Posisi Anda
Home > Teknologi > Teknik Baru Cara Ngecas Handphone Menggunakan Air Garam

Teknik Baru Cara Ngecas Handphone Menggunakan Air Garam

lampu air garam

Teknologi – Ternyata air garam tidak hanya di gunakan untuk memasak. Dengan kemajuan teknologi cara untuk ngecas handphone juga bisa dilakukan menggunakan air garam. Teknik ini di perkenalkan pertama kali oleh warga Filiphina.

Mulanya dua kakak beradik asal Filiphina ini berniat ingin mengatasi permasalahan yang ada di negaranya. Yakni permasalahan umum yang di hadapi masyarakat Filiphina yang berstatus ekonomi rendah. Dimana banyak daerah di Nagara Filiphina, khususnya di desa-desa yang belum teraliri listrik.

Dua bersaudara yang bernama Raphael dan Aisa Mijeno ini akhirnya terpanggil bagaimana caranya mengatasi permasalahan masyarakat Filiphina yang bereknomi rendah tersebut supaya bisa menikmati listrik atau lampu yang hemat energi.

“Mulanya, kami terinspirasi dengan warga Filipina yang masih banyak belum menikmati akses listrik dan mereka umumnya terpaksa menggunakan minyak tanah untuk menghidupkan lampu dirumahnya pada malam hari,” cerita Raphael.

Berpijak dari keprihatinan tersebut muncullah konsep untuk teknologi dimana mereka berdua mencoba air garam sebagai sumber energi untuk menghidupkan sebuah lampu.

“Di Filipina, keluarga yang ekonominya dibawah rata-rata banyak yang mengalami krisis bahan pangan dan bahan bakar. Oleh karena itu mudah-mudahan konsep lampu garam ini akan bermanfaat bagi mereka,” Aisa menambahkan.

Dengan percobaan yang dilakukan dua bersaudara ini, mereka berhasil membuat lampu yang bisa menyala dengan sumber tenaga nya adalah dua sendok teh garam di campur dengan segelas air.

Dari lampu yang dihasilkan inilah kemudian muncul ide bagaimana kalau lampu garam ini digunakan untuk mengecas handphone. Ternyata berhasil. Hanya saja energi yang ada pada lampu jadi cepat habis.

Baca Juga :   Mengatasi Gambar Tidak Muncul Di Facebook Saat Share Web Wordpress

Namun saat ini mereka sedang berusaha mengembangkan penemuannya tersebut agar lampu garam ini bisa menyala sekitar delapan jam. Sehingga cukup untuk hidup dalam satu malam. Apalagi jika lampu ini nantinya mempunyai fungsi tambahan sebagai charger Handphone. Tentu akan membutuhkan energi lebih banyak lagi.

“Jika digunakan untuk mengecas baterai menggunakan lampu air garam ini pasti akan butuh sumber energi yang lebih banyak lagi. Namun untuk sementara kami sudah menemukan cara agar pengguna bisa mengganti elektroda logam cukup dua kali dalam setahun,” terang Raphael.

Saat ini mereka telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan dan organisasi USAID untuk memasarkan hasil karya lampu mereka ke konsumen. Harganya pun cukup terjangkau. Nama yang telah di sematkan untuk lampu ini adalah Sustainable Alternative Lightning.

Kita berharap lampu ini akan masuk ke pasaran Indonesia dengan harga yang relatif murah. Karena negara kita juga masih banyak yang mengalami krisis listrik khususnya di daerah-daerah pelosok dan terpencil.

Apalagi jika di gandengkan dengan fungsi untuk ngecas handphone. Tentu akan bermanfaat lebih besar lagi. Teknik cara ngecas handphone menggunakan lampu air garam ini juga menjadi cara yang cukup unik dan praktis.

Begitulah manfaat dari perkembangan dunia teknologi. Berbagai hal positif bisa di wujudkan dan menjadikan kehidupan manusia lebih praktis dan cepat. Sebagaimana juga ada Rumah Pesawat UFO yang Terapung Di Laut Italia, yang di kembangkan oleh arsitektur dari perusahaan Jet Capsule.

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Cara Bikin Blog Adsense Professional Bagi Pemula Teknologi, Blogging – Cara bikin blog adsense secara professional memang harus dimulai dari awal pembuatan blog. Jika tujuan akhir dari kegiatan blogging kita adalah untuk mendapatkan penghasilan dari...
Teknologi Terbaru, Gedung Pencakar Langit Ternyata Bisa Dibangun Hanya... Seorang arsitek bernama Greg Lynn berpendapat bahwa untuk masa yang akan datang gedung-gedung pencakar langit di dunia bisa di bangun hanya dengan menggunakan perekat atau lem. Bangunan - bangunan tin...
Potensi Teknologi Kincir Angin Di Daerah Perdesaan Indonesia Info Tekno – Teknologi Kincir Angin dari Belanda juga memiliki potensi yang bagus untuk di terapkan di wilayah perdesaan Indonesia. Sejarah mencatat bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ...
Contoh Kegiatan Pelatihan Internet Sehat Bagi Warga Desa Tekno Desa – Pelatihan internet sehat bagi warga desa adalah salah satu program positif yang bermanfaat sekaligus memiliki aspek pembinaan kemasyarakatan. Bagi pemerintahan desa mungkin ada yang in...
Inilah Profesi Gaji Tertinggi Di Bidang Teknologi, Berapa Penghasilann... Teknologi, Pedekik.com - Saat ini teknologi informasi memang sangat pesat perkembangannya. Sehingga mereka yang bekerja di bidang IT pun kecipratan rejeki yang cukup besar. Bekerja di perusahaan berba...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top