Posisi Anda
Home > Berita desa > Cara Bikin Website Desa #3

Cara Bikin Website Desa #3

website desa

bikin website desa

Bengkalis – Pedekik.com, Lanjut mas bro… Ini artikel sambungan bagian 3 dari tutorial cara bikin website desa yang sudah saya tulis sebelumnya. (Lihat cara bikin website desa #2)

Sedikit mengulang, kemarin kita sudah sampai tahap bahwa desa kita sudah punya domain dan hosting untuk web. Sekarang tinggal bikin desain website desa sesuai yang kita inginkan.

Oke, langsung tancap….

1. Saya sarankan untuk desain web desa, kita pilih platform CMS wordpress saja. Walaupun masih banyak CMS yang lainnya seperti joomla, drupal atau platform html biasa seperti blogspot, namun menurut saya wordpress lebih mudah dan memiliki banyak kelebihan lainnya.

2. Install CMS wordpress di server hosting tadi. Kalau ga faham sama sekali minta aja bantuan cs perusahaan hostingnya. (atau hubungi saya, he…he..he…)

3. Setelah terinstall wordpressnya, mulai memilih tema atau template yang ada di dashbord admin panel wordpress. Namun sebaiknya googling dulu untuk mencari tema yang desainnya menarik dan sesuai dengan visi web desa kita, (bisa hub saya juga..he..he..).

4. Kita anggap template nya udah sesuai, selanjutnya mulai bikin halaman-halaman posting untuk ditaruh pada menu utama web desa nantinya.

Halaman menu untuk website desa biasanya terdiri dari Profile desa, Laporan-laporan, Layanan desa, Potensi desa, Download dokumen, Berita desa, Galery foto kegiatan desa dan masih banyak lagi.

Sedikit info, sebenarnya sistem publikasi informasi pada website desa menurut saya bisa dibagi menjadi tiga kategori.

Pertama, Informasi Internal : Informasi ini biasanya berhubungan dengan internal kantor desa, kepala desa dan seputar kegiatan atau program perangkat serta aparat desa.

Baca Juga :   Download Peraturan Pemerintah No. 8 Tahun 2016 Tentang Perubahan PP No. 60/2014

Kedua, Informasi Vertikal : Dalam bagian ini lebih banyak berisi informasi yang sifatnya dibutuhkan oleh instansi pemerintahan keatas. Seperti laporan ke kecamatan, data-data yang di butuhkan oleh instansi-instansi dibawah naungan pemda kabupaten dan lain-lain.

Ketiga, Informasi Horizontal : Ini kategori informasi yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Baik masyarakat desa maupun masyarakat umum. Seperti layanan kantor desa, info persayaratan surat menyurat, berita dan kegiatan masyarakat desa, potensi sumber daya alam desa dan lain sebagainya.

5. Setelah halaman-halaman untuk dijadikan menu web sudah rampung, langkah berikutnya kita tinggal update posting yang dibutuhkan. Paling tidak tiga hari sekali atau seminggu sekali ada pembaharuan berita atau informasi pada web kita.

Nah sambil update – update informasi, kita edit tampilan-tampilan website desa tadi agar kelihatan lebih rapi dan teratur sehingga jadi menarik. Seperti tata letak widget, pengaturan posisi menu yang strategis, penampilan link-link penting dan lain-lain.

Oke untuk langkah cara bikin website desa kali ini sampai segini dulu. Kapan-kapan kita sambung.

Perlu anda ketahui bahwa tutorial cara bikin website desa yang saya tulis ini sangat jauh dari sempurna. Karena hanya sebatas gambaran garis besarnya saja. Anda perlu mencari informasi tentang panduan membuat web desa lebih banyak lagi lewat internet. Tinggal browsing saja. Ada banyak sekali tips dan trik serta langkah-langkah yang sudah di sajikan para blogger dan penulis lainnya.

Karena pada dasarnya cara bikin website desa itu sama saja dengan cara bikin website-website lainnya.

Lanjut…..???

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Pedoman Teknis Pembangunan Embung Desa Menurut Kementerian Pertanian Info Desa – Teknis Pembangunan Desa haruslah mengikuti aturan yang ada. Baik pedoman dari Kementerian desa, Kementerian keuangan dalam hal penganggaran dan Kementerian Pertanian. Iklim yang senanti...
Tim Satgas Dana Desa Kemendes Turun Ke Kabupaten Lakukan Monitoring Info Desa – Tim Satuan Tugas Dana Desa (Satgas DD) dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mulai melaksanakan evaluasi dan monitoring ke Pemerintah Kabupaten atau Pemda....
Indikasi Korupsi Dana Desa Capai 5000 Keluhan Di Kemendes, Apakah Desa... Info Desa – Kementerian Desa telah menerima aspirasi masyarakat terkait indikasi Korupsi dana Desa mencapai 5000 lebih aduan. Korupsi Dana Desa itu bisa jadi satu fenomena baru yang di bicarakan masya...
Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Sejarah Desa Pedekik Bengkalis - Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada Acara Lomba Karya Tulis Ilmiah Tentang Sejarah Desa Pedekik, pada hari Sabtu 17 agustus 2013 kemaren, para pemenang lomba karya tulis telah ...
Persyaratan Membuat Kartu Keluarga (KK) Syarat untuk membuat Kartu Kelurga (KK) di Lingkungan Kecamatan Bengkalis Dasar Hukum : Perda Kab. No 02 Tahun 2009 Persyaratan sbb : 1. Kartu Keluarga yang lama 2. Formulir permohonan pem...

4 thoughts on “Cara Bikin Website Desa #3

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top