Posisi Anda
Home > Berita desa > Cara Daftar Email PNS Untuk Persyaratan Membuat Web Desa

Cara Daftar Email PNS Untuk Persyaratan Membuat Web Desa

PNSMail

Info Desa – Cara daftar email PNS di website pnsmail.go.id tidak bisa dilakukan melalui form online seperti pembuatan email pada umumnya. Biasanya jika kita mau membuat email seperti gmail atau yahoomail tinggal mengisi formulir online yang di sediakan. Namun untuk pnsmail tidak demikian halnya. Melainkan dengan cara mengajukan permintaan kepada adminnya agar mendaftarkan email yang kita inginkan.

Sebagaimana yang pernah saya informasikan pada artikel Persyaratan Membuat Website Desa Yang Harus Dipenuhi, bahwa untuk mengajukan pendaftaran domain resmi pemerintahan desa, harus memiliki akun di website domain.go.id terlebih dahulu yang di sediakan oleh Kemenkominfo. Sementara untuk membuat akun di web tersebut wajib menggunakan email PNS resmi dari pemerintah.

Bagi PNS memang diharuskan memiliki email pribadi yang menggunakan domain .go.id. Hal itu biasanya cukup dengan memiliki email yang di buat melalui fasilitas webmail website resmi instansinya. Contoh, kalau PNS yang bekerja di lingkungan pemda Kabupaten Bengkalis, cukup punya email dengan alamat namaPNS@bengkaliskab.go.id. Atau kalau PNS yang bekerja di Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, cukup bikin email namaPNS@disdik.bengkaliskab.go.id dan lain-lain.

Lantas untuk kasus pengajuan domain resmi desa yang harus menggunakan email PNS, sementara perangkat desa atau sekdesnya tidak ada yang PNS, bagaimana caranya ?

Baik, dalam masalah ini jika desa ingin mengajukan domain, buat dulu akun email di PNSMail.go.id. Terus caranya bikinnya ?

Nah, inilah yang akan kita bahas sekarang. Yaitu Cara Daftar Email PNS Untuk Persyaratan Membuat Web Desa.

Seperti juga yang dulu pernah saya singgung sedikit di pembahasan syarat yang harus di penuhi sebelum bikin web desa, bahwa untuk bisa memiliki email PNS ini dengan cara minta bantuan admin pengelola PNSMail untuk membuatkannya. Namun kalau kita perhatikan dengan kemajuan aplikasi web saat ini, cara seperti itu sudah ketinggalan jaman.

Coba kalau di siapkan form pendaftaran di sana, dan pendaftar tinggal isi formulir, kan sangat simpel. Padahal kalau kita pikir lagi, jika sistem itu terus yang digunakan, cukup merepotkan. Kenapa ? Karena adminnnya harus membuatkan akun untuk desa yang jumlahnya mencapai 74 ribu. Ribet ?!

Mungkin perkiraan saya tujuan mereka menggunakan cara seperti itu mau memastikan bahwa yang minta buatkan email itu benar-benar perangkat desa atau sekretaris desa ?! Kalau cuman itu masalahnya, mudah saja kok. Tinggal pake tahap verifikasi. Kalau data yang di minta dan dilampirkan waktu ngisi formulir benar, ya di terima. Kalau nggak, di beritahu saja kepada pendaftar permintaanya tidak bisa di proses, sekalian sebutkan alasannya.

Tapi saya yakin kedepan metode itu akan di perbaiki oleh adminnya. Jadi sekarang ga perlu kita bahas hal itu lebih dalam. Langsung saja kita fokus kepada Cara mendapatkan email PNS bagi desa yang akan membuat akun di domain.go.id.

Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa tutorial ini di peruntukkan bagi desa yang di kantornya tidak ada sama sekali perangkat atau sekdes yang PNS. Kalau sekdesnya dari PNS dan sudah punya email PNS pribadi, langsung saja pake email tersebut untuk membuat akun di domain.go.id.

Baca Juga :   Di Desa ini, Semua Warga Harus Mematikan Televisi Selama 2 jam

Untuk itu silahkan anda simak langkah untuk meminta dibuatkan akun email PNS di web PNSMail.go.id sebagai berikut :

1. Kirim Email Permintaan/Permohonan
Kirimlah email permohonan ke alamat email pendaftaran@pnsmail.go.id.

Anda boleh mengirim email permohonan tersebut dari akun email pribadi anda, terserah email apa saja, boleh gmail, yahoo, hotmail dan lain-lain.

