Posisi Anda
Home > Bisnis > Cara Membuka Bisnis Warung Makan, Peluang, Memulai dan Mengelolanya

Cara Membuka Bisnis Warung Makan, Peluang, Memulai dan Mengelolanya

bisnis warung makan

Top Info Bisnis – Membuka bisnis warung makan adalah peluang usaha yang cukup menjanjikan walaupun banyak persaingan. Karena makan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia dan pasti dilakukan setiap hari. Tinggal lagi cara kita memulai dan mengelola supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika anda tertarik terjun ke dunia bisnis kuliner makanan harian ini, sebaiknya anda baca dulu pengetahuan tentang bisnis di artikel 7 cara mengelola bisnis yang baik agar tetap bertahan.

Disini kita akan mengenal peluang bisnis kuliner warung makan, membaca peluang usahanya, cara memulai hingga kepada langkah mengelolanya.

Persiapan Membuka Usaha Warung Makan Harian

Sebelum terjun secara pasti ke dalam usaha kuliner harian, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu apa saja yang harus dipersiapkan dalam mengelola kedai makan ini.

Persiapan sebelum memulai usaha ini sering dikenal dengan istilah ‘Business Plan’ atau rencana bisnis.

Dalam merencanakan sebuah bisnis, selain dari hal-hal teknis pengelolaan usaha yang rapi, ada satu hal yang sangat perlu anda tanamkan dalam diri terlebih dahulu. Yakni niat dan tekad yang kuat untuk berbisnis.

Ini modal mental yang sesungguhnya harus mendasari sebuah usaha. Karena dengan mental dan tekad yang kuat akan menjadikan anda lebih siap dan tidak gampang putus asa dalam menghadapi berbagai persoalana bisnis yang akan muncul kemudian.

Adapun perencanaan yang harus disiapkan sebelum kita mulai bisnis warung makan harian antara lain sebagai berikut :
1. Modal
2. Tempat
3. Bahan baku
4. Jenis Makanan
5. Tenaga Kerja
6. Dan lain-lain.

1. Modal Usaha Makanan Harian

Berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha warung makan ? Jawabannya adalah relatif. Bisa besar bisa juga dengan modal yang minim.

Artinya tergantung dari model warung yang ingin anda jalankan. Kalau hanya sekedar kedai makan kecil di pinggir jalan atau di depan rumah anda yang berlokasi di desa sederhana, mungkin modalnya cukup Rp. 2 juta kebawah saja.

Tetapi jika anda ingin berbisnis kuliner makanan harian di lokasi yang ramai tentu membutuhkan modal yang agak besar.

Apalagi kalau buka usahanya berlokasi di kota. Ditambah pula konsepnya warung makan istimewa, ya… tentu modalnya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Jadi untuk menentukan modal usaha ini, sebaiknya rencanakan dulu konsep warung makan yang anda inginkan.

Penekanan : Sebaiknya anda gunakan modal sendiri. Bukan dari meminjam di bank atau kepada orang lain.

2. Tempat Jualan Usaha Warung Makan

Dalam bisnis makanan yang sifatnya dijajakan di warung menetap seperti makanan harian ini, lokasi atau tempat jualan sangat menentukan.

Semakin ramai masyarakat di sekitar warung makan yang kita buka, maka peluang konsumen membeli juga semakin banyak.

Jadi untuk lokasi usaha kedai makan cobalah anda terapkan poin-poin berikut :
 Tempat yang strategis
 Tempat yang ramai penduduk
 Tempat yang mobilitas masyarakatnya tinggi/sibuk

Sebagai contoh mungkin seperti di lokasi perkantoran, kampus, perumahan, pangkalan ojek, sekitar pasar dan lain-lain.

Penekanan : Usahakan untuk mensurvey tingkat kesibukan dan keramaian di radius 1 – 2 Kilometer persegi dari lokasi kedai makan anda.

Berikutnya terkait dengan tempat ini, adalah kondisi ruangan tempat anda jualan tersebut. Mulai dari etalase makanan, tempat duduk atau meja makan, halaman, interior ruangan dan lain-lain. Termasuk juga didalamnya kebersihan dan kenyamanan.

Buatlah pelanggan anda merasa nyaman ketika sedang makan dan duduk di warung anda. Misalnya dengan melakukan hal-hal berikut :
– Mengatur jarak meja yang tidak terlalu berdekatan.
– Penyusunan makanan di etalase yang menarik dan bersih.
– Halaman depan kedai makan yang cukup untuk parkir kendaraan.
– Hiasan interior yang menyejukkan mata.
– Alunan musik santai yang enak di dengar.
– Letakkan televisi.
– Jaga kebersihan lantai dan ruangan.
– Pewangi ruangan yang lembut.
– Dan lain-lain.

