Posisi Anda
Home > Nasional > Pendaftaran Masuk Sekolah Ikatan Dinas 2017 Online Telah Dibuka Serentak

Pendaftaran Masuk Sekolah Ikatan Dinas 2017 Online Telah Dibuka Serentak

sekolah kedinasan

Nasional – Sekolah Kedinasan atau yang lebih dikenal dengan Sekolah Ikatan Dinas untuk tahun 2017 telah dibuka pendaftarannya oleh pemerintah. Kesempatan ini diberikan kepada siswa/siswi SLTA atau SMU sederajat di seluruh Indonesia.

Sekolah Ikatan Dinas merupakan dambaan bagi para pelajar sekaligus menjadi kebanggaan para orang tua jika anaknya berhasil masuk pendidikan tersebut. Karena secara otomatis lulusan sekolah tersebut resmi menjadi pegawai negeri sipil di instansi yang di masukinya.

Tahun ini pemerintah kembali memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik Indonesia untuk mendaftar masuk sekolah dinas yang akan dibuka pada tanggal 9 Maret sampai dengan 31 Maret 2017. Pendaftaran akan dilakukan secara serentak di satu portal dan dilaksanakn secara online.

Ada 8 Kementerian atau Instansi yang membuka peluang dan menerima calon Taruna/Taruni pendidikan Dinas tahun 2017 ini. 8 Instansi tersebut adalah sebagai berikut :

NO INSTANSI/BADAN Lembaga Pendidikan Penerimaan
1 Kementerian Keuangan PKN STAN 4.920 orang
2 Kementerian Dalam Negeri IPDN 1.689 orang
3 Kementerian Perhubungan STTD 165 orang
4 Kemenkum HAM Poltekip dan Poltekim 500 orang
5 Badan Intelejen Negara STIN 124 orang
6 Badan Pusat Statistik STIS 600 orang
7 Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika STMKG 250 orang
8 Lembaga Sandi Negara STSN 100 orang

Dari tabel diatas kita ketahui Perguruan Tinggi yang menerima calon mahasiswa Ikatan Dinas tersebut antara lain : Institut Pemerintahan Dalam Negeri ( IPDN ), Sekolah Tinggi Intelijen Negara ( STIN ), Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimtologi, dan Geofisika ( STMKG ), Sekolah Tinggi Sandi Negara ( STSN ) dan lain-lain.

Sedangkan calon mahasiswa yang akan diterima pada tahun 2017 berjumlah 8348 orang dari keseluruhan Perguruan Tinggi Kedinasan. Jumlah ini meningkat dibanding tahun 2016 lalu.

“Beberapa sekolah ikatan dinas ada yang bertambah jumlah penerimaannya, seperti IPDN tahun lalu hanya menerima 900 orang, dan tahun ini bertambah menjadi 1.689 orang,” papar Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Setiawan Wangsaatmadja.

Lantas apa saja ketentuan dan syarat masuk Sekolah Tinggi Ikatan Dinas tersebut serta bagaimana cara mendaftarnya ?

Masih menurut keterangan Setiawan Wangsaatmadja selaku deputi bidang SDM Kemenpan RB, diantara persyaratan yang wajib dipenuhi adalah calon taruna harus memiliki Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) seperti yang tertera di KTP Elektronik dan Kartu Keluarga ( KK ).

Selain itu ketentuannya setiap siswa hanya dibolehkan mendaftar pada satu Sekolah Ikatan Dinas saja. Jika mendaftar di dua atau lebih lembaga pendidikan kedinasan, maka peserta tersebut akan digugurkan secara otomatis oleh sistem .

Sementara untuk pendaftarannya dilakukan secara online di portal www.panselnas.id selama lebih kurang 22 hari. Dan waktunya serentak dari masing-masing lembaga pendidikan yang akan dimulai tanggal 9 Maret 2017 mendatang.

Baca Juga :   Hari Ini Razia Kendaraan Besar-besaran, Ini Ketentuan Pelanggaran dan Dendanya

Di website ini nantinya akan tertera persyaratan dan ketentuan apa saja yang diminta agar bisa lolos tahap seleksi administrasi dan prosedur pendaftaran selanjutnya. Sedangkan seleksi akan dilakukan bertahap oleh Badan atau Kementerian masing-masing.

Untuk beberapa pemerintah daerah seperti pemda Kabupaten atau propinsi ,terkadang ada juga yang memberikan kesempatan bagi putra putri terbaik daerahnya guna mengikuti program pendidikan ikatan dinas seperti ini. Sehingga mereka juga kemungkinan besar akan diberikan bantuan dana pendidikan oleh pemdanya masing-masing sebagai penerima beasiswa pemprov maupun dana bantuan pendidikan dari pemda kabupaten.

