Posisi Anda
Home > Berita desa > Jadikan Pedekik Tolak Ukur Kehidupan Beragama Masyarakat Bengkalis

Jadikan Pedekik Tolak Ukur Kehidupan Beragama Masyarakat Bengkalis

DSC01992Pedekik adalah nama sebuah desa yang ber ada dalam pulau Bengkalis. Tepatnya lebih kurang 6 km sebelah barat pusat kota Bengkalis. Desa ini memiliki lebih kurang 400 kepala keluarga(KK). Mayoritas penduduknya adalah muslim. Hanya beberapa keluarga yang merupakan etnis tionghoa.Desa ini terdiri dari 4 dusun; yakni Dusun Pedekik Laut, yang mayoritas dihuni oleh etnis melayu. Dusun Pedekik tengah, Dusun Pedekik Darat dan Dusun Kelapasari, Ketiga dusun ini mayoritas etnis jawa.

Karena penduduk desa ini mayoritas muslim, maka otomatis kehidupan beragama yang hidup di desa ini adalah kehidupan dengan nuansa islami. Oleh karena itu tidaklah terlalu berlebihan jika desa ini memiliki 4 buah mesjid dan 5 musholla. 4 buah mesjid yang dimaksud adalah; Mesjid Sabilillah yang terletak diperbatasan dusun Pedekik Tengah dan Pedekik Darat. Kemudian mesjid Al-Falah didusun Pedekik Tengah, Mesjid Mujahaiddin didusun Pedekik Laut, dan satu lagi mesjid yang terletak didusun Kelapasari.

Baca Juga :   UU Pemerintahan Desa Optimis Akan Disahkan DPR

Adapun nuansa kehidupan beragama dikampung ini sangat kental sekali. Hal itu dirasakan oleh masyarakat Pedekik khususnya, dan masyarakat Bengkalis secara umum. Nuansa islami ini terbukti dengan adanya kegiatan sholat berjamaah lima waktu yang diadakan di setiap mesjid dan musholla. Disamping itu didesa ini juga terdapat dua macam aliran thoriqoh yang mana antara pengikutnya dapat hidup berdampingan dengan damai. Yakni Thoriqoh Naqshobandi Kholidiyah dan Thoriqoh Naqshobandi Qodiriyah.

Tentang sholat berjamaah lima waktu ini sangat ditekankan sekali dilingkungan desa Pedekik. Terlebih dengan adanya kegiatan dakwah dan tabligh yang berpusat di Musholla Ihsaniyyah di dusun Pedekik Tengah. Yang mana kegiatan dakwah dan tabligh tersebut sering dijuluki dengan Jamaah Tabligh atau Jaulah. Walaupun sesungguhnya kegiatan ini tidak punya nama yang Formal atu resmi.

Baca Juga :   Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintahan Desa #2

Sedangkan aspek pendidikan yang bergerak didesa ini antaranya; 3 buah madrasah diniyah awaliyah(MDA), satu madrasah Tsnawiyah, dan sebuah pesantren. Dan menurut rencana akan dibangun lagi sebuah pesantren yang bergerak dibidang hafiz alquran, yang dipelopori oleh jamaah tabligh dan swadaya masyarakat.

Jadi tidaklah berlebihan rasanya, kalau desa pedekik kita jadikan sebagai barometer kehidupan agama untuk wilayah pulau Bengkalis ini. Mengingat banyaknya faktor pendukung yang bisa dijadikan sebagai tolak ukur suatu kehidupan beragama. Disamping itu, mudah-mudahan desa-desa lain yang ada dilingkungan pulau Bengkalis mau mencontoh kepada desa pedekik. Dalam arti untuk hal-hal yang bersifat fositif, edukatif dan moralis serta agamis.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top