Posisi Anda
Home > Bisnis > Membangun Citra Bisnis Itu Penting! Begini Strateginya

Membangun Citra Bisnis Itu Penting! Begini Strateginya

citra bisnis

Top Info Bisnis – Membangun citra bisnis adalah suatu kewajiban bagi sebuah perusahaan atau seorang pengusaha. Ini faktor yang sangat penting dalam dunia usaha dan tidak boleh diabaikan.

Menciptakan sebuah citra bisnis merupakan suatu proses bagaimana anda menggambarkan siapa, apa, bagaimana, dan mengapa bisnis anda.

Dalam istilah lain, citra bisnis yaitu sebuah ‘branding’, baik itu merek, produk, pelayanan ataupun nama sebuah perusahaan.

Hal ini bisa kita gambarkan ibarat seorang calon legislatif atau caleg. Seorang yang mencalonkan diri menjadi anggota dewan atau caleg, maka Ia harus bisa memberikan imej yang berpotensi tinggi kepada masyarakat.

Dia harus bisa meyakinkan masyarakat atau calon pemilih mengapa harus mendukung dirinya. Untuk itulah diperlukan membangun atau membentuk opini / imej yang positif kepada publik.

Begitu juga dengan bisnis, bagaimana calon konsumen mau membeli produk anda, atau menggunakan layanan anda, jika anda tidak mampu meyakinkan mereka bahwa merek atau branding anda benar-benar berkualitas dan harus menjadi pilihan satu-satunya.

Oleh karena itu, membangun citra bisnis yang anda miliki memang wajib anda lakukan agar konsumen benar-benar percaya dan tidak beralih ke pesaing anda.

Citra Bisnis Online

Saat ini mempromosikan bisnis secara online juga sudah menjadi kewajiban bagi para pengusaha dan pebisnis.

Baca Juga :   Tips Mencari Modal Usaha Musiman Ramadhan Bagi Pemula

Tidak dianggap pebisnis jika usahanya tidak muncul didunia maya. Baik di media social, blog, marketplace atau pun di channel youtube.

Sehingga para netizen hari-hari disuguhi informasi apapun dimana saja dan kapan saja secara cepat dan mudah.

Bagi dunia bisnis, fenomena ini memiliki nilai positif karena semakin mudah dan cepat menawarkan sebuah produk kepada konsumen.

Namun disisi lain, akan menciptakan iklim persaingan bisnis yang semakin ketat, sehingga netizen tidak gampang tertarik jika melihat informasi bisnis yang disuguhkan.

Mereka terus-menerus dibombardir dengan konten mengagumkan hingga sangat sulit untuk menarik perhatian mereka.

Strategi membangun citra bisnis yang sukses akan menjadi keuntungan besar bagi anda dalam kondisi pasar yang semakin kompetitif.

Untuk itulah disini akan kami berikan tips sukses bagaimana membuat citra bisnis anda mejadi kredibel dan mampu menarik pelanggan yang loyal kepada anda.

Berikut ini beberapa metode dan langkah bagus untuk menggambarkan citra bisnis Anda atau branding terhadap produk maupun layanan yang anda jual :

1. Jadilah Diri Sendiri

Perkenalkan bisnis anda apa adanya kepada para calon konsumen. Langkah ini akan memberi penilaian bahwa anda seorang yang jujur dan menarik kepercayaan pelanggan.

Baca Juga :   5 Faktor Penyebab Distributor Bangkrut Dalam Menjalankan Usaha

Usaha Anda untuk menciptakan branding image akan sia-sia jika anda tidak tulus dan jujur. Jangan coba-coba menawarkan kehebatan jika ternyata kualitas brand anda kurang memadai.

2. Perlahan Tapi Pasti

Orang akan lebih mudah percaya dari omongan teman dan keluarga daripada informasi yang bersumber dari media. Apalagi jika yang berbicara sudah melihat, mendengar dan merasakan sendiri.

