Posisi Anda
Home > Berita desa > 4 Permasalahan Pemerintah Desa yang masih terjadi dan Harus Diatasi

4 Permasalahan Pemerintah Desa yang masih terjadi dan Harus Diatasi

4 Permasalahan Pemerintah Desa yang masih terjadi dan Harus Diatasi

Permasalahan pemerintah desa menjadi tugas dan tanggung jawab semua komponen kelembagaan pemerintah di Indonesia dan juga masyarakat.

Apa saja permasalahan pemerintah desa yang kerap dialami? Permasalahan yang dialami akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan desa tersebut, terutama desa yang tengah berusaha untuk menjadi sebuah desa mandiri. Kita tahu bahwa setiap desa tidak akan pernah lepas dari yang namanya permasalahan.

Permasalahan yang dialami bisa datang dari dalam atau yang dinamakan sebagai permasalahan internal. Ada juga masalah desa yang berasal dari luar atau yang disebut sebagai permasalahan eksternal.

Permasalahan tersebut harus segera diselesaikan. Jika dibiarkan dan bahkan tidak ada tindakan atau upaya apapun, maka bisa menyebabkan permasalahan yang dialami akan semakin parah.

Secara umum, terdapat beberapa permasalahan pemerintah desa yang harus menjadi fokus oleh semua elemen masyarakat.

Artinya, yang fokus terhadap masalah ini bukan hanya pemerintah desa saja. Masyarakat juga ikut andil di dalam memberikan masukan dan solusi bersama untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Baca Juga :   Tips Mengurangi Dampak Banjir Dan Penanganannya
1. Aspek keuangan

Permasalahan pemerintah desa yang pertama adalah berkaitan dengan keuangan. Perlu dipahami bahwa uang merupakan salah satu hal yang diperlukan untuk pembangunan desa.

Meskipun di dalam desa tersebut memiliki SDM atau Sumber Daya Manusia yang unggul, namun jika tidak didukung dengan dana yang baik maka tentunya hal tersebut akan sia-sia.

Maka dari itu, aspek keuangan memegang peran penting terhadap keberlangsungan dan kemajuan desa tersebut.

Memang uang tidak selamanya harus mengandalkan pemerintah. Masyarakat di sana harus mulai menerapkan pola berpikir kreatif dan inovatif untuk mulai menggali apa saja potensi desa yang bisa digali dan diperkenalkan kepada masyarakat umum.

2. Aspek SDM (Sumber Daya Manusia)

Masalah sumber daya manusia juga merupakan permasalahan pemerintah desa yang juga harus diperhatikan. Meskipun desa tersebut dikarunai oleh beragam sumber daya alam yang melimpah, namun ketika tidak diimbangi oleh SDM yang baik maka bisa saja SDA yang tersedia hanya akan terbengkalai dan rawan dimanfaatkan oleh orang atau pihak asing.

Baca Juga :   Peran Pemuda Desa dalam Program Inovasi Pemberdayaan

Lalu bagaimana solusinya? Solusi yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pelatihan. Pemerintah maupun pihak terkait harus mengadakan pelatihan terhadap masyarakat dengan semaksimal mungkin mampu menggali potensi dirinya.

Dengan begitu, maka SDM yang dimiliki oleh desa tersebut mampu memanfaatkan SDA yang ada di desa sehingga menjadi pemasukan atau nilai tersendiri yang akan dikenal oleh masyarakat banyak.

3. Aspek Material

Perlu dipahami bahwa aspek material ini berkaitan dengan sarana dan juga prasarana yang ada di desa tersebut. Kedua hal ini merupakan komponen yang tak kalah penting di dalam membangun sebuah desa.

Desa yang baik harus didukung oleh sarana dan prasarana yang baik karena akan membuat masyarakatnya bisa tinggal dengan aman, nyaman, dan sejahtera.

Namun kenyataannya di Indonesia ini sarana dan juga prasarana untuk desa bisa dikatakan cukup memprihatinkan.

Bahkan ada beberapa desa yang malah tidak memiliki Kantor Kepala Desa. Berdasarkan poin ketiga ini, desa bisa dikategorikan menjadi beberapa bagian, diantaranya:

  • Desa yang memiliki kantor desa dengan kondisi yang baik dan tanah merupakan miliki desa.
  • Desa yang memiliki kantor dengan kondisi baik, namun tanah milik pribadi.
  • Desa yang memiliki kantor namun kondisi kurang memadai dan tanah merupakan milik desa.
  • Desa yang memiliki kantor namun kondisi kurang memadai dan tanah merupakan milik pribadi.
  • Desa dengan kondisi kantor rusak, memadai dan tanah milik desa.
  • Desa dengan kantor kondisi rusak, memadai tanah milik pribadi.
  • Desa dengan kondisi kantor rusak, tidak memadai dan tanah milik desa.
  • Desa dengan kondisi kantor rusak, tidak memadai dan tanah milik pribadi.
Baca Juga :   Memahami Jenis Laporan Kepala Desa dan Pertanggungjawabannya Dalam Permendagri
4. Aspek Metode

Permasalahan pemerintahan desa yang terakhir adalah berkaitan dengan aspek metode. Maksudnya, desa tersebut belum memiliki metode pelaksanaan program yang baik. Bahkan programnya juga banyak yang belum jalan.

Beberapa kegiatan tersebut seperti penyusunan APBDesa, rapat BPD, perubahan APBDesa, dan berbagai kegiatan lainnya.

Terkait dengan metode ini yang sangat diperlukan adalah pembinaan dari atasan atau pendampingan dari tenaga ahli pendamping desa dan Lembaga lainnya.

Demikianlah beberapa permasalahan pemerintah desa yang perlu mendapatkan perhatian oleh semua pihak. [Ev0]

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Mendagri Minta Tolak Perekrutan Pendamping Desa Yang Tidak Kompeten Info Desa - Pemerintah melalui kemendesa akan melaksanakan penerimaan seleksi pendamping desa tahap ke- 2 pada tahun ini. Perekrutan pendamping desa ini merupakan kegiatan yang di kelola oleh kemendes...
Data Laporan Bulanan Nopember 2014 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan Nopember Tahun 2014. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di dal...
Indikasi Korupsi Dana Desa Capai 5000 Keluhan Di Kemendes, Apakah Desa... Info Desa – Kementerian Desa telah menerima aspirasi masyarakat terkait indikasi Korupsi dana Desa mencapai 5000 lebih aduan. Korupsi Dana Desa itu bisa jadi satu fenomena baru yang di bicarakan masya...
Data Laporan Bulanan Januari 2014 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan Januari Tahun 2014. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di dala...
Lapangan Bola Desa Berkelas Dunia Ini Pake Dana Desa, Anggarannya 1,4 ... Top Info Desa – Lapangan bola desa bertaraf Internasional ini dibangun dari Dana Desa yang anggarannya cukup fantastis, 1,4 Milyar. Kebanyakan yang kita temui lapangan sepak bola di desa kondisinya...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top