2. Tuliskan Email Permohonan tersebut dengan format seperti di bawah :

Kepada YTH, Bapak Admin pnsmail.go.id

Semoga Bapak dalam keadaan sehat dan sukses selalu dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Sehubungan dengan permenkominfo No. 5 Tahun 2015, kami bermaksud ingin membuat/memiliki email PNS di pnsmail.go.id. guna untuk mendaftarkan domain resmi desa.id di Domain.go.id.

Oleh karena itu kami mohon kepada bapak admin untuk bisa membuatkan akun email untuk keperluan tersebut di atas.

Adapun data identitas kami adalah sebagai berikut :

Nama                              : Joko Yusuf
Jabatan                          : Perangkat Desa (Kaur Tata Usaha)
Unit Kerja                      : Kantor Desa Maju Jaya
Nomor HP                     : 0123456789
Email yang di ajukan  : joko.majujaya@desa.pnsmail.go.id
Lampiran                       : SK Pengangkatan Perangkat Desa

Demikian surat permohonan ini kami buat dengan i’tikad baik dan bisa di proses untuk kemajuan desa kami.

( Ket : Ganti tulisan warna merah dan sesuaikan dengan data anda )

3. Lampirkan SK Pengangkatan
Upload scan/photo SK pengangkatan perangkat yang namanya di daftarkan di atas pada tab lampiran file yang ada di email anda.

4. Tunggu Email Balasan
Setelah anda kirim email permohonan tersebut, tinggal tunggu balasan dari admin PNSMail. Untuk proses pembuatan akun email tersebut biasanya membutuhkan waktu paling lama 4 hari kerja.

Jika permintaan anda di setujui, maka anda akan mendapatkan email balasan yang berisi Username dan Password anda dan petunjuk selanjutnya.

Kira-kira penampakan email balasannya seperti gambar di bawah ini :

email balasan

5. Selesai
Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk yang ada pada email balasan.

Setelah berhasil mendapatkan akun email PNS, silahkan anda menuju www.domain.go.id untuk proses pembuatan akun di sana guna mendaftarkan domain resmi desa.id yang anda inginkan.

Demikian saja kiranya langkah-langkah Cara Daftar Email PNS Untuk Persyaratan Membuat Web Desa. Jika belum jelas, tanyakan lewat kolom komentar di bawah. Mudah-mudahan ada manfaatnya dan bisa dibagikan ke sahabat penggiat desa yang lain.

Jika pembaca tidak keberatan, sudilah kiranya untuk memberi sedikit apresiasi terhadap artikel ini dengan klik LIKE Fan Page Facebook Berita kami yang ada di samping kanan web ini.

Akhirnya sebelum anda meninggalkan halaman cara bikin email ini, mungkin juga anda ingin tahu tentang Program Jaringan Internet Gratis Seluruh Indonesia, 500 Desa.

Cara Daftar Email PNS Untuk Persyaratan Membuat Web Desa was last modified: April 27th, 2016 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Program Internet Desa Kementerian Komunikasi dan Informatika optimistis Program Desa Punya Internet dapat direalisasikan sepenuhnya pada 2011 meskipun target yang disampaikan kepada Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2015....
Penggunaan Dana Desa Untuk Fasilitas Olahraga, Bolehkah? Info Desa - Setiap tahun kucuran dana desa dari pemerintah pusat terus meningkat. Tahun 2017 secara rata-rata setiap desa mendapat jatah 700 juta lebih. Bahkan ditahun 2018 kemungkinan terjadi peningk...
Persyaratan Membuat Pengantar Akte Kelahiran Ke Kantor Camat Bengkalis Untuk Warga Negara Indonesia yang belum memiliki Akte Kelahiran berhak untuk mendapatkan Pencatatan Kelahiran (Akte Kelahiran). Baik Ia baru lahir atau pun sudah berumur. Berikut ini adalah Persyar...
Sejarah Tanaman Karet Di Indonesia Tanaman Karet di temukan pertama kali di Benua Amerika. Pada saat Christopher Columbus menemukan Benua Amerika pada tahun 1476, ia melihat suku asli Amerika, Indian bermain bola dengan sesuatu yang bi...
Jelang Ramadhan 1435 H Bersihkan Makam Sesepuh Perintis Desa Pedekik Bengkalis - Bulan Ramadhan 1435 H sebentar lagi akan menjelma. Sudah menjadi kebiasaan masyarakat islam di Indonesia berziarah ke makam para arwah keluarga yang sudah meninggal dunia. Tidak ketinggala...
Pembagian Tupoksi Dan Kewenangan Dua Kementerian Terhadap Pemerintahan... Berita Desa - Pedekik.com, Setelah terjadi polemik dan kerancuan terhadap kewenangan pengurusan pemerