Posisi Anda
Home > Lifestyle > 5 Tips Sehat Saat Puasa Ini Akan Membuat Anda Tetap Segar dan Energik

5 Tips Sehat Saat Puasa Ini Akan Membuat Anda Tetap Segar dan Energik

Tips Sehat Saat Puasa

Lifestyle – Tips Sehat Saat Puasa ini perlu diakukan agar ibadah kita tetap sukses dan lancar sampai tuntas selama satu bulan.

Saat bulan suci tiba, umat muslim diwajibkan untuk bisa berpuasa dan tidak makan atau tidak minum. Manfaat Minum Air Putih Hangat Dimalam Bulan Ramadhan termasuk salah satu solusi agar tubuh tetap sehat saat puasa.

Namun berpuasa dengan waktu yang ditentukan sesuai matahari terbit sampai terbenam jelas membuat banyak orang juga merasa lelah.

Di Indonesia sendiri puasa selalu terjadi antara 12-14 jam, karena masuk kedalam area tropis. Sehingga tidak ada musim dan waktu siang serta malam hampir seimbang.

Maka banyak masyarakat Indonesia melewati jam makan seperti halnya makan pagi yang digeser menjadi makan sahur, makan siang yang dilewati dan akhirnya makan malam saat berbuka.

Bagaimana pula jika anda sedang bepergian ke luar negeri yang memiliki jam puasa cenderung sangat lama ? Berikut ini Tips Sehat Saat Puasa agar bisa tetap sehat dan juga enerjik :

1. Hindari Makanan asam dan pedas

Memang tidak bisa dihindari bahwa makanan Indonesia penuh dengan makanan asam dan pedas. Bumbu yang ada dalam makanan memang mengandung banyak bahan yang membuat makanan semakin enak.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang memaksa untuk mengonsumsi makanan pedas dan berlemak saat sahur dan berbuka.

Padahal efek atau dampak terbesarnya adalah sistem pencernaan yang tidak baik, masalah makanan yang berdampak pada kesehatan tubuh seperti panas dalam atau kekurangan cairan akibat makanan pedas dan asam.

Baca Juga :   Terapkan 5 Gaya Hidup Sehat ini Saat Anda Berpuasa

Kalaupun anda tidak bisa meninggalkan mengonsumsi makanan pedas kegemaran anda, sebaiknya di kurangi agar tubuh bugar saat puasa.

2. Hindari Gorengan dan Minyak

Menghindari gorengan dan minyak seperti halnya kita berusaha untuk tidak terkena air di dekat kolam renang, akan sulit untuk dilakukan bahkan cenderung tidak mungkin.

Namun semakin sering anda mengonsumsi gorengan serta makanan dengan minyak tinggi maka semakin tidak nyaman anda berpuasa. Di tengah hari anda akan merasa haus dan lapar akibat serapan minyak yang tinggi.

Bagi anda yang ingin berat badannya tetap ideal, maka puasa akan menjadi cara yang tepat untuk bisa diet. Hitung-hitung sebagai latihan diet awal untuk langkah slanjutnyasetelah bulan ramadhan berakhir.

Tahapan selanjutnya adalah jangan menggagalkan diet anda dengan mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, seperti halnya margarin, mentega dan sejenisnya.

Coba untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur, buah, dan daging tanpa lemak, pengolahan makanannya pun sebaiknya jangan digoreng.

3. Jangan Malas Sahur

Tips Sehat Saat Puasa selanjutnya adalah jangan malas-malasan untuk makan sahur ketika bulan ramadhan.

Sahur sangat penting untuk tubuh karena bisa menjadi asupan yang baik, ketika anda malas sahur, maka anda melewatkan perbekalan sebelum berperang atau berpuasa.

Hal ini bukan menurunkan berat bedan atau diet yang ada justru anda mengalami sakit di badan dan maag yang menjadi-jadi.

Jangan malas untuk sahur dan usahakan untuk bisa mengisi perut minimal dengan makanan karbohidrat dan susu, agar memiliki energi dalam berpuasa dan juga tubuh terasa sehat dan bugar.

Baca Juga :   Gunakan Tips Merawat Kulit Secara Alami Ini. Dijamin Anda Tetap Cantik

Selain itu, hindari sahur tengah malam seperti jam 12 kemudian anda tidur dan tidak sahur lagi. karena waktu puasa lebih lama dan malam hari semua makanan di proses, yang ada memberatkan kerja anda.

4. Konsumsi Makanan yang Tepat

Ketika anda memiliki riwayat maag, maka yang harus diperhatikan adalah pola konsumsi makanan. Jangan sembarangan makan saat sedang berpuasa karena bisa juga berakibat tidak baik.

Mengonsumsi makanan yang tepat maksudnya waktu yang sesuai dengan puasa dan makanan yang bergizi. Salah satu jenis makanan yang bisa anda konsumsi adalah kurma, karena buah ini cenderung memiliki kandungan gula yang bagus untuk energi namun tidak berlebihan.

5. Hindari Kafein

Teh dan kopi menjadi 2 hal yang harusnya anda musuhi ketika sedang berpuasa. Teh dan kopi memang memberi energi pada tubuh. Sayangnya, teh dan kopi menyerap kandungan air tubuh sehingga anda yang mengonsumsinya akan cepat dehidrasi.

Meskipun tidak merasa lapar sama sekali dan merasa bugar, jangan dibiasakan karena akan berdampak buruk pada tubuh anda, selain itu konsumsi teh dan kopi di waktu yang salah ini bisa memicu penyakit untuk datang.

Demikianlah beberapa Tips Sehat Saat Puasa yang bisa menjadikan kita tetap bugar dan enerjik dalam menjalankan ibadah di bulan ramadhan.

Sebagai tambahan tips supaya puasa anda tetap dalam kondisi sehat, Efek Buruk Makanan Manis Saat Sahur ini Perlu Anda Tahu. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Takut Kolesterol dan Gula Darah Naik Saat Lebaran, Kurangi 6 Makanan i... Lifestyle – Kolesterol dan gula darah naik bisa terjadi saat lebaran jika anda tidak berhati-hati mengonsumsi makanan khas hari raya. Lebaran merupakan momen yang dinanti umat muslim setelah 30 har...
Shireen Sungkar Diserang Fans Ayu Ting Ting, Begini ceritanya Lifestyle - Shireen Sungkar beberapa waktu lalu telah diserang oleh fans berat Ayu Ting Ting. Dia juga heran kok bisa terkait masalah polemik Ayu Ting Ting. Shireen menceritakan kisahnya saat diwaw...
Lucu, Tak bisa Bahasa Inggeris, Atlet ini jawab pertanyaan Wartawan pa... Lifestyle, Pedekik.com - Walaupun tidak menguasai bahasa Inggeris, seorang atlet Jepang berhasil melakukan wawancara dalam bahasa Inggeris yang membuat tertawa para penonton. Bagaimana ia menjawab per...
Penyanyi Dangdut Irmawati Tewas Saat Manggung Bersama Ularnya Entertainment - Beberapa hari lalu media cetak di hebohkan dengan kematian seorang artis penyanyi dangdut yang tewas akibat digigit ular peliharaannya sendiri saat manggung di acara hajatan. Penyan...
Seorang Pendeta Masuk Islam Setelah 43 Tahun Jadi Misionaris, Ini seba... Lifestyle, Pedekik.com - Seorang Pendeta masuk Islam setelah jadi misionaris selama 43 tahun. Dia ditugaskan untuk menyebarkan ajaran injil di pulau Jawa. Namun akhirnya hidayah menghampiri. Dari pend...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top