Untuk penerimaan calon Taruna/taruni pendidikan kedinasan tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana tahun 2017 ini para peserta akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000,- bagi mereka yang akan ikut Seleksi Kompetensi Dasar. Hal ini mengikut ketentuan PP No. 63 Tahun 2016 tentang Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak. Sedangkan biaya pendaftaran hanya di pungut oleh beberapa Lembaga Pendidikan. Seperti PKN STAN (Kemenkeu), STMKG (BMKG), STTD (Kemenhub), dan STIS (BPS).

Setiawan Wangsaatmadja mengingatkan, masyarakat atau para pendaftar dan orang tua agar berhati-hati dan waspada terhadap penipuan yang menawarkan kelulusan pada proses penerimaan calon Taruna ini.

“Jangan percaya dengan orang yang mengaku bisa meloloskan proses seleksi ini. Tak seorangpun yang bisa, dari pihak manapun. Apalagi kalau diminta untuk menyediakan uang dengan jumlah tertentu. Jadi waspada terhadap calo,” ujar Setiawan.

Sekedar informasi bahwa pembukaan pendaftaran masuk Sekolah Ikatan Dinas tahun 2017 ini, telah diumumkan oleh Kementerian PAN-RB, melalui surat Pengumuman No: 125/S.SM.01.00/2017 tanggal 1 Maret 2017 Tentang Penerimaan Calon Siswa-siswi/Taruna-Taruni pada Kementerian Lembaga/Lembaga yang Mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan Tahun 2017.

Pengumuman tersebut telah di publikasikan pada website resmi Kementerian PAN-RB yang bisa anda download melalui link : http://www.menpan.go.id/berita-terkini/120-info-terkini/6508-pengumuman-tentang-penerimaan-calon-siswa-siswi-taruna-taruni-pada-kementerian-lembaga-yang-mempunyai-lembag-pendidikan-kedinasan-tahun-2017

Dijelaskan, bahwa pengangkatan menjadi CPNS kepada peserta didik yang telah lulus semua proses tahapan seleksi, dilakukan jika mahasiswa atau pelajar tersebut telah lulus dari pendidikan dan mendapatkan ijazah. Dan penempatannya berdasarkan formasi yang telah ditetapkan Menpan RB serta usulan dari masing-masing Kementerian/Instansi atau Badan/Lembaga sekolah kedinasan yang bersangkutan.

Oleh karena itu bagi masyarakat dan siswa/siswi yang berminat untuk menjadi Taruna/Taruni Perguruan Tinggi Ikatan Dinas dan mendambakan menjadi Pegawai Negeri Sipil ( PNS ), silahkan mendaftar pada tanggal 9 Maret 2017 yang akan datang dengan membuka link website www.panselnas.id.

Atau jika anda ingin melanjutkan ke perguruan tinggi lainnya mungkin tidak ada salahnya kalau anda mengikuti Program Beasiswa Pendidikan S1 Tahun 2017 dari Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung. (pdk)

Sumber : http://www.menpan.go.id/berita-terkini/6510-serentak-dan-online-pemerintah-buka-pendaftaran-8-sekolah-kedinasan-2

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Warga Negara China ini Dua kali Melanggar Hukum Indonesia Nasional - Adalah seorang wanita warga negara China bernama Zeng Jinmao, telah ditangkap oleh petugas Imigrasi ketika sedang jualan perhiasan di pasar Masamba, Luwu Utara, SulSel pada pekan lalu. Dia ...
Daftar Beasiswa Penuh S1 Dalam Negeri Tahun 2018 Bagi Siswa SLTA Nasional – Bagi siswa yang sedang duduk di kelas 3 saat ini bisa ikut mendaftar peluang Beasiswa Penuh S1 Dalam Negeri untuk kuliah tahun 2018. Ini merupakan kesempatan emas untuk adik-adik yang ingin...
Operator sumbang program internet masuk desa Rp 1,4 triliun Program pembangunan infrastruktur telepon dan internet di pelosok Tanah Air (Universal Service Obligation /USO) tahun lalu meraup dana besar. Kementerian Telekomunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ...
Pendataan Potensi Desa Akan Di Lakukan Pemerintah Pada Bulan Mei Nasional – Pemerintah akan melakukan pendataan ulang potensi desa. Pendataan ini akan di mulai bulan Mei depan yang akan dilakukan oleh BPS (Badan Pusat Statistik). Pendataan Potensi desa menurut K...
Ini Ketentuan Pencabutan Subsidi Listrik PLN Sampai Bulan Mei Mendatan... Nasional - Pemerintah telah menetapkan pencabutan subsidi listrik mulai bulan Januari kemarin. Pengurangan subsidi dilakukan secara bertahap. Yaitu per dua bulan sekali. Tahap pertama dari bulan Janua...

One thought on “Pendaftaran Masuk Sekolah Ikatan Dinas 2017 Online Telah Dibuka Serentak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top