Posisi Anda
Home > Teknologi > 5 Langkah Monetisasi Blog yang Wajib Anda Lakukan Diawal

5 Langkah Monetisasi Blog yang Wajib Anda Lakukan Diawal

Monetisasi blog

Top Info Teknologi – Monetisasi blog harus dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat agar bisa menghasilkan uang.

Bagi sebagian orang, blogging bukanlah sekadar hobi. Blog bisa menjadi ladang uang yang menjamin rekening bank tetap terisi meskipun kita sedang ongkang – ongkang kaki.

Apalagi, modal ngeblog ternyata lebih murah ketimbang bisnis lainnya.

Tidak heran jika orang berbondong – bondong membuat blog dan berlomba menikmati manisnya aliran uang dari bisnis online ini.

Untuk mendapatkan sumber penghasilan dari blog, Anda perlu melakukan monetisasi.

Namun, monetisasi blog tidak bisa dilakukan segera setelah Anda memposting artikel pertama. Ada langkah awal yang harus di penuhi sebelum monetisasi blog baru anda.

Berikut ini 5 hal wajib yang harus Anda siapkan sebelum blog Anda layak untuk dimonetisasi dan menghasilkan uang :

1. Memilih niche

Niche bisa diartikan sebagai bahasan utama dari sebuah blog.

Contohnya, jika ingin membahas seputar tempat liburan, wisata kuliner, dan review tempat menginap, niche Anda adalah travel blog.

Jika ingin lebih spesifik, Anda juga bisa mengambil niche food blog dan membahas review berbagai tempat makan menarik di sekitar Anda.

Memilih niche seringkali disepelekan oleh blogger pemula.

Padahal, niche amatlah penting untuk menjamin kesuksesan blog Anda. Jika Anda memilih niche yang terlalu luas, blog Anda mungkin tenggelam karena terlalu banyak persaingan di niche serupa.

Jika niche yang Anda pilih terlalu sempit, maka semakin sempit juga cakupan pengunjung yang bisa Anda jaring.

Jadi, pilihlah niche blog Anda yang tak hanya Anda minati tetapi juga disukai oleh banyak orang.

2. Menggunakan nama domain yang mewakili niche

Langkah berikutnya adalah memilih nama domain yang cocok. Nama domain harus mencerminkan niche blog Anda.

Jika Anda membahas blog tentang teknologi, memilih nama domain mylovelypet.com tentunya tidak sepadan dengan niche blognya.

Selain mewakili niche, nama blog sebaiknya pendek dan mudah diingat. Jangan sampai pengunjung melupakan blog Anda hanya karena nama domain yang Anda pilih tidak mudah untuk diingat.

Ada banyak pilihan nama domain terjangkau yang bisa didapatkan, seperti .com, .net, .id, dan lain-lain. Dengan menggunakan TLD (Top Level Domain), nilai jual blog Anda pun akan semakin meningkat.

Kebanyakan digital agency yang mengadakan campaign cenderung lebih memilih blog dengan TLD karena dirasa lebih menjanjikan untuk bekerja sama dengan para klien mereka.

3. Pilihlah template yang responsif

Apabila Anda sudah yakin dalam menentukan niche dan nama domain blog, langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah memilih template yang responsif dan SEO-friendly.

Tanpa disadari, pemilihan template yang tepat juga sangat menentukan tingkat kenyamanan para pengunjung blog Anda.

Template yang responsif dapat dilihat melalui seberapa lama halaman blog Anda ter-load saat pengunjung melakukan klik untuk membukanya.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi responsivitas suatu template blog.

Beberapa di antaranya adalah image, plugin, hingga desain web dari template tersebut. Semakin sederhana desainnya, semakin responsif template tersebut bekerja pada blog Anda.

4. Membuat konten yang berkualitas

Konten adalah raja. Faktor utama mengapa pengunjung kembali ke blog yang sama terus menerus adalah karena mereka menemukan konten yang berkualitas dan bermanfaat di blog tersebut.

Selain disukai pengunjung, blog dengan konten yang berkualitas juga lebih disukai oleh vendor atau perusahaan yang nantinya akan bekerjasama dengan Anda.

Lalu, bagaimana caranya untuk membuat konten yang diinginkan dan disukai oleh orang banyak?

Anda bisa memanfaatkan Google Trends atau AdWords Keyword Planner untuk menemukan kata kunci yang paling populer di waktu tertentu.

5. Mendatangkan banyak pengunjung

Anda sudah mendapatkan niche yang bagus, domain yang mudah diingat, dan konten yang bermanfaat. Kini saatnya memfokuskan diri untuk mendatangkan banyak pengunjung (traffic) ke blog Anda.

Dalam urusan monetisasi, traffic adalah segalanya. Semakin banyak traffic yang masuk, semakin banyak juga pundi – pundi uang yang bisa Anda hasilkan.

Bahkan, beberapa cara monetisasi website menerapkan jumlah traffic minimal yang harus Anda penuhi terlebih dahulu.

Apakah Anda sudah tertarik menjadi blogger dan siap untuk mendapatkan penghasilan dari blog?

Sementara Kelima hal wajib di atas Anda lakukan dan mengembangkan terus konten blog Anda, Coba fahami Sekilas Tentang Google Adsense, Media Iklan Penghasil Uang Di Internet. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Teknologi Terbaru Firmware PS4 Versi 3.50 Telah dirilis Dengan Berbaga... Teknologi - Teknologi terbaru Software PS4 yang sudah dirilis beberapa waktu lalu kini mulai di uji cobakan kepada para gamer. Ada beberapa fitur-fitur tambahan yang akan memanjakan maniac game. Pa...
Aplikasi Desa Terbaik Paling Murah Se Indonesia, Download Gratis Aplikasi desa terbaik dengan harga paling murah se Indonesia itu nyarinya gampang-gampang susah. Apalagi mencari aplikasi murah dan lengkap yang bisa di download secara gratis. Tentu saja hal ini ...
Mengenal Tanaman Kenaf Dan Prospeknya Kenaf merupakan salah satu tanaman semusim penghasil serat selain tanaman sejenis lainnya seperti rami, rosella, dan yute. Serat yang dihasilkan merupakan serat alam yang ramah lingkungan. Serat kenaf...
Inilah Teknologi Rumah Tahan Gempa Dengan Konsep Cukup Sederhana Teknologi – Teknologi rumah tahan gempa juga sudah ada di Indonesia. Baik yang dibangun dengan konsep tradisional maupun dengan teknik modern. Sebelumnya Pedekik.com juga sudah merilis 5 Cara Mence...
Pengetahuan Dasar Iklan Google Adsense Lengkap Untuk Pemula Top Info Tekno – Iklan Google Adsense harus dipelajari oleh pemula mulai dari pengetahuan dasar yang lengkap agar cepat berhasil. Google Adsense merupakan cara yang mudah dan gratis bagi pemilik si...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top