Posisi Anda
Home > Bisnis > Prinsip Dasar Bisnis Bagi Pemula Yang Harus Di Taati

Prinsip Dasar Bisnis Bagi Pemula Yang Harus Di Taati

prinsip dasar bisnis

Bisnis, Pedekik.com – Ketika mulai membuka usaha, prinsip dasar bisnis tidak boleh anda tinggalkan. Karena itulah sejatinya modal bisnis anda. Yaitu prinsip atau sikap yang harus anda taati jika usaha yang mulai anda rintis ingin sukses.

Terkadang seorang pemula yang baru terjun merintis usaha melupakan sikap dasar ini. Bahkan banyak mereka tidak tahu sama sekali bahwa memulai usaha itu ternyata ada prinsip dasar yang harus di pegang kuat-kuat.

Seorang pebisnis kawakan asal Queensland Australia, Mark Sowerby telah menerapkan hal ini sehingga Dia saat ini ditunjuk sebagai Kepala Utama Bisnisman oleh Pemerintah Queensland.

Mark Sowerby memiliki sebuah perusahaan manajemen keuangan yang cukup sukses. Perusahaan manajemen keuangan nya menjadi perusahaan terkemuka dari semua perusahaan yang terdaftar di Australia.

Dia menceritakan, di negara bagian Queensland peningkatan pertumbuhan bisnis baru yang di dirikan oleh pemula, kebanyakan berpusat di bagian tenggara daerah itu. Kemudian Sowerby di minta untuk mendorong meningkatkan pertumbuhan bisnis di kota-kota kecil lainnya di wilayah tersebut guna mengurangi tingginya tingkat pengangguran.

Akhirnya Sowerby mengadakan kunjungan ke 11 kota kecil di wilayah Queensland, untuk menjalankan misi memotivasi masyarakat dan mensosialisasikan budaya membuat kerja atau menciptakan lapangan kerja sendiri.

Selama kunjungannya ke daerah-daerah tersebut, beliau selalu menekankan pentingnya prinsip dasar bisnis bagi pemula dalam membuka usaha. Supaya mereka tidak masuk kedalam perangkap bisnis yang menggagalkan cita-cita bisnis seseorang.

Prinsip dasar bisnis yang ia ajarkan di bagi menjadi dua kategori. Yaitu prinsip yang harus di taati dan prinsip yang salah kaprah dilakukan banyak orang. Menurut Bisnisman Australia ini membuka suatu usaha bukan tujuannya ingin cepat kaya. Inilah yang menurutnya salah kaprah yang banyak difahami orang selama ini.

Jadi bagaimana dan apa saja yang harus di miliki oleh setiap orang yang ingin menjadi pelaku bisnis ? Untuk itu, Simaklah Prinsip dasar bisnis bagi pemula berikut ini :

Prinsip Dasar Bisnis Yang harus di taati

1. Lakukan apa yang anda suka

Ini merupakan motivasi dasar dalam membangun sebuah bisnis. Buatlah bisnis itu sesuai hobi anda. Walaupun bisnis itu sudah banyak yang menjalankan. Jika pemula merintis bisnis yang ia sendiri tidak suka dengan apa yang ia jual, menurut Sowerby hal ini langkah awal menuju kegagalan.

Apa gunanya kita melakukan sesuatu jika kita sendiri sebenarnya tidak suka dengan apa yang kita usahakan? Jadi motivasi awal untuk berwirausaha adalah menjadikan usahanya itu sebagai pilihan hidup.

Artinya disitulah kehidupan yang akan kita jalani dalam jangka lama ke depan. Sehingga bisnis kita harus sesuai dengan gaya dan hobi kita sendiri. Karena kita akan beraktualisasi dengan kehidupan bisnis tersebut kedepannya.

Banyak yang mengatakan kalau membuka usaha agar melihat apa yang orang lain butuhkan. Sehingga bisa memenuhi keinginan orang lain dan membantu masalah konsumen. Namun kata Sowerby kita sendiri harus suka dengan apa yang kita tawarkan tersebut.

2. Lakukan yang terbaik

Kenali, pelajari, fahami dan kuasai bisnis anda. Kemudian usahakan dan kerjakan semaksimal mungkin. Anda harus mengasah kemampuan di bidang yang anda terjuni. Dengan kata lain anda harus menjadi ahli dalam menjalankan bisnis anda itu. Belajar, berlatih, praktekkan dan jadilah sebaik mungkin yang anda bisa.

Baca Juga :   Gunakan Alat Ini Agar Bisnis Online Anda Sukses

Karena dengan keahlian yang kita miliki dalam bisnis, nanti kita bisa menilai dan memahami bagaimana reaksi konsumen atau pelanggan terhadap apa yang kita tawarkan, dan apa yang seharusnya kita berikan.

3. Atur pengeluaran dengan cerdas

Prinsip dasar bisnis yang satu ini menurut Sowerby sangat penting. Karena dia sendiri pernah mengalami hal demikian. Ia menghabiskan uangnya untuk berbelanja sesuatu yang manfaatnya tidak jelas.

“Saya mempunyai uang sekitar 3 juta dolar (setara Rp 30 miliar) sebelum masuk ke pasar modal. Namun sepertiganya habis untuk hal-hal yang tak penting. Saya tak berniat melakukan itu awalnya. Tapi kemudian saya belanjakan sesuatu yang dalam pikiran saya harus dibeli. Padahal ternyata pengeluaran itu semata-mata hanya karena saat itu saya sedang punya uang,” ceritanya.

Dari pengalamannya, kebanyakan pemula bisnis yang ia bantu berikan modal, mereka menghabiskan sepertiga nya untuk hal-hal yang tidak membawa manfaat ke tujuan awal bisnis.

Prinsip Dasar Bisnis yang salah kaprah

1. Berharap cepat kaya

“Jika anda berbisnis karena anda ingin cepat kaya, ingin punya ini punya itu, supaya kedepannya bisa hidup mewah dan bergaya, maka anda sedang mengarahkan tujuan kepada kegagalan dalam memulai usaha,” kata Sowerby.

Karena membangun bisnis bukanlah proses yang dimulai kemudian suatu saat selesai. Tetapi bisnis adalah pilihan hidup yang seharusnya kita jalani sampai turun temurun.

2. Membelanjakan uang orang lain

“Jangan mengumpulkan uang dari lain sebagai modal usaha, sehingga anda pun tidak punya modal dari diri anda sendiri. Kalaupun harus meminjam modal, pinjamlah kepada orang yang anda cintai paling dekat. Karena dengan begitu, anda berfikir panjang untuk membelanjakan uang sembarangan. Orang yang di cintai contohnya anak, isteri dan keluarga paling dekat,” lanjutnya.

3. Tidak melakukan sesuatu sesuai kemapuan anda

Prinsip dasar bisnis yang salah kaprah ini sering juga dilakukan banyak orang. Setelah pelaku usaha membuka satu bidang bisnis, semuanya ingin dikerjakan.

Mengerjakan banyak hal satu sisi ada bagusnya. Tetapi anda harus punya satu kemampuan yang anda kuasai. Fokus dulu dengan yang sedang anda terjuni. Buat, buat, dan lakukan terus. Sampai menjadi ahlinya.

4. Tidak memulai sama sekali

“Banyak orang tidak mau mencoba karena takut gagal. Atau menunggu ide yang benar-benar sempurna lebih dulu. Kebanyakan orang takut mengambil resiko. Dibayang-bayangi dengan kegagalan terlebih dahulu sehingga tidak mulai-mulai,” ujar Sowerby.

Sikap seperti ini membuat anda tidak jadi untuk membuka usaha dan akhirnya malah jadi benar-benar malas. Jadi, segeralah mulai jika anda punya niat untuk menjadi pengusaha dan memiliki sebuah bisnis.

Demikian prinsip dasar bisnis yang harus diperhatikan serius bagi pemula yang ingin membuka usaha. Dan satu hal yang paling kunci adalah jangan lupa berdo’a dan berharap. karena harapan lah yang membuat orang masih mau bertahan.

Semoga bermanfaat bagi mereka yang ingin sukses. Silahkan share ke orang lain. Dan jika artikel ini bermanfaat, mohon LIKE Fan Page facebook Pedekik.com yang ada di samping kanan web ini. (pdk)

Prinsip Dasar Bisnis Bagi Pemula Yang Harus Di Taati was last modified: March 17th, 2017 by admin

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Peluang Usaha Bisnis Joybiz Bakal Heboh Tahun 2018, Daftar Sekarang ! Bisnis – Jika anda mencari jenis usaha yang diperkirakan akan booming pada tahun 2018, maka peluang bisnis joybiz adalah salah satunya. Oleh karena itu segera ambil kesempatan ini sekarang juga. Karen...
Kuliner Gurih Roti Canai Bengkalis Terima Panggilan Pesta Bisnis, Bengkalis - Salah satu kuliner ‘Roti Canai Bengkalis’ bisa anda jadikan pilihan jika anda berkunjung ke kota Kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini. Kuliner Bengkalis yang gurih ini bisa...
Cara Mencari Jenis Usaha Bumdes Yang Punya Potensi Di Desa Bisnis – Untuk mencari jenis usaha Bumdes yang benar-benar punya potensi di desa sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Yang paling penting justeru bagaimana mengelola unit usaha yang sudah terbentuk agar...
Begini Cara Mudah Naikkan Omset Dagangan Lewat Online Bisnis – Dengan mengetahui Cara Mudah Naikkan Omset dagangan yang anda lakukan lewat media online, akan membawa keuntungan besar yang tidak disangka. Bahkan kebiasaan aktifitas online di media sosi...
Trik Cara Cepat Naikkan Omset Usaha Apotek dan Toko Obat Bisnis - Cara Cepat Naikkan Omset dalam bisnis toko obat atau pun apotek tidak sama dengan trik dan langkah dalam bidang usaha lainnya. Ketika anda memilih untuk melakukan usaha apotek atau toko ob...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top