Tidak perlu terburu nafsu agar bisnis anda cepat mendapatkan peminat. Satu pelanggan yang benar-benar memahami siapa anda, akan bercerita kepada teman dan keluarganya tentang kelebihan bisnis yang anda jalani.

Itulah sebabnya usaha Anda untuk membangun citra bisnis harus sangat kredibel walaupun hanya mendapatkan satu orang dan hasilnya agak lambat.

3. Tetapkan Target

Buatlah target kepada siapa anda akan menciptakan branding. Dan tetaplah fokus kepada target anda.

Walaupun ada peluang lain yang terbuka, namun jika tidak relevan dengan kosumen yang anda sasar, sebaiknya jangan buang waktu untuk menarik perhatian mereka.

Karena jika setelah mereka tertarik, ternyata tidak sesuai dengan apa yang calon konsumen cari, maka pasti mereka akan meninggalkan anda.

Jadi fokuslah kepada calon pembeli yang anda targetkan dan fahami mereka sehingga anda benar-benar menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya.

Baca Juga :   Peluang Bisnis 2018 Bagi Pemula Untuk Sarana Belajar

4. Akui kekurangan bisnis anda

Jelaskan kekurangan yang ada pada bisnis anda. Jangan paksakan mereka untuk menerima kekurangan anda.

Tetapi berusahalah memperbaiki dan menutupi kekurangan anda sehingga mereka yakin anda benar-benar bisa dipercaya.

Usaha anda untuk memperbaiki akan menunjukkan bahwa anda bisa dipercaya dan benar-benar serius ingin membantunya.

5. Berikan Garansi

Jika dalam hitungan finansialnya bisnis anda tidak menjadi tekor, maka memberikan garansi kepada konsumen juga menjadi langkah yang tepat untuk membangun citra bisnis anda.

Selain itu persiapkan layanan konsumen kapan saja agar mereka bisa mengadu dan berkonsultasi tentang branding yang sudah anda jual.

Hal ini juga akan menciptakan loyalitas kepada konsumen anda dan membuat mereka tetap terhunung dengan bisnis anda.

Begitulah beberapa tips sukses membangun citra bisnis anda dimata calon konsumen. Poin-poin ini perlu anda pegang dan praktekkan agar usaha anda akan mendatangkan hasil yang memuaskan.

Strategi branding bisnis diatas juga berlaku bagi pebisnis pemula. Untuk itu jika anda Berniat Mulai Bisnis Dari Nol? Ikuti 10 Langkah Sukses Ini. (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Inilah Hasil Seleksi Petugas Sensus Ekonomi BPS Kabupaten Bengkalis Badan Pusat Statistic (BPS) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau umumkan hasil seleksi rekruitmen petugas Sensus Ekonomi 2016 yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang. Nama-nama pelamar yang lolos s...
5 Cara Membentuk Tim Kerja Bisnis yang Solid dan Kompak Cara Membentuk Tim Kerja yang solid harus dipelajari oleh seorang Manajer atau pimpinan agar bisa menghasilkan sebuah produk bisnis yang baik dan berkualitas. Bagaimana cara membentuk tim kerja (T...
Inilah Bisnis Yang Laris Setiap Hari dengan Keuntugan Besar Top Info Bisnis – Bisnis yang laris setiap hari walaupun untungnya sedikit tetapi uangnya akan terus berputar. Dari perputaran uang ini bisa menunjukkan bahwa sebuah usaha berjalan atau tidak. Apa...
Model Kaos Olahraga Terbaru, Desainnya Paling Keren Bisnis – Pertumbuhan bisnis di Indonesia tak pernah ada matinya. Walaupun perkembangan nya relatif naik turun mengikuti trend perkembangan ekonomi dunia. Para pelaku bisnis akan selalu berinovasi demi...
Cara Mencari Jenis Usaha Bumdes Yang Punya Potensi Di Desa Bisnis – Untuk mencari jenis usaha Bumdes yang benar-benar punya potensi di desa sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Yang paling penting justeru bagaimana mengelola unit usaha yang sudah terbentuk agar...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top