Posisi Anda
Home > Lifestyle > Takut Kolesterol dan Gula Darah Naik Saat Lebaran, Kurangi 6 Makanan ini

Takut Kolesterol dan Gula Darah Naik Saat Lebaran, Kurangi 6 Makanan ini

Kolesterol dan Gula Darah Naik

Lifestyle – Kolesterol dan gula darah naik bisa terjadi saat lebaran jika anda tidak berhati-hati mengonsumsi makanan khas hari raya.

Lebaran merupakan momen yang dinanti umat muslim setelah 30 hari melaksanakan ibadah puasa. Dimana lebaran memang menjadi ajang berkumpul, silaturahmi dan tentu bermaaf-maafan.

Sehingga selain bisa berkumbul dengan sanak famili, ada juga tradisi yang dilakukan yaitu makan besar dan juga bersantap panganan khas.

Tetapi, ada makanan lebaran yang rasanya memang enak namun menyebabkan kolesterol dan gula darah yang langsung naik. Sehingga membahayakan anda terutama yang sudah sakit dan harus menghindarinya.

Berikut 6 jenis makanan yang harus anda kurangi atau bahkan hindari supaya kolesterol dan gula darah naik tidak terjadi ketika musim lebaran.

1. Opor

Opor merupakan salah satu makanan yang ditunggu-tunggu ketika lebaran tiba. Opor dimasak kuning dengan menggunakan santan dan berbahan dasar ayam negeri ataupun ayam kampung.

Dengan cita rasa gurih seperti kari, masyarakat Indonesia tidak akan merasa lengkap tanpa kehadiran opor lebaran. Selain itu opor merupakan jenis menu yang jarang ada di menu makanan sehari-hari.

Sayangnya karena menggunakan ayam, santan dan juga kekentalan yang tinggi menyebabkan anda yang mengonsumsinya terlalu banyak langsung naik kolesterol dan gula darahnya.

Untuk itu hindari makan opor terlalu banyak dan imbangi dengan makanan ataupun minuman lainnya.

2. Sirup lebaran

Sirup memang minuman andalan masyarakat Indonesia ketika lebaran. Dengan makanan yang berat dan berminyak, meminum sirup dengan air dingin merupakan pilihan terbaik banyak orang.

Baca Juga :   5 Tips Sehat Saat Puasa Ini Akan Membuat Anda Tetap Segar dan Energik

Sehingga terasa manis, segar dan tentunya melepas dahaga karena makanan anda. Sayangnya sirup yang manis ini bisa menyebabkan gula darah anda meningkat.

Terutama untuk anda yang harus menjaga gula darah agar tetap stabil bisa-bisa langsung tergeletak akibat kadar yang terlalu tinggi.

Imbangi dengan air putih, karena biasanya ketika lebaran orang malas meminum air putih.

3. Rendang

Masakan khas Padang ini memang didewakan banyak orang. Bahkan rendang terkenal hingga ke mancanegara karena dianggap makanan nomor 1 di dunia dengan rasa yang paling enak.

Selain dinobatkan sebagai makanan terenak, rendang merupakan makanan wajib masyarakat Indonesia yang sedang lebaran, karena tanpa rendang rasanya kurang lengkap lebaran di rumah.

Sayangnya masakan yang terbuat dari bahan dasar daging ini mengandung minyak yang luar biasa banyak.

Selain itu, santan dan gula merah yang dimasak secara lama dan benar-benar meresap membuat anda yang memakan satu potong daging saja bisa merasakan kolesterol dan gula darah naik tinggi.

Kurangi konsumsi rendang, dan jika perlu tidak mengonsumsinya sama sekali untuk menghindari masalah.

4. Kue kering lebaran

Nastar, kue keju, putri salju dan lain sebagainya merupakan kue andalan masyarakat Indonesia.

Tanpa adanya kue kering ini rasanya lebaran tidak terasa ramai dan tentunya anda tidak bisa menyuguhkan kue kepada sanak saudara. Namun anda juga tidak bisa menghindari untuk tergoda akan kenikmatan kue lebaran.

