Posisi Anda
Home > Bisnis > Berniat Mulai Bisnis Dari Nol? Ikuti 10 Langkah Sukses Ini

Berniat Mulai Bisnis Dari Nol? Ikuti 10 Langkah Sukses Ini

langkah bisnis

Top Info Bisnis – Mulai Bisnis dari nol biasanya dipandang suatu permasalahan berat oleh kebanyakan orang. Untuk itu butuh langkah-langkah jitu agar bisa sukses.

Apalagi mereka yang tidak memiliki background bisnis dalam keluarga dan lingkungannya. Dibutuhkan keberanian dan tekad yang kuat untuk bisa merintis usaha dari awal.

Hal ini tentu wajar saja, karena orang yang ingin berusaha tentu dalam benaknya tidak mau mengalami kerugian atau tekor. Jadi memang butuh pengetahuan Cara Mengatur Keuangan Bisnis Bagi Pemula Agar Tidak Rugi.

Karena tidak sedikit juga mereka yang berniat ingin terjun di dunia bisnis tetapi modal yang dimilikinya sangat-sangat minim.

Disini kami akan berikan 15 langkah jitu agar bisnis anda mencapai hasil yang gemilang dan sukses, walaupun anda seorang pemula yang baru mau belajar bisnis.

Oleh karena itu silahkan simak 15 Tips Sukses Mulai Bisnis Dari Nol dibawah ini :

1. Kuatkan Niat Dalam Hati

Apapun pekerjaan yang akan anda lakukan dibutuhkan sebuah niat dan tekad yang kuat dari dalam diri anda sendiri. Karena niat ini berbanding lurus dengan hasil.

Artinya jika niat anda kuat, tekad anda semangat maka hasilnya juga Insya Allah memuaskan. Dengan tekad baja itu pula anda tidak akan mudah menyerah menghadapi tantangan dan rintangan yang menhalalgi keinginan anda.

2. Tentukan model bisnis yang akan dijalani

Jika hati anda sudah mantap, maka coba gali informasi dan mulai menentukan arah model bisnis yang akan anda terjuni.

Untuk mulai bisnis dari nol sebaiknya dilakukan model usaha yang sejalan dengan karakter dan minat anda.

Hal ini akan sedikit mempermudah anda dalam memahami seluk beluk produk yang ingin anda tawarkan kepada konsumen. Karena sebelumnya anda memang sudah memahami karakter diri dan sedikit banyak punya pengetahuan tentang produk yang anda minati.

3. Visi dan Misi Terjun di Dunia Bisnis

Visi dan Misi juga diperlukan dalam dunia bisnis. Hal ini bertujuan angar anda memiliki pijakan yang jelas ketika sudah mulai menjalankan usaha.

Baca Juga :   Apa Saja Manfaat Royal Kiraz Dan Efek Sampingnya Terhadap Tubuh?

Misi bisnis yang bagaimana akan anda terapkan untuk mencapai tujuan dari Visi bisnis anda. Disaat anda mungkin sedang lupa atau lari dari koridor-koridor ketentuan bisnis, maka visi bisnis akan mengingatkan anda kembali.

4. Berpikir Kreatif Tentang Bisnis

Walaupun anda akan mulai bisnis dari nol, anda tetap dituntut untuk berfikir kreatif dalam menjalankan pekerjaan bisnis anda.

Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa kreatifitas menemukan ide-ide bisnis dan formula bisnis baru. Menemukan rumusan bisnis akan membuat anda tetap bertahan dimasa yang akan datang, walaupun terjadi pergeseran norma bisnis.

5. Manajemen Diri

Jika Anda tidak bisa mengorganisir dan mengontrol diri sendiri, bagaimana Anda akan memenej semua elemen bisnis Anda? Karena karakter pribadi juga berpengaruh tehadap kehidupan anda. Termasuk juga tentang bisnis.

Sebagai contoh, kalau pola tidur anda tidak teratur maka bisa jadi hidup anda kurang semangat. Karena diri tidak semangat otomatis pekerjaan pun jadi tidak maksimal. Dan hasilnya pun pasti tidak akan memuaskan.

6. Fokus dengan satu bisnis

Sebagai pemula yang mulai bisnis dari nol, seharusnya anda fokus pada satu bisnis terlebih dahulu. Walaupun terkadang datang tawaran model bisnis yang sepertinya lebih menguntungkan.

Jangan terburu-buru ingin mendapat keuntungan lebih dengan membuka bisnis baru. Pastikan usaha yang Anda kelola pertama sudah benar-benar stabil dan mapan.

7. Buka Diri Terhadap Kritikan

Terimalah jika ada orang yang mengkritik bisnis dan pekerjaan anda. Jangan mentang-mentang bisnis itu milik kita sendiri lantas apatis jika ada yang mencoba perhatian.

Bagaimanapun dibutuhkan proses belajar untuk mencapai keberhasilan. Tidak selamanya apa yang ada dalam pikiran kita benar menurut orang lain. Karena mereka menilai dari sudut pandang yang berbeda dengan kita.

Semakin anda terbuka terhadap kritikan maka akan semakin luas pengetahuan anda tentang dunia bisnis.

Baca Juga :   Kreatifitas Pengolahan Bonggol Pisang Jadi Peluang Bisnis Di Desa

8. Perhitungkan Modal usaha

Karena anda baru belajar mulai bisnis dari nol, maka sebaiknya gunakan modal anda sendiri. Jangan dulu mencari pinjaman atau bekerjasama dengan orang lain.

Hal ini secara tidak langsung akan menguatkan keyakinan anda dan semangat dalam menjalankan roda bisnis. Karena anda berfikir bahwa modal yang sudah anda keluarkan harus kembali dan bertambah.

Kalaupun terpaksa harus patungan dengan pihak lain, maka jelaskan sistemnya diatas kertas secara ‘hitam putih’. Supaya tidak terjadi cekcok dan kerugian bagi diri anda sendiri.

9. Tangkap Peluang Bisnis Secepat mungkin

Akhir-akhir ini perkembangan bisnis digital terasa begitu cepat pertumbuhannya. Ini salah satu contoh peluang bisnis yang mungkin perlu jadi perhatian.

Manfaatkan era internet dan IT sebagai media yang bisa menjadi ladang bisnis. Karena masyarakat pun sudah terpengaruh besar terhadap perkembangan digital ini.

Misalnya saja sudah banyak orang yang lebih memilih berbelanja online ketimbang harus repot-repot mencari di pasar atau ke pusat perbelanjaan.

10. Targetkan Pasar dan Calon Konsumen

Penting untuk menyasar target pasar dan calon konsumen yang tepat dalam menawarkan produk yang kita miliki. Meskipun produk kita sangat berkualitas, namun jika tidak piawai dalam merebut konsumen, maka hasilnya pun kurang maksimal.

Temukan cara yang cepat dan tepat untuk menyasar konsumen di pasaran. Sehingga kita akan lebih terarah dalam memasarkan produk kita.

Selain itu kita juga akan dapat memetakan persaingan terhadap produk sejenis yang dimiliki oleh pesaing bisnis kita.

Itulah antara lain 10 langkah meraih sukses jika anda berniat mulai bisnis dari nol. Juga jangan lupa agar anda selalu mencari pengetahuan tentang bisnis sebagai referensi sebelum menerjuni dunia bisnis.

Tidak hanya 10 tips diatas, anda juga harus mencari tahu Beberapa Penyebab Bisnis Bangkrut Yang Harus Anda Hindari Dan Cara Mengatasinya. (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Kelebihan Kulkas Merek Sharp Yang Perlu Anda Tahu Bisnis – Jika anda pengguna produk Sharp maka anda perlu tahu apa Kelebihan Kulkas Merek Sharp dibandingkan dengan lemari es lainnya. Karena masing masing vendor pasti memiliki kekurangan dan keunggul...
5 Ide Bisnis Kuliner Di Desa Yang Menjanjikan Selama Ramadhan Bisnis Desa – Bisnis Kuliner Di Desa biasanya mulai menjamur selama Bulan Ramadhan seperti halnya yang banyak terjadi di kota. Coba saja anda amati di simpang-simpang jalan di desa atau di depan ru...
Ide Budidaya Jamur Tiram Di Desa Sebagai Alternatif Jenis Usaha Bumdes Bisnis Desa – Budidaya Jamur Tiram bisa menjadi salah satu alternatif bagi pengurus Badan Usaha Milik Desa untuk dijadikan sebagai jenis unit usaha Bumdesa. Sebenarnya banyak sekali peluang usaha y...
Kreatifitas Pengolahan Bonggol Pisang Jadi Peluang Bisnis Di Desa Bisnis Desa – Pengolahan Bonggol Pisang menjadi berbagai macam produk yang bisa mendatangkan uang masih terasa asing oleh sebagian masyarakat desa. Padahal pohon pisang sendiri paling banyak kita dapa...
Peluang Usaha Bisnis Joybiz Bakal Heboh Tahun 2018, Daftar Sekarang ! Bisnis – Jika anda mencari jenis usaha yang diperkirakan akan booming pada tahun 2018, maka peluang bisnis joybiz adalah salah satunya. Oleh karena itu segera ambil kesempatan ini sekarang juga. Karen...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top