Selain itu yang juga tidak kalah penting adalah kondisi lingkungan sekitar warung anda. Jangan sampai ada sumber bau yang tidak enak dari lingkungan sekitar. Atau suara yang terlalu hingar bingar, serta keamanan dan kenyamanan yang terjaga.

Penekanan : Jagalah kebersihan, kenyamanan dan keamanan. Meskipun model warung anda sangat sederhanana.

3. Bahan baku sumber makanan

Sebaiknya anda melakukan survey bahan baku yang akan anda masak sebagai jenis makanan yang anda jual.

Karena bahan makanan umumnya tidak bertahan lama, maka sebaiknya sumber bahan baku tidak terlalu jauh. Baik itu jenis sayuran atau pun lauk-pauk.

Pastikan kebutuhan bahan baku selalu tersedia setiap hari dan harganya sangat terjangkau. Akan lebih baik lagi jika anda berlangganan khusus kepada para penjual bahan baku masakan anda.

Untuk pemakaian dan penyediaan bahan baku masakan, poin berikut ini perlu diperhatikan :
 Harganya murah.
 Kondisinya selalu segar.
 Banyak jenis yang tersedia.

Penekanan : Usahakan mendapatkan bahan baku langsung dari produsen yang dekat dengan tempat tinggal anda.

4. Jenis masakan atau menu makanan yang tersedia

Karena peluang bisnis yang kita bicarakan ini adalah warung makan harian, maka jenis makanan dan menunya harus ada beberapa pilihan.

Jika warung makan yang anda buka konsepnya sederhana, paling tidak memiliki minimal 5 jenis lauk-pauk yang anda jajakan. Kecuali jika memang anda menjual kuliner khusus seperti ayam penyet, bubur ayam, ayam bakar saja, atau nasi uduk saja dan lain-lain.

Baca Juga :   Apa Saja Manfaat Royal Kiraz Dan Efek Sampingnya Terhadap Tubuh?

menu makanan

Tetapi jika konsepnya warung makan yang lebih besar seperti restoran atau rumah makan tentu menu nya harus lebih beragam lagi. Dan itu pun tidak lepas dari modal yang kita miliki.

Penekanan : Usahakan minimal anda memiliki 3 jenis menu lauk pauk. Misal : Ikan Gurami, Ayam, Udang atau jenis lauk lainnya.

5. Tenaga Kerja

Untuk tenaga kerja dalam bisnis kuliner makanan harian tergantung dari kebutuhan. Kalau memang tidak bisa anda jalankan sendiri, boleh mencari karyawan pembantu.

Jika warung kita belum terlalu padat pengunjungnya, tetapi anda merasa sudah butuh pembantu, bisa coba rekrut karyawan dari keluarga terdekat. Supaya biaya untuk membayar gaji karyawan sedikit bisa ditekan.

Itulah beberapa persiapan yang harus kita rencanakan dan perhitungkan sebelum anda berencana membuka usaha warung makan harian.

Cara Mengelola Bisnis Warung Makan

Jika diatas tadi kita masih dalam tahap awal mempersiapkan peluang bisnis bidang kuliner makanan harian, selanjutnya mari kita ulas bagaimana cara menjalankan usaha kedai makan atau warung makan atau warung tegal atau rumah makan dan bahkan restoran yang notabene selalu memiliki prospek dan peluang bisnis yang sangat menguntungkan ini.

Cara mengelola bisnis warung makan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengelolaan bisnis lainnya secara umum. Coba Perhatikan Tips Sukses Warung Nasi Ini, Agar Pelanggan Tidak Lari.

Yang berbeda mungkin pada teknis promosi produknya saja. Dalam hal ini masakan dan menu makanan yang dijual.

Baik, kita lanjutkan ….D)

Dalam mengelola bisnis warung makan atau kedai makan harian ini ada beberapa poin yang harus kita terapkan, yaitu :
a. Kualitas
b. Harga
c. Layanan
d. Promosi
e. Persaingan

a. Kualitas Masakan

Kualitas masakan yang akan menjadi penilaian konsumen pertama kali adalah tentang rasa dari masakan anda. Jika rasa masakannya sudah tidak enak, maka bagaimanapun anda memoles penampilan makanan itu tetap tidak akan member arti.

Akan lebih hebat lagi jika rasa masakan anda memiliki ciri khas seperti masakan khas padang, yang notabene agak pedas, atau masakan khas melayu dan ke-khasan rasa lainnya.

Selain itu penampilan sajian makanan juga akan mempengaruhi terhadap kualitas menu masakan anda.

Bagaimana kalau anda bukan orang yang ahli dalam memasak ? Untuk masalah ini anda bisa cari koki atau juru masak yang berbakat disekitar anda.

