah Modal Dagang Untuk Mengembangkan Usaha Tanpa Berhutang

Solusi Menambah Modal Dagang

Solusi menambah modal dagang untuk mengembangkan sebuah usaha yang sudah berjalan paling baik dilakukan tanpa harus berhutang atau melalui pinjaman berjasa.

Saat ini, memiliki bisnis pribadi sudah bukan lagi menjadi hal asing. Harapannya agar tidak perlu lagi bekerja di kantor dari pagi sampai malam dan menunggu gaji turun setiap bulannya.

Tetapi membuka usaha sendiri akan membuatmu menjadi bos di pekerjaanmu sendiri. Kurang nikmat apa lagi? Mau coba cara ini?

Namun salah satu kendala yang kadang dialami untuk mewujudkannya adalah modal.

Keterbatasan modal kerap membuat calon pengusaha patah arang sebelum waktunya.

Tanpa perlu repot mengajukan pinjaman ke bank, ini nih beberapa upaya sederhana yang bisa kamu lakukan demi mendapatkan modal.

1. Untuk modal awal sebenarnya kamu bisa sedikit berhemat dan menyisihkan uang tabungan

Salah satu sumber termudah untuk mendapatkan modal usaha adalah dari kocek pribadimu sendiri.

Jadi, kalau usahamu belum balik modal atau mencapai keuntungan besar, kamu tidak perlu kebingungan mencari cara untuk membayar biaya tambahan tersebut.

Solusi lainnya adalah kumpulkan dan sisihkan gaji kamu untuk tambahan modal usaha. Misalnya:

  • Gajimu selama 1 bulan adalah Rp 3.000.000
  • Kamu butuh modal 15 juta misalnya
  • Kamu mencoba untuk menyisihkan Rp 1.000.000 per bulannya

Dalam kurang dari 2 tahun, kamu sudah bisa mengumpulkan seluruh modal yang kamu butuhkan. Lumayan, ‘kan?

Ya, memang sih selama 20 bulan terakhir hidupmu harus lebih sederhana karena sebagian gaji telah disimpan untuk modal.

Tapi saat nanti usahamu mulai berjaya, usaha kerasmu dulu akan terbayar dengan sempurna. Ingat, usaha tak akan mengkhianati hasil.

2. Relakan barang berharga kamu untuk “pergi” sementara sebagai Solusi Menambah Modal Dagang.

Menjual barang berharga simpanan pribadi bisa menjadi alternative untuk solusi menambah modal dagang atas usaha yang sedang kita tekuni.

Sekarang mari kita rinci dan inventaris kepunyaan kita. Coba lihat lagi seisi rumahmu dan buatlah daftar barang apa saja yang kamu miliki.

Misalnya, barang-barang yang kamu miliki adalah:

  • motor
  • televisi
  • gadget (handphone, laptop, dan kamera) seri lama
  • mesin cuci
  • baju, tas, dan sepatu jarang dipakai.

Dari kelima jenis barang itu, kamu perhitungkan baik-baik barang mana saja yang sudah tidak terpakai lagi atau jarang dipakai dan memiliki nilai jual tinggi.

Dengan begitu, kamu pun bisa mendapat tambahan modal yang cukup lumayan untuk memulai bisnismu.

3. Masih belum rela menjual barang-barang pribadimu? Titipkan di lembaga pegadaian

Memang sih, menjual barang yang telah dimiliki sekian lama itu rasanya berat sekali. Apalagi kalau dibelinya dari hasil keringat dan jerih payah sendiri.

Menggadaikan barang-barang bisa jadi solusi karena misalnya saja kalau memang dalam jangka waktu yang ditentukan kamu belum bisa membayar, kamu bisa memperpajangnya dengan mudah. Enak, ‘kan? Pegadaian memang salah satu solusi yang bisa dicoba.

