Posisi Anda
Home > Berita desa > Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintahan Desa #2

Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintahan Desa #2

domain-pedekikBengkalis – Pedekik.com. Tulisan ini merupakan lanjutan artikel bagian 1 tentang bagaimana cara membuat web resmi pemerintahan desa. Sebenarnya ini bukanlah hal baru atau hal yang sulit. Namun saya mencoba memposting ulang, barangkali bisa bermanfaat untuk desa-desa yang ingin memiliki website resmi sendiri dan minim tenaga operator yang mumpuni.

Kemaren sudah kita mulai sedikit gambaran untuk membuat web resmi desa. Untuk lebih sitematis, langkah-langkah membuat website resmi pemerintah desa adalah sebagai berikut :

1. Anda harus membeli sebuah domain. Domain resmi pemerintahan desa sudah di sediakan pemerintah yaitu .desa.id (dot desa dot id ) Contoh : www.pedekik.desa.id, www.kelapapati.desa.id, www.sebauk.desa.id dan lain-lain sesuai nama desa anda.

Untuk harga domain desa.id dan cara pembelian serta persyaratan yang dibutuhkan bisa anda lihat DISINI.

2. Setelah memiliki nama domain untuk desa anda, selanjutnya anda membutuhkan sebuah hosting untuk tempat anda meng-upload file-file yang akan di publikasikan nantinya. Sekaligus tempat anda mendesain atau menginstall template/tampilan dari website desa tadi.

Hosting untuk sebuah website mempunyai harga bervariasi. Biasanya bergantung dengan kapasitas bandwidth, space disk, dan fasilitas lainnya. Sebagai contoh bisa anda lihat DISINI.

Namun ada juga perusahaan yang menyediakan hosting gratis. Tentu dengan fasilitas dan kapasitas yang terbatas.

Baca Juga :   Setiap Rupiah Dana Desa, Harus Di Infokan Ke Warga. Pesan Wabup

3. Oke, anda sekarang saya asumsikan sudah punya domain dan hosting yang anda beli. Selanjutnya adalah membuat desain/tampilan website sesuai dengan keinginan anda.

Hal ini sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah. Karena hampir seluruh perusahaan server hosting sudah menyediakan berbagai macam CMS open source seperti wordpress, joomla dan lainnya. Sehingga kita tinggal memasang atau menginstall untuk menjadi tampilan website kita. Jika tidak begitu faham dengan hal seperti ini, kita bisa minta bantuan operator tempat kita membeli/menyewa hosting kita tadi.

Namun jika anda familiar atau berpengalaman dengan pemrograman desain web, anda bisa membuat desain web sendiri yang lebih bagus sesuai selera anda.

Seperti sudah saya singgung kemaren bahwa artikel tutorial ini sepertinya akan cukup panjang, jadi untuk langkah dan cara membuat web resmi pemerintah desa akan kita lanjutkan pada artikel selanjutnya.

Artikel bersambung ke bagian 3…….

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Mengenal Sistem Pilkades E-Voting, Begini Mekanismenya Info Desa, Pedekik.com - Di beberapa daerah sudah ada yang melaksanakan sistem pilkades e-voting dengan memanfaatkan teknologi. Walaupun pemilu dengan cara ini sejatinya ditargetkan untuk diterapkan p...
Begini Modul Program Inovasi Desa Untuk Cegah Korupsi Dana Desa Info Desa – Kementerian Desa PDTT telah membuat Modul Program Inovasi Desa bersama Komisi Informasi Pusat (KIP). Modul ini nantinya akan berguna untuk mencegah korupsi di level Pemerintahan Desa. H...
Lapangan Bola Desa Berkelas Dunia Ini Pake Dana Desa, Anggarannya 1,4 ... Top Info Desa – Lapangan bola desa bertaraf Internasional ini dibangun dari Dana Desa yang anggarannya cukup fantastis, 1,4 Milyar. Kebanyakan yang kita temui lapangan sepak bola di desa kondisinya...
Karang Taruna Perjuangan Pedekik Memberikan Santunan Kepada Anak Yatim Bengkalis - Karang Taruna Perjuangan Desa Pedekik Bengkalis lagi-lagi memberikan kontribusi yang positif sempena menyambut Hari Raya Idul Fitri 1434 H tahun ini. Sore tadi 2 Agustus 2013 Organisasi ke...
Penggunaan Dana Desa Untuk Fasilitas Olahraga, Bolehkah? Info Desa - Setiap tahun kucuran dana desa dari pemerintah pusat terus meningkat. Tahun 2017 secara rata-rata setiap desa mendapat jatah 700 juta lebih. Bahkan ditahun 2018 kemungkinan terjadi peningk...

7 thoughts on “Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintahan Desa #2

  1. Wah Boleh deh Oh ya Kalo Pakek Platfrom Blogger ,WordPrees atau Jomla kelebihan dan kekurangan Masing MAsing Apa Gan

  2. Permisi. Dapat dari soced saya mampir ke blog ini, setelah menghabiskan wakjtu ccukup lama membaca ternyata isi-isinya cukup menarik dan banyak konten yang sangat bermanfaat.
    Numpang izin komen dan shharing tulisan ke
    social media saya ya sekalian bar blog ini tambah banyak pembacanya.

    Jangan lupa dijupdate terus ya blognya.Sukaes Selalu

  3. dengan harga 500 rb anda sudah bisa mendapatkan scrip desa dari kami
    Untuk lebi jelasnya silahkan kunjungi
    http:/aplikasismartcity.com/Jual-Script-Web-Desa.html

    terimakasih

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top