Posisi Anda
Home > Berita desa > Cara Bikin Website Desa #3

Cara Bikin Website Desa #3

website desa

bikin website desa

Bengkalis – Pedekik.com, Lanjut mas bro… Ini artikel sambungan bagian 3 dari tutorial cara bikin website desa yang sudah saya tulis sebelumnya. (Lihat cara bikin website desa #2)

Sedikit mengulang, kemarin kita sudah sampai tahap bahwa desa kita sudah punya domain dan hosting untuk web. Sekarang tinggal bikin desain website desa sesuai yang kita inginkan.

Oke, langsung tancap….

1. Saya sarankan untuk desain web desa, kita pilih platform CMS wordpress saja. Walaupun masih banyak CMS yang lainnya seperti joomla, drupal atau platform html biasa seperti blogspot, namun menurut saya wordpress lebih mudah dan memiliki banyak kelebihan lainnya.

2. Install CMS wordpress di server hosting tadi. Kalau ga faham sama sekali minta aja bantuan cs perusahaan hostingnya. (atau hubungi saya, he…he..he…)

3. Setelah terinstall wordpressnya, mulai memilih tema atau template yang ada di dashbord admin panel wordpress. Namun sebaiknya googling dulu untuk mencari tema yang desainnya menarik dan sesuai dengan visi web desa kita, (bisa hub saya juga..he..he..).

4. Kita anggap template nya udah sesuai, selanjutnya mulai bikin halaman-halaman posting untuk ditaruh pada menu utama web desa nantinya.

Baca Juga :   Cara Mencegah Korupsi Dana Desa, Warga yang Kritis harus dilibatkan

Halaman menu untuk website desa biasanya terdiri dari Profile desa, Laporan-laporan, Layanan desa, Potensi desa, Download dokumen, Berita desa, Galery foto kegiatan desa dan masih banyak lagi.

Sedikit info, sebenarnya sistem publikasi informasi pada website desa menurut saya bisa dibagi menjadi tiga kategori.

Pertama, Informasi Internal : Informasi ini biasanya berhubungan dengan internal kantor desa, kepala desa dan seputar kegiatan atau program perangkat serta aparat desa.

Kedua, Informasi Vertikal : Dalam bagian ini lebih banyak berisi informasi yang sifatnya dibutuhkan oleh instansi pemerintahan keatas. Seperti laporan ke kecamatan, data-data yang di butuhkan oleh instansi-instansi dibawah naungan pemda kabupaten dan lain-lain.

Ketiga, Informasi Horizontal : Ini kategori informasi yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Baik masyarakat desa maupun masyarakat umum. Seperti layanan kantor desa, info persayaratan surat menyurat, berita dan kegiatan masyarakat desa, potensi sumber daya alam desa dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Pengumuman Pemenang Lomba Membuat Miniatur Tugu Perjuangan

5. Setelah halaman-halaman untuk dijadikan menu web sudah rampung, langkah berikutnya kita tinggal update posting yang dibutuhkan. Paling tidak tiga hari sekali atau seminggu sekali ada pembaharuan berita atau informasi pada web kita.

Nah sambil update – update informasi, kita edit tampilan-tampilan website desa tadi agar kelihatan lebih rapi dan teratur sehingga jadi menarik. Seperti tata letak widget, pengaturan posisi menu yang strategis, penampilan link-link penting dan lain-lain.

Oke untuk langkah cara bikin website desa kali ini sampai segini dulu. Kapan-kapan kita sambung.

Perlu anda ketahui bahwa tutorial cara bikin website desa yang saya tulis ini sangat jauh dari sempurna. Karena hanya sebatas gambaran garis besarnya saja. Anda perlu mencari informasi tentang panduan membuat web desa lebih banyak lagi lewat internet. Tinggal browsing saja. Ada banyak sekali tips dan trik serta langkah-langkah yang sudah di sajikan para blogger dan penulis lainnya.

Karena pada dasarnya cara bikin website desa itu sama saja dengan cara bikin website-website lainnya.

Lanjut…..???

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Cara Mencegah Korupsi Dana Desa, Warga yang Kritis harus dilibatkan Info Desa, pedekik.com - Seiring meningkatnya kucuran Dana Desa dari Pusat setiap tahun, harus dibarengi dengan sistem manajemen yang baik dan pengawasan yang ketat. Karena jumlahnya yang mencapai ham...
Inilah Program Jaringan Internet Gratis Seluruh Indonesia, 500 Desa Info Desa - Pemerintah melalui Kemenkominfo kembali meluncurkan program jaringan internet gratis kepada desa-desa di seluruh Indonesia. Program yang di sebut dengan desa broadband terpadu ini sudah mu...
Tugas Dan Fungsi Kepala Urusan ( Kaur ) Keuangan Dalam Pemerintahan De... Layanan - Pedekik.com, Keuangan di desa mulai tahun 2015 bertambah besar dengan adanya kucuran dana dari APBN pusat. Menurut berbagai pendapat dari para pengamat hal ini tentunya akan menambah beb...
Ini Peran Strategis PKK Di Pemerintahan Desa Info Desa - Peran PKK di Pemerintahan Desa sangatlah strategis untuk kemajuan pembangunan dan bidang pemberdayaan. Bagaimanapun juga para perempuan di desa memegang peranan penting. Kelompok PKK at...
Jumlah Desa Tertinggal Di Indonesia Masih Tinggi Berdasarkan Indeks Pembangunan Desa (IPD) 2014, terdapat 20.168 desa tertinggal. Angka ini merupakan 27,22 persen dari jumlah total desa yang ada di Indonesia, yang mencapai 74.093 desa. Adapun seb...

4 thoughts on “Cara Bikin Website Desa #3

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top