Rahasia ! : Poin Rasa menu makanan ini merupakan faktor keberhasilan yang sangat menentukan dari usaha kuliner yang anda kelola agar bisa sukses.

b. Harga Makanan

Untuk harga jual makanan harian ini tentu banyak faktor yang harus anda perhatikan. Antara lain tergantung dari modal harga bahan baku/mentah makanan, tingkat ekonomi target pelanggan warung, lokasi tempat anda jualan dan juga persaingan warung makan yang jaraknya berdekatan dengan kedai anda.

Rahasia ! : Trik rahasia menjual makanan harian seperti warung nasi ini antara lain anda jual makanan anda dengan harga murah saja di awal membuka usaha. Bahkan cukup balik modal pun tidak masalah.

Karena jika pelanggan anda sudah merasa dimanjakan lidahnya dengan ciri khas rasa masakan anda, maka soal harga bisa anda naikkan secara perlahan kalau pelanggannya sudah banyak.

c. Layanan

Layanan juga menjadi faktor penentu dalam cara mengelola bisnis warung makan. Bagaimana kira-kira jika anda merasa sangat lapar, kemudian ingin makan di rumah makan tetapi penyajian makanan nya cukup lama sehingga harus menunggu. Otomatis jengkel kan?

warung makan

Nah, untuk itu layanilah pelanggan anda sebaik mungkin. Diantaranya dengan sambutan senyuman yang ramah, penyajian makanan yang sopan, dan siapkan masakan menu permintaan pelanggan secepat mungkin.

Rahasia ! : Berikan service tambahan gratis dalam pelayanan kepada pelanggan anda. Misalnya dengan tanpa meminta tambahan harga jika pelanggan minta tambah nasi hingga 2 kali, atau memberikan minuman teh hangat gratis.

d. Promosi

Cara mengelola promosi warung makan sebenarnya cukup mudah. Apalagi saat ini banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi seperti lewat media social, banner, instagram, selebaran dan bahkan WA grup.

Beberapa model promosi yang bisa anda terapkan antara lain sebagai berikut :
– Jual harga murah atau balik modal diawal usaha
– Makan 2 orang cukup bayar 1 saja ketika awal-awal usaha untuk mencari pelanggan
– Diskon 1 porsi jika membeli 10 porsi
– Dan lain-lain

e. Mengatasi persaingan

Bisnis warung makan juga tidak luput dengan yang namanya persaingan. Untuk itu anda dituntut agar piawai dalam menyikapi kompetisi di bisnis ini.

Namun yang paling penting jangan gunakan cara-cara yang tidak halal atau tidak etis dalam mengatasi persaingan. Karena yakinlah bahwa yang menentukan rezeki anda bukan saingan bisnis anda.

Cara mengatasi persaingan bisnis warung makan harian ini antara lain bisa anda lakukan dengan cara member layanan yang memiliki nilai plus kepada pelanggan.

Misalnya penyajian yang cepat, perbanyak jenis menu masakan, melayani pesanan COD untuk wilayah terdekat, gratis makan 1 kali jika sudah melakukan 10 kali makan ditempat anda. Dan masih banyak lagi langkah yang bisa anda coba.

Demikianlah info Cara Membuka Bisnis Warung Makan, Peluang, Memulai dan Mengelolanya jika anda berminat untuk meraup untung dalam usaha kuliner ini. Namun begitu anda juga perlu tahu Cara Mengelola Usaha Dan Mengatur Keuangannya Agar Sukses. (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Apa Saja Manfaat Royal Kiraz Dan Efek Sampingnya Terhadap Tubuh? Top Info Bisnis – Manfaat Royal Kiraz obat herbal tradisional Turki memiliki reaksi yang sangat cepat untuk menyembuhkan penyakit. Khasiat besar yang dikandungnya telah membuat banyak orang menjadi...
Cara Memanfaatkan Embung Desa Menjadi Peluang Usaha Bumdes Bisnis – Memanfaatkan Embung Desa menjadi peluang usaha bagi Bumdes merupakan satu inovasi baru yang mulai banyak dikembangkan. Sejak tahun kemarin Pemerintah sangat menganjurkan pembangunan embung...
Cara Mencari Jenis Usaha Bumdes Yang Punya Potensi Di Desa Bisnis – Untuk mencari jenis usaha Bumdes yang benar-benar punya potensi di desa sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Yang paling penting justeru bagaimana mengelola unit usaha yang sudah terbentuk agar...
5 Jenis Usaha Di Desa Pinggiran Pantai Yang Punya Prospek Bagus Bisnis Desa – Mencari peluang jenis usaha di desa yang punya potensi dan prospek bagus ke depan, salah satunya harus mempertimbangkan tipologi desa tersebut. Sebagaimana kita ketahui tipologi desa ...
Jenis Usaha Ternak di Desa Dengan Keuntungan Berlipat Ganda Bisnis - Banyak jenis usaha ternak di desa yang mampu mendatangkan untung milyaran dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Punya impian jadi seorang konglomerat ? Pasti semua orang pun memil...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top