Posisi Anda
Home > Lifestyle > 7 Takjil Buka Puasa yang Khas Dan Nikmat Saat Ramadhan Tiba

7 Takjil Buka Puasa yang Khas Dan Nikmat Saat Ramadhan Tiba

takjil buka puasa

Lifestyle – Takjil Buka Puasa adalah makanan yang harus di dahulukan untuk dikonsumsi ketika masuk waktu berbuka. Sebaiknya makanlah kurma dahulu, karena ini merupakan amalan nabi.

Sebagai Negara dengan mayoritas beragama Islam, saat ramadhan datang maka suasana akan semarak dan berbeda. Bahkan umat agama lainpun turut menyambut dan merasa senang.

Salah satu yang paling khas ketika bulan ramadhan datang yakni Takjil atau makanan manis saat berbuka. Penganan ini biasanya banyak dijual menjelang waktu maghrib tiba.

Para penjualnya pun kadang pedagang dadakan atau musiman yang memanfaatkan moment ramadhan untuk bisnis. Kadang mereka juga jualan Kue Kering Khas Lebaran Untuk Sajian Tamu.

Selama 12 jam menahan haus dan lapar seolah menjadikan makanan manis atau takjil sebagai hidangan pembuka yang wajib ada saat berbuka puasa.

Nah berikut ini 7 Takjil Buka Puasa yang khas dan hampir ada di setiap daerah Indonesia selama Ramadhan, apa saja ?

1. Kolak

Takjil pertama yang selalu dirindukan banyak orang adalah Kolak. Makanan manis satu ini bisa disajikan hangat ataupun menggunakan es dan rasanya dingin.

Kolak memang disukai banyak orang, karena selain rasanya manis kolak mengandung bahan yang menyegarkan dan mengembalikan energy tubuh setelah puasa.

Dengan isian sumsum, ubi dan pisang serta kolang-kaling yang hanya ada saat bulan puasa membuat kolak menjadi idaman banyak orang.

Selain itu manisnya kolak yang menggunakan gula merah mengundang orang untuk berbuka.

2. Es Buah

Seharian ingin melepas dahaga, tentu takjil selanjutnya disukai oleh semua kalangan dan usia. Es buah merupakan minuman dingin yang simple dan bisa dibuat dengan mudah.

Biasanya buah yang digunakan yaitu melon, semangka, apel, anggur, kolang-kaling khas ramadhan dan tentu buah yang selalu ada ketika bulan puasa yaitu blewah.

Es buah juga menambah energy tubuh anda dengan rasa manis dari susu dan juga sirup berbagai rasa. Dengan mengonsumsi es buah ini bisa memberikan tenaga untuk anda yang ingin menjalankan ibadah solat magrib tanpa merasa kekenyangan.

3. Bubur Sumsum

Bubur sumsum merupakan takjil buka puasa yang terbuat dari tepung beras. Teksturnya halus dan membuat banyak orang merasa ketagihan. Selain itu bubur akan disiram oleh gula caramel yang dibuat dari gula merah. Rasanya ? tentu manis dan dalam satu porsi bubur sumsum sudah cukup untuk mengenyangkan perut lapar anda.

Baca Juga :   Tips Mencari Modal Usaha Musiman Ramadhan Bagi Pemula

Tetapi jika anda berbuka dengan mendahulukan makan takjil bubur sum-sum, biasanya anda sudah merasa kenyang duluan sebelum makan nasi.

4. Lontong Isi

Takjil buka puasa selanjutnya bukan berupa makanan manis, namun cukup banyak orang yang mencarinya karena rasanya yang enak dan tentu mengenyangkan. Lontong isi merupakan nasi yang dihaluskan dan diisikan berbagai macam isi seperti sayuran, ayam, daging dan lainnya. Kemudian lontong akan dibungkus daun pisang dan di kukus sampai matang.

Untuk anda yang lebih menyukai makanan asin, maka anda bisa berbuka menggunakan lontong isi khas yang ditemukan di mana-mana ketika bulan ramadhan. Ditambah tempe hangat atau tahu isi hangat maka semakin sempurna menu berbuka anda.

5. Kurma

Siapa sih yang tidak berbuka menggunakan kurma ketika ramadhan ? selain rasanya manis dan mengenyangkan, mengonsumsi kurma merupakan anjuran dari Rasulullah SAW bagi umat islam. Karena khasiatnya yang banyak, selain itu kurma diklaim sebagai buah yang menyehatkan. Ditemani dengan teh manis dijamin tenaga anda pulih.

6. Es Cincau Hitam

Cincau merupakan makanan yang memang ada ketika dihari-hari biasa. Namun ketika ramadhan es cincau hitam menjadi juara masyarakat yang berbuka puasa. Cincau merupakan makanan yang bisa menghilangkan dan menurunkan suhu tubuh yang meningkat karena berpuasa seharian. Apalagi jika anda mengonsumsi makanan berminyak atau pedas ketika berpuasa, maka cincau bisa menetralkan rasa panas dalam tubuh.

7. Kerupuk Ojay

Kerupuk ojay merupakan panganan terakhir yang bisa dikatakan takjil buka puasa bagi beberapa orang di daerah Jawa Barat. Kerupuk ojay merupakan kerupuk yang berasal dari Bandung. Dimana kerupuk ini terbuat dari mie kuning yang sudah digoreng atau disangrai.

Setelah itu diberi kuah berbahan dasar oncom, atau bisa juga dikonsumsi bersama dengan mie kuning atau disebut mie glosor.

JIka anda berkunjung ke Jawa Barat saat bulan puasa, maka anda akan menemukan takjil kerupuk ojay ini saat berbuka.

Walaupun takjil buka puasa menjadi semacam makanan wajib ketika Ramadhan, namun janganlah anda sampai berlebihan mengonsumsinya. Karena kesehatan tubuh juga perlu dijaga meskipun sedang kondisi puasa. Nah, coba baca Tips Sehat Saat Puasa yang Akan Membuat Anda Tetap Segar dan Energik. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Tips Agar Dirimu Tidak Menjadi Bahan Gosip Oleh Teman Lifestyle – Gosip menggosip memang sudah hal biasa yang kita temukan sehari-hari. Bahkan malah kita sendiri kadang yang menggosipkan orang lain. Bisa jadi teman kita sendiri, atasan kita, guru dan bah...
6 Tips Mengatasi Gaya Hidup Boros Ketika Lebaran, Nomor 2 Paling Penti... Lifestyle – Bagi sebagian orang Mengatasi Gaya Hidup Boros ketika musim lebaran tiba, terasa agak sulit untuk dihindari. Ramadhan yang dilaksanakan 30 hari memang menjadi ajang beribadah dan juga m...
Efek Negatif Facebook Menyita Banyak Waktu Ketimbang Bermasyarakat Lifestyle - Facebook sebenarnya memiliki banyak efek negatif jika anda tidak selalu waspada. Salah satu efek negatif facebook dalam kehidupan bermasyarakat adalah membuat waktu untuk bersosialisasi da...
Cara Mengatasi Share Ke Facebook Tidak Muncul Gambar Dan Deskripsi Pos... Beberapa waktu yang lalu saya mengalami masalah fungsi open graph website wordpress saya. Dimana jika link posting web/blog di share ke facebook, gambar dan deskripsi posting nya tidak muncul. Hanya m...
6 Manfaat Belajar Bahasa Inggeris Bagi Masyarakat Indonesia Lifestyle – Manfaat Belajar bahasa Inggeris ternyata tidak hanya dirasakan bagi siswa yang sedang duduk di bangku sekolah. Tetapi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Di era globalisasi yang tel...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top