Oh iya, supaya proses pencairan dana modalmu lebih cepat, kamu perlu mempersiapkan dan membawa kelengkapan surat beserta bukti pembelian barang yang akan kamu gadaikan. Jangan lupa, ya!

crowfunding solusi lodal dagang

4. Dapat modal hanya dengan laptop dan internet? Bisa kok lewat situs-situs crowdfunding!

Solusi menambah modal dagang tidak melulu harus kerja keras dan mengorbankan banyak hal.

Ada cara mudah untuk mendapatkan modal, bahkan hanya bermodal laptop dan internet saja, yaitu crowdfunding.

Sistem yang dimiliki oleh crowdfunding ini sebenarnya hampir serupa dengan sponsorship.

Kamu menawarkan jenis usahamu lewat sebuah situs, lalu para pengunjung yang tertarik dan berminat untuk menjadi sponsor akan menyumbangkan uangnya lewat situs tersebut.

Keuntungan yang kamu bisa dapatkan dari mencari modal dengan crowdfunding ini adalah hemat waktu dan biaya.

5. Solusi Menambah Modal Dagang Joinan dengan Teman

Kalau memang ada teman atau kerabat yang memiliki keinginan untuk berusaha di bidang yang sama, mengapa tidak kamu manfaatkan saja kesempatan ini untuk bekerja sama?

Sudah modal bisa ditanggung berdua, saat ada masalah juga bisa dipikul secara bersama. Jadi, tanggunganmu tidak berat-berat banget, deh.

Walaupun kerja sama ini memberikan banyak kemudahan, masih ada beberapa hal yang perlu kamu waspadai.

Mulai dari komunikasi di antara kalian, perbedaan pendapat, sampai perhitungan keuntungan.

Untuk mengantisipasi hal itu, kamu harus ketahui betul siapa partner kerja samamu.

Selain itu, ketahui juga keahlian masing-masing sehingga sudah jelas pembagian peran kalian dalam usaha ini.

Demikianlah beberapa pilihan jalan keluar sebagai solusi menambah modal dagang yang sudah kita jalani untuk pengembangan usaha kita supaya bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak lagi.

Selain solusi bagaimana cara mencari modal tambahan diatas, sebagai pebisnis kita juga harus tahu Cara Membentuk Tim Kerja Bisnis yang Solid dan Kompak. [Ev0]

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Begini Cara Mudah Naikkan Omset Dagangan Lewat Online Bisnis – Dengan mengetahui Cara Mudah Naikkan Omset dagangan yang anda lakukan lewat media online, akan membawa keuntungan besar yang tidak disangka. Bahkan kebiasaan aktifitas online di media sosi...
Membangun Citra Bisnis Itu Penting! Begini Strateginya Top Info Bisnis – Membangun citra bisnis adalah suatu kewajiban bagi sebuah perusahaan atau seorang pengusaha. Ini faktor yang sangat penting dalam dunia usaha dan tidak boleh diabaikan. Menciptaka...
Kreatifitas Pengolahan Bonggol Pisang Jadi Peluang Bisnis Di Desa Bisnis Desa – Pengolahan Bonggol Pisang menjadi berbagai macam produk yang bisa mendatangkan uang masih terasa asing oleh sebagian masyarakat desa. Padahal pohon pisang sendiri paling banyak kita dapa...
5 Peluang Usaha Kue Kering Khas Lebaran Untuk Sajian Tamu Bisnis – 5 Kue Kering Khas Lebaran ini memiliki rasa yang sangat istimewa dan selalu menjadi sajian khas bagi tamu yang berkunjung ke rumah anda. Lebaran merupakan hari raya besar umat muslim. Menj...
Cara Mencari Jenis Usaha Bumdes Yang Punya Potensi Di Desa Bisnis – Untuk mencari jenis usaha Bumdes yang benar-benar punya potensi di desa sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Yang paling penting justeru bagaimana mengelola unit usaha yang sudah terbentuk agar...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top