Sayangnya gula dan mentega pada kue tersebut bisa menaikan kadar gula darah dan tentu kolesterol dalam tubuh anda.

Baca Juga :   Lucu, Tak bisa Bahasa Inggeris, Atlet ini jawab pertanyaan Wartawan pake lagu

Terlalu banyak mengonsumsi kue kering juga menyebabkan tubuh terlalu banyak tepung yang tinggi akan kalori sehingga menjadikan tubuh bukannya sehat setelah puasa dan lebaran, tetapi justru bertambah sakit.

5. Sambal goreng kentang

Di area pulau Jawa sambal goreng kentang merupakan salah satu panganan yang wajib ada, dimana makanan ini memang seringkali dikonsumsi dan dibuat ketika ramadhan atau bulan puasa saja.

Kentang mengandung karbohidrat yang tinggi sedangkan sambal goreng atau pengolahannya mengandung minyak dan hati atau beberapa bagian dagingnya bisa menyumbangkan lemak jenuh pada tubuh.

Terlalu banyak sambal goreng kentang bisa menaikan minyak dalam tubuh dan hasilnya anda akan memiliki kadar kolesterol teralu tinggi.

6. Semur

Semur adalah salah satu panganan kesukaan anak-anak yang suka dikonsumsi dan dibuat ketika lebaran. Rasanya yang tidak pedas dan bisa dimasak menggunakan daging sapi ataupun daging ayam membuat keluarga di Indonesia senang membuatnya.

Namun sayangnya makanan ini mengandung kecap dan gula yang tinggi dan bisa menaikan kadar gula anda.

Terlepas dari tradisi memasak menu diatas, anda boleh saja menyajikan panganan khas lebaran.

Namun, jika bisa tidak mengonsumsinya saat lebaran dan setelah lebaran berturut-turut. Karena akan berdampak pada kesehatan anda yang nantinya malah berkepanjangan.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa memicu kolesterol dan gula darah naik saat lebaran tiba.

Jadi supaya kita terus dalam kondisi prima saat lebaran, selain menghindari makanan diatas anda juga perlu Mengatur Olahraga saat Puasa Agar Tetap Aman dan sehat. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Penyanyi Dangdut Irmawati Tewas Saat Manggung Bersama Ularnya Entertainment - Beberapa hari lalu media cetak di hebohkan dengan kematian seorang artis penyanyi dangdut yang tewas akibat digigit ular peliharaannya sendiri saat manggung di acara hajatan. Penyan...
7 Takjil Buka Puasa yang Khas Dan Nikmat Saat Ramadhan Tiba Lifestyle - Takjil Buka Puasa adalah makanan yang harus di dahulukan untuk dikonsumsi ketika masuk waktu berbuka. Sebaiknya makanlah kurma dahulu, karena ini merupakan amalan nabi. Sebagai Negara d...
Cara Mengatasi Share Ke Facebook Tidak Muncul Gambar Dan Deskripsi Pos... Beberapa waktu yang lalu saya mengalami masalah fungsi open graph website wordpress saya. Dimana jika link posting web/blog di share ke facebook, gambar dan deskripsi posting nya tidak muncul. Hanya m...
Ingin Tahu Cara Mengatasi Macet Ketika Mudik Lebaran ? Begini Solusiny... Lifestyle – Banyak masyarakat yang jarang memikirkan bagaimana Cara Mengatasi Macet ketika melakukan perjalanan mudik dan arus balik. Ketika lebaran menjelang, maka ada satu tradisi yang tidak bisa...
Seorang Pendeta Masuk Islam Setelah 43 Tahun Jadi Misionaris, Ini seba... Lifestyle, Pedekik.com - Seorang Pendeta masuk Islam setelah jadi misionaris selama 43 tahun. Dia ditugaskan untuk menyebarkan ajaran injil di pulau Jawa. Namun akhirnya hidayah menghampiri. Dari pend...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top