Posisi Anda
Home > Teknologi > Begini Lho Tips Cara Merawat Laptop Supaya Awet Dan Hemat

Begini Lho Tips Cara Merawat Laptop Supaya Awet Dan Hemat

Cara Merawat Laptop Supaya Awet

Top Info Tekno – Cara merawat laptop supaya awet dan tidak cepat rusak akan menghemat pengeluaran untuk biaya perbaikan laptop.

Laptop yang kita beli dengan harga jutaan sudah pasti harus dijaga sebaik mungkin agar pemakaiannya terasa nyaman dalam waktu lama.

Bukan hanya rugi di finansial saja jika laptop yang kita miliki tidak bisa digunakan karena rusak. Tetapi pekerjaan kantor atau tugas-tugas kuliah akan jadi terhambat.

Walaupun laptop kita kualitasnya pas-pasan karena harganya murah, namun jika dipelihara dengan baik maka ia menjadi awet dan pekerjaan kita pun tetap lancar.

Banyak faktor yang menyebabkan laptop cepat rusak. Baik karena kualitasnya memang jelek, juga karena kelalaian kita sewaktu menggunakannya.

Untuk itu disini akan kami berikan tips cara merawat laptop supaya awet ketika kita sedang bekerja atau waktu menyimpan laptop itu sendiri.

  1. Jauhkan Benda cair dari laptop

Tak jarang ketika kita sedang bekerja atau mengetik menggunakan laptop, kita suka sambil mengemil atau sekedar membawa minuman ringan yang diletakkan dekat laptop.

Terkadang tanpa sadar, minuman tadi tersenggol sehingga bisa tumpah dan mengenai laptop kita. Nah, jika tidak ingin laptop kita rusak karena kelalaian kita sendiri, sebaiknya letakkan minuman atau makanan agak jauh dari laptop.

Tidak hanya itu, pokoknya jangan sampaikan kita meletakkan benda-benda cair yang bisa tumpah berdekatan dengan laptop.

Juga ketika kita membawa laptop dalam tas ketika sedang bepergian atau dalam perjalanan, sebaiknya tas kita terbuat dari bahan yang tidak mudah tembus oleh air.

Namun, jika sudah terlanjur basah karena terciprat air misalnya, maka segera matikan laptop, dan lepas baterainya. Kemudian keringkan laptop dengan cara di angin-anginkan dan dijemur hingga kering.

  1. Selalu jaga dan perhatikan kondisi baterai

Baterai laptop merupakan komponen yang sering dan cepat bermasalah pada laptop. Terkadang kondisinya melemah sehingga cepat habis ketika dipakai.

Hal ini bisa jadi karena kita kurang perhatian terhadap kondisi baterai itu sendiri. Bahkan banyak laptop yang baru 2 atau 3 tahun pemakaian, baterainya sudah tidak bisa di cas.

Untuk itu rawatlah baterai laptop dengan cara selalu menjaga kondisinya tetap terisi. Jangan sampai kehabisan daya.

Tidak masalah mengecas laptop ketika sedang digunakan. Yang penting saat baterai sudah penuh 100% segera dicabut chargernya.

Ada yang berpendapat jika menggunakan laptop saat di-charge dapat menyebabkan baterai melembung. Sehingga mereka kerap mencopot baterai dan langsung menggunakan daya dari colokan arus listrik.

Padahal, justru hal itu sangat berisiko akan merusak komponen laptop. Apalagi jika listriknya selalu mati hidup atau arusnya tidak stabil.

Selain itu, hindarilah memakai laptop dengan cara langsung ditempatkan diatas kasur yang empuk. Karena saat laptop nyala, ia akan mengeluarkan udara panas dan diserap oleh permukaan kasur.

Kemudian kasurnya menjadi panas dan laptop kita pun suhunya cepat meningkat. Oleh karena itu beri alas dari benda yang keras seperti papan jika mau memakai laptop di atas kasur.

  1. Selalu bersihkan laptop

Berikutnya cara merawat laptop supaya awet penggunaannya, hendaknya debu-debu yang menempel di laptop atau keyboard selalu dibersihkan.

Gunakan kuas yang lembut untuk menyapu debu-debu di papan keyboard. Atau pakai kain halus untuk mengelap bagian luar laptop.

Terkadang bagi pria yang suka merokok saat menggunakan laptop, asbak dari rokok tersebut akan jatuh ke papan keyboard dan menyebabkan penyumbatan disela-sela tuts keyboard tersebut.

Jadi hindari penggunaan laptop sambil merokok atau sambil makan sesuatu jika kita ingin laptop kita awet dan tahan lama.

  1. Simpan laptop ditempat khusus

Ketika laptop tidak digunakan, simpanlah ia ditempat khusus yang aman dan bersih. Jauhkan dari jangkauan anak-anak serta letakkan ditempat yang kering. Akan lebih baik jika ditaruh di dalam lemari.

Begitu juga cara kita membawa laptop ketika menggunakan kendaraan bermotor. Sebaiknya gunakan tas ransel yang bahannya tebal dan lembut.

Hindari guncangan yang keras atau terbentur sesuatu ketika diatas kendaraan. Usahakan ruang didalam tas tidak terlalu sempit sehingga laptop menjadi terhimpit.

  1. Hindari meletakkan benda berat di atas laptop

Tips merawat laptop supaya awet selanjutnya dengan cara tidak meletakkan benda yang bebannya berat diatas laptop.

Kadang kita menganggap sepele hal ini. Padahal bisa berakibat fatal dengan laptop yang kita sayangi. Terutama sekali layar laptop yang akan cepat rusak.

Bahkan harddisk didalamnya pun bisa terkena imbasnya karena laptop menahan beban yang cukup berat. Jadi jangan menghimpit laptop dengan sesuatu yang berat apalagi menekannya.

Itulah beberapa tips cara merawat laptop dan menjaganya agar bertahan lama dan awet. Sehingga biaya untuk perawatan laptop bisa kita gunakan untuk yang lain.

Nah, cerita tentang laptop sebenarnya bukan cuma fisiknya yang harus kita rawat. Tetapi software didalamnya justeru sangat perlu kita jaga. apalagi jaman sekarang banyak para hacker gentayangan di dunia maya. Rupanya Begini Ternyata Cara Hacker Meretas Laptop Anda. (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Penemuan Teknologi Terbaru, Alat Penambal Ban Anak SMK Indonesia Teknologi - Penemuan bidang teknologi terbaru terus bermunculan seiring dengan perkembangan pemikiran manusia yang cenderung akan pola hidup yang praktis, simpel, cepat, mudah dan murah. Salah satu pe...
Mengenal Teknologi Baru Produksi Garam Dengan Ulir Filter Geomembran Info Tekno – Teknologi Baru Produksi Garam dengan cara Ulir Filter Geomembran merupakan inovasi peningkatan produk garam rakyat yang mulai banyak dikembangkan. Sekitar pertengahan tahun 2017 yang l...
Teknologi Produk Sharp Terbaru, Kulkas Berlapis Emas Teknologi - Perusahaan Sharp baru-baru ini meluncurkan produk terbaru untuk peralatan rumah tangga. Yakni Kulkas yang di beri label Shine Refrigerator dan sebuah lemari es berlapis emas. Sejak pert...
Berbagai Jenis Kulkas Sharp Yang Patut Dijadikan Pilihan Teknologi – Banyaknya jenis kulkas sharp yang ada dipasaran menjadikan produk asal Jepang ini patut untuk di lirik. Tidak hanya dari sisi pilihan serinya, tetapi dari kelebihan dan keunggulannya meman...
Inilah Teknologi Rumah Tahan Gempa Dengan Konsep Cukup Sederhana Teknologi – Teknologi rumah tahan gempa juga sudah ada di Indonesia. Baik yang dibangun dengan konsep tradisional maupun dengan teknik modern. Sebelumnya Pedekik.com juga sudah merilis 5 Cara Mence...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top