Posisi Anda
Home > Bisnis > Cara Mengelola Usaha Sambilan Dan Mengatur Keuangannya Agar Sukses

Cara Mengelola Usaha Sambilan Dan Mengatur Keuangannya Agar Sukses

Cara Mengelola Usaha Sambilan

Top Info Bisnis – Cara mengelola usaha sambilan agar benar-benar bisa mendatangkan hasil yang maksimal bagi ekonomi anda tidak terlepas dari bagaimana cara anda mengatur keuangannya.

Siapapun pasti ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk menambah kesejahteraan ekonomi keluarga atau meningkatkan financial pribadinya. Terkadang gaji dari profesi utama yang kita jalani terasa tidak mencukupi untuk kebutuhan keluarga.

Namun begitu, jika anda memiliki usaha yang dilakukan secara sambilan jangan sampai kegiatan sampingan ekonomi tersebut justeru akan mengganggu pekerjaan pokok anda.

Karena jika anda salah dalam mengelola bisnis sampingan tersbut bisa-bisa akan menambah masalah bagi keunagan anda sendiri dan akhirnya profesi utama anda jadi ikut terganggu.

Ada beberapa tips dan cara yang perlu Anda terapkan agar usaha sampingan Anda bisa berjalan awet dan mendatangkan kesuksesan. Coba baca 7 Cara Mengelola Bisnis Yang Baik Agar Tetap Bertahan.

Jika dikelola dengan benar dan bijak, kegiatan ekonomi sampingan ini bahkan bisa menjadi bisnis besar yang hasilnya melebihi dari gaji bulanan anda.

Tidak sedikit bisnis besar yang awalnya hanya bermula dari usaha sampingan sebagai yang tidak disengaja. Bahkan, banyak pelaku bisnis yang akhirnya berhenti dari pekerjaan pokok asalnya dan memutuskan fokus untuk mengurus usaha yang tadinya bersifat sambilan saja.

Di era digital saat ini, cara mengelola bisnis sampingan sedikit agak mudah karena terbantu dengan internet dan berbagai macam aplikasi yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan start up.

Mulai dari media sosial seperti facebook, twitter dan sejenisnya hingga aplikasi toko online seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan aplikasi lainnya. Tidak ketinggalan pula aplikasi sistem pembayaran online untuk kemudahan penunjang bisnis.

Oleh karena itu kami ingin berbagi tips bagaimana cara mengelola usaha sambilan anda supaya sukses dan bisa meningkatkan penghasilan anda selain dari gaji bulanan yang anda terima.

1. Pisahkan Keuangan Usaha Sambilan Anda

Banyak pelaku usaha sampingan yang mandek dan akhirnya bangkrut karena mereka tidak hati-hati dalam mengelola keuangannya. Hal ini disebabkan salah satunya karena mereka tidak memisahkan antara keuangan pribadi dan omset usaha sampingan yang Ia jalankan.

Jadi sebaiknya usahakan agar uang kebutuhan keluarga dan uang hasil dari bisnis sampingan anda tidak bercampur aduk. Tips ini bisa anda mulai dengan cara membuat rekening terpisah untuk bisnis anda.

Sebagai langkah awal, coba anda gunakan rasio 80:20 dalam mengatur omset usaha sampingan tersebut. Contohnya jika omzet usaha sambilan Anda Rp.5 juta, maka penggunaannya sebagai berikut :

– 85 persen x Rp 5 juta = Rp 4.250.000 untuk dana perputaran dan pengembangan usaha.

Baca Juga :   Cara Mencari Jenis Usaha Bumdes Yang Punya Potensi Di Desa

– 15 persen x Rp 5 juta = Rp 750.000 untuk keperluan keluarga atau pribadi.

2. Hitung Pembukuan Usaha Setiap Bulan

Selain memisahkan antara uang usaha dan uang pribadi, cara mengelola usaha sambilan berikutnya adalah dengan menghitung keuangan bisnis dan membuat pembukuan sederhana.

Meskipun kelihatannya sepele, namun ini akan membantu mengevaluasi perkembangan usaha anda. Tak perlu membuat pembukuan yang rumit, cukup di catat perhitungan modal usaha, omset penjualan per hari, dan biaya operasional yang dihabiskan.

Dari situ kita akan mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis sambilan dalam sebulan dan bisa mengatur strategi berikutnya dengan menganalisa hasil perhitungan tersebut.

3. Rutin Dalam Menjual atau Promosi

Jangan lupa untuk istiqomah dan selalu aktif dalam memasarkan bisnis anda. Baik di sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, WhatsApp atau melalui blog dan marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Buatlah program diskon seminggu sekali dan atur waktu yang tepat serta perhitungan yang matang. Jangan sampai gara-gara diskon kepada pelanggan malah keuangan jadi tekor.

Misalnya dengan memberikan diskon potongan 10 persen dengan syarat tertentu atau promo beli 1 gratis 1. Dengan begitu antusias konsumen jadi meningkat dan tertarik untuk mencoba.

4. Buat Target Penjualan Setiap Hari

Cara selanjutnya untuk mengelola bisnis sambilan adalah selalu membuat target penjualan per hari. Tips ini akan mendorong Anda menjadi tambah semangat dalam menjalankan usaha sampingan.

Sebagai contoh Anda menargetkan 2-3 orang pelanggan baru dalam sehari, maka jika dalam 1 bulan target anda tercapai 50%, anda akan punya kesempatan peningkatan omset bagi usaha sampingan anda.

5. Usahakan Mencari Tambahan Pinjam Modal

Jika usaha sampingan anda kelihatan memiliki pergerakan positif, jangan ragu untuk mencari pinjaman modal usaha agar bisnis anda semakin berkembang.

Tetapi juga jangan terlalu buru-buru dan ambisius. Perhitungkan secara masak dan mantapkan komitmen anda. Hindari meminjam modal jika anda merasa belum siap untuk mengelola modal pinjaman itu.

Jangan lupa buat perencanaan untuk penggunaan modal yang akan anda pinjam dan perkiraan keuntungan serta solusi pengembalian modal tersebut.

Pinjaman modal bisa anda dapatkan dari pihak Bank, Koperasi atau mungkin kepada teman dan keluarga yang jasanya seminim mungkin.

Itulah beberapa tips dan cara mengelola usaha sambilan yang harus anda coba jika ingin menambah penghasilan diluar gaji utama anda. Mungkin anda perlu juga mengetahui Cara Mengatur Keuangan Bisnis Bagi Pemula Agar Tidak Rugi. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Kelebihan Kulkas Merek Sharp Yang Perlu Anda Tahu Bisnis – Jika anda pengguna produk Sharp maka anda perlu tahu apa Kelebihan Kulkas Merek Sharp dibandingkan dengan lemari es lainnya. Karena masing masing vendor pasti memiliki kekurangan dan keunggul...
Tips Cara Mengetahui Investasi Ilegal Sebelum Menjadi Korban Bisnis, Pedekik.com - Di indonesia tidak sedikit jumlah koperasi yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Namun ternyata banyak pula koperasi yang menyalahi aturan dengan melakukan praktek bisnis ileg...
Peluang Bisnis 2018 Bagi Pemula Untuk Sarana Belajar Bisnis – Pembaca yang budiman, kali ini saya akan berbagi peluang bisnis 2018 bagi pemula sebagai sarana untuk belajar bisnis. Karena banyak juga diantara kita yang bingung mau mulai bisnis apa, mulai...
Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Sering Terjadi Di Kalangan Pemula Bisnis - Bagi pemula yang baru belajar merintis bisnis sendiri selalu mengalami kendala di awal perjalanan usahanya. Sebenarnya kegagalan dalam menjalankan usaha pada masa-masa belajar ini adalah hal ...
Jenis Usaha Ternak di Desa Dengan Keuntungan Berlipat Ganda Bisnis - Banyak jenis usaha ternak di desa yang mampu mendatangkan untung milyaran dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Punya impian jadi seorang konglomerat ? Pasti semua orang pun memil...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top