Posisi Anda
Home > Berita desa > Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintahan Desa #2

Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintahan Desa #2

cara bikin web desa
domain-pedekik

Bengkalis – Pedekik.com. Tulisan ini merupakan lanjutan artikel bagian 1 tentang bagaimana cara membuat web resmi pemerintahan desa. Sebenarnya ini bukanlah hal baru atau hal yang sulit. Namun saya mencoba memposting ulang, barangkali bisa bermanfaat untuk desa-desa yang ingin memiliki website resmi sendiri dan minim tenaga operator yang mumpuni.

Kemaren sudah kita mulai sedikit gambaran untuk membuat web resmi desa. Untuk lebih sitematis, langkah-langkah membuat website resmi pemerintah desa adalah sebagai berikut :

1. Anda harus membeli sebuah domain. Domain resmi pemerintahan desa sudah di sediakan pemerintah yaitu .desa.id (dot desa dot id ) Contoh : www.pedekik.desa.id, www.kelapapati.desa.id, www.sebauk.desa.id dan lain-lain sesuai nama desa anda.

Baca Juga :   Inilah Hasil Seleksi Petugas Sensus Ekonomi BPS Kabupaten Bengkalis

Untuk harga domain desa.id dan cara pembelian serta persyaratan yang dibutuhkan bisa anda lihat DISINI.

2. Setelah memiliki nama domain untuk desa anda, selanjutnya anda membutuhkan sebuah hosting untuk tempat anda meng-upload file-file yang akan di publikasikan nantinya. Sekaligus tempat anda mendesain atau menginstall template/tampilan dari website desa tadi.

Hosting untuk sebuah website mempunyai harga bervariasi. Biasanya bergantung dengan kapasitas bandwidth, space disk, dan fasilitas lainnya. Sebagai contoh bisa anda lihat DISINI.

Namun ada juga perusahaan yang menyediakan hosting gratis. Tentu dengan fasilitas dan kapasitas yang terbatas.

3. Oke, anda sekarang saya asumsikan sudah punya domain dan hosting yang anda beli. Selanjutnya adalah membuat desain/tampilan website sesuai dengan keinginan anda.

Baca Juga :   Penemuan Bom Oleh Nelayan Meskom Bengkalis

Hal ini sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah. Karena hampir seluruh perusahaan server hosting sudah menyediakan berbagai macam CMS open source seperti wordpress, joomla dan lainnya. Sehingga kita tinggal memasang atau menginstall untuk menjadi tampilan website kita. Jika tidak begitu faham dengan hal seperti ini, kita bisa minta bantuan operator tempat kita membeli/menyewa hosting kita tadi.

Namun jika anda familiar atau berpengalaman dengan pemrograman desain web, anda bisa membuat desain web sendiri yang lebih bagus sesuai selera anda.

Seperti sudah saya singgung kemaren bahwa artikel tutorial ini sepertinya akan cukup panjang, jadi untuk langkah dan cara membuat web resmi pemerintah desa akan kita lanjutkan pada artikel selanjutnya.

Baca Juga :   Berita Bengkalis Terkini Tentang Bupati Herliyan Saleh Berikan Bimtek Kepada RT/RW

Artikel bersambung ke bagian 3…….

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Kantor Desa Terbakar, Seluruh Isinya Dan 2,6 Ton Raskin Ludes Top Info Desa – Kantor Desa terbakar habis meludeskan seluruh isi dan berkas-berkas penting serta 2,6 ton Beras Miskin (Raskin). Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 04.30 pagi Jum’at (15/2) dan ber...
Kepala Desa Pedekik Ke-1 H. MAKSUM IHSANKepala Desa Pedekik Ke-1Masa Bakti : 1980 - 1993   Profile H. Maksum Ihsan Nama Lengkap : H.Maksum Ichan Tempat Lahir    : Pedekik Tanggal Lahir    : 04-08-1937 ...
Alokasi Modal Bumdes Dapat Perhatian Khusus Dari Dana Desa Info Desa – Alokasi modal Bumdes dari dana desa perlu diperhatikan sebagai bagian untuk pembangunan ekonomi desa. Walaupun pemerintah tahun 2018 ini juga focus kepada proyek padat karya di desa. Ha...
Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pedekik Sukses Menjalankan Tugasnya Pad... Bengkalis - Pemilihan Umum Gubernur Riau Putaran Pertama telah sukses dilaksanakan di Desa Pedekik. Event akbar Provinsi Riau yang diadakan tanggal 4 september kemaren, telah sukses mengantarkan pasan...
Studi Banding Kepala Desa Keluar Negeri Dilepas Resmi Oleh Menteri Des... Top Info Desa – Studi banding Kepala Desa untuk diberangkatkan keluar Negeri dilepas secara resmi oleh Menteri Desa Eko Putro kepada 40 orang Kades dan pendamping desa. Sebagaimana diketahui, sebel...

9 thoughts on “Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintahan Desa #2

  1. Wah Boleh deh Oh ya Kalo Pakek Platfrom Blogger ,WordPrees atau Jomla kelebihan dan kekurangan Masing MAsing Apa Gan

  2. Permisi. Dapat dari soced saya mampir ke blog ini, setelah menghabiskan wakjtu ccukup lama membaca ternyata isi-isinya cukup menarik dan banyak konten yang sangat bermanfaat.
    Numpang izin komen dan shharing tulisan ke
    social media saya ya sekalian bar blog ini tambah banyak pembacanya.

    Jangan lupa dijupdate terus ya blognya.Sukaes Selalu

  3. dengan harga 500 rb anda sudah bisa mendapatkan scrip desa dari kami
    Untuk lebi jelasnya silahkan kunjungi
    http:/aplikasismartcity.com/Jual-Script-Web-Desa.html

    terimakasih

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top