Posisi Anda
Home > Bengkalis > Laskar Limbah, Kerajinan Kreatif Dari Limbah Asal Pedekik Bengkalis

Laskar Limbah, Kerajinan Kreatif Dari Limbah Asal Pedekik Bengkalis

8a

Bengkalis – Barang bekas atau limbah ternyata bisa menjadi produk yang bernilai tinggi jika kita bisa memanfaatkannya. Padahal barang yang menurut kita menjadi sampah itu seperti limbah rumah tangga, limbah pabrik, barang bekas dan lainnya banyak sekali kita temui di sekitar kita. Namun tidak demikian halnya jika sampah-sampah itu jatuh ketangan orang-orang yang punya kemauan keras, kreatif dan estetis.

Demikianlah seperti yang dicontohkan oleh salah seorang warga Desa Pedekik Bengkalis, Kholizar. Beliau telah berhasil memanfaatkan sampah dan limbah menjadi produk kerajinan yang punya nilai estetis dan nilai jual tinggi. Dari sampah yang jika di jual hanya menghasilkan uang Rp. 2000 perkilo, kini dengan sentuhan kreatifitasnya barang limbah tersebut bisa punya nilai jual hingga berkali-kali lipat harganya.

Baca Juga :   MTQ Kecamatan Bukit Batu Di Buka Resmi Bupati Bengkalis

Kholizar hingga saat ini sudah memproduksi berbagai macam kerajinan miniatur dari limbah. Seperti miniatur motor gede, miniatur lokomotif, vespa, gitar dan lain-lain. Kerajinan miniatur ini dia buat dengan memanfaatkan limbah rumah tangga seperti tutup botol air mineral, korek api gas, pipa bekas permen lolipop, tutup pentil motor dan barang bekas lainnya.

13a 3b

“Untuk membuat miniatur motor dari barang bekas tidaklah rumit, cukup kreatifitas dan ide kita sendiri, yang penting adalah imajinasi. Untuk awal pemula memang sedikit susah dan butuh kesabaran. Asal ada kemauan, sabar dan optimis pasti anda bisa.” ujar pemilik akun facebook dengan nama Riejal Maulana ini. Dia juga menambahkan bahwa untuk membuat satu buah miniatur motor misalnya, hanya dibutuhkan waktu lebih kurang satu jam.

Baca Juga :   Kapal Bantuan Pemda Bengkalis Dibakar Massa, Begini sebabnya

Kholizar bahkan telah mendirikan fan page di facebook dengan nama ‘Laskar Limbah‘ untuk menampung minat para pemuda yang punya hoby pada kerajinan pemanfaatan limbah dan sampah. Dari sini ternyata banyak masyarakat yang mengapresiasi dan mendukung ide kreatif nya. Terbukti hingga kini sudah hampir 800 orang yang nge-like halaman facebook Laskar Limbah.

12a 9a

“Saya mengharapkan dengan berdiri nya Laskar Limbah bisa menyalurkan bakat dan hobi bagi para pemuda pemudi desa Pedekik khususnya dan juga masyarakat luas, sehingga bisa menjadi penghasilan sampingan bagi mereka, untuk pemasaran laskar limbah siap untuk menampung karya pemuda pemudi desa Pedekik.” Terangnya.

Masih menurut beliau bahwa hasil kerajinan limbah yang ia produksi dijual berdasarkan tingkat kesulitan pembuatannya. Minimal ia membandrol produk kerajinannya dengan harga standar yang relatif murah, yakni sekitar Rp 50.000,-. Namun tidak menutup kemungkinan jika tingkat kesulitan dan nilai estetisnya tinggi, hasil kerajinannya ini dijual hingga mencapai dua juta rupiah.

Baca Juga :   BPS Kabupaten Bengkalis Mulai Laksanakan Sensus Ekonomi

Terakhir beliau sangat mengharapkan perhatian dari pihak pemerintah atas ide kreatifnya ini. “Paling tidak pemerintah bisa memberikan dukungan dengan menyediakan tempat semacam workshop untuk pusat kerajinannya sekaligus tempat pemasaran hasil produksinya. Syukur-syukur bisa membantu mencarikan link pemasaran dengan skala yang lebih luas lagi.” tutupnya.

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Mengenal Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) Info Desa – Program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) Kementerian Desa PDTT berhasil mengangkat nama Indonesia di dunia Internasional. Prioritas Program Kementerian Desa Ini Akan Membuka...
Di Desa ini, Semua Warga Harus Mematikan Televisi Selama 2 jam Info desa, Pedekik.com - Pesawat televisi terkadang bisa hidup sampai 18 jam. Anggap saja jika dirumah anda televisi mulai di hidupkan pagi jam enam, dengan alasan sebagai sambilan atau hiburan saat p...
Permendagri No. 67 Tahun 2017 Tentang Perubahan Perangkat Desa Info Desa – Pemerintah telah mengeluarkan Permendagri No. 67 Tahun 2017 yang intinya adalah untuk mengatur tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa agar lebih tertib. Karena regulasi meng...
Studi Banding Kepala Desa Keluar Negeri Dilepas Resmi Oleh Menteri Des... Top Info Desa – Studi banding Kepala Desa untuk diberangkatkan keluar Negeri dilepas secara resmi oleh Menteri Desa Eko Putro kepada 40 orang Kades dan pendamping desa. Sebagaimana diketahui, sebel...
5 Cara Menyatukan Pemuda Desa Agar Kompak dan Maju Top Info Desa – Cara menyatukan pemuda desa supaya tercipta kekompakan untuk kemajuan desa bisa dibilang gampang-gampang susah. Bagaimana cara menyatukan pemuda desa? Semua orang tahu bahwa pemuda me...

One thought on “Laskar Limbah, Kerajinan Kreatif Dari Limbah Asal Pedekik Bengkalis

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top