Posisi Anda
Home > Berita desa > Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintahan Desa #2

Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintahan Desa #2

domain-pedekikBengkalis – Pedekik.com. Tulisan ini merupakan lanjutan artikel bagian 1 tentang bagaimana cara membuat web resmi pemerintahan desa. Sebenarnya ini bukanlah hal baru atau hal yang sulit. Namun saya mencoba memposting ulang, barangkali bisa bermanfaat untuk desa-desa yang ingin memiliki website resmi sendiri dan minim tenaga operator yang mumpuni.

Kemaren sudah kita mulai sedikit gambaran untuk membuat web resmi desa. Untuk lebih sitematis, langkah-langkah membuat website resmi pemerintah desa adalah sebagai berikut :

1. Anda harus membeli sebuah domain. Domain resmi pemerintahan desa sudah di sediakan pemerintah yaitu .desa.id (dot desa dot id ) Contoh : www.pedekik.desa.id, www.kelapapati.desa.id, www.sebauk.desa.id dan lain-lain sesuai nama desa anda.

Untuk harga domain desa.id dan cara pembelian serta persyaratan yang dibutuhkan bisa anda lihat DISINI.

2. Setelah memiliki nama domain untuk desa anda, selanjutnya anda membutuhkan sebuah hosting untuk tempat anda meng-upload file-file yang akan di publikasikan nantinya. Sekaligus tempat anda mendesain atau menginstall template/tampilan dari website desa tadi.

Hosting untuk sebuah website mempunyai harga bervariasi. Biasanya bergantung dengan kapasitas bandwidth, space disk, dan fasilitas lainnya. Sebagai contoh bisa anda lihat DISINI.

Namun ada juga perusahaan yang menyediakan hosting gratis. Tentu dengan fasilitas dan kapasitas yang terbatas.

Baca Juga :   Berita Bengkalis Terkini Tentang Bupati Herliyan Saleh Berikan Bimtek Kepada RT/RW

3. Oke, anda sekarang saya asumsikan sudah punya domain dan hosting yang anda beli. Selanjutnya adalah membuat desain/tampilan website sesuai dengan keinginan anda.

Hal ini sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah. Karena hampir seluruh perusahaan server hosting sudah menyediakan berbagai macam CMS open source seperti wordpress, joomla dan lainnya. Sehingga kita tinggal memasang atau menginstall untuk menjadi tampilan website kita. Jika tidak begitu faham dengan hal seperti ini, kita bisa minta bantuan operator tempat kita membeli/menyewa hosting kita tadi.

Namun jika anda familiar atau berpengalaman dengan pemrograman desain web, anda bisa membuat desain web sendiri yang lebih bagus sesuai selera anda.

Seperti sudah saya singgung kemaren bahwa artikel tutorial ini sepertinya akan cukup panjang, jadi untuk langkah dan cara membuat web resmi pemerintah desa akan kita lanjutkan pada artikel selanjutnya.

Artikel bersambung ke bagian 3…….

Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintahan Desa #2 was last modified: April 6th, 2016 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Kepala Desa Pedekik Ke-2 H. ANWAR IHSANKepala Desa Pedekik Ke-2Masa Bakti : 1993 - 2001   Profile H. Anwar Ihsan Nama Lengkap : H. Anwar Ihsan Tempat Lahir    : Bengkalis Tanggal Lahir    : 26-05-1960 ...
Tips Mengurangi Dampak Banjir Dan Penanganannya Bengkalis - Pedekik.com, Saat musim penghujan begini kita harus selalu waspada terhadap banjir. Apalagi akhir-akhir ini hampir sebagian wilayah Indonesia mengalami banjir. Daerah yang biasanya tida...
Data Laporan Bulanan Nopember 2014 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan Nopember Tahun 2014. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di dal...
Peringatan Maulid Nabi 2014 Desa Pedekik Bengkalis Bengkalis - Peringatan Maulid Nabi Desa Pedekik kali ini agak berbeda dari peringatan Maulid Nabi SAW yang sering dilaksanakan di mesjid-mesjid dalam lingkungan Desa Pedekik. Kalau biasanya acara maul...
PNPM Mandiri Perkotaan Pedekik Resmikan Gedung Pelatihan Menjahit R... Bengkalis - Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) desa Pedekik Bengkalis beberapa waktu lalu telah selesai mengemban tugas dalam menjalankan program PNPM Mandiri Perkotaan. BKM sebagai mitra pembangunan ...
Lomba Pembuatan Miniatur Tugu Perjuangan Desa Pedekik Bengkalis - Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November dan sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Pemerintah Desa Pedekik mengadakan lomba membuat miniatur Tugu Perjuangan Pedek...

5 thoughts on “Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintahan Desa #2

  1. Wah Boleh deh Oh ya Kalo Pakek Platfrom Blogger ,WordPrees atau Jomla kelebihan dan kekurangan Masing MAsing Apa Gan

Leave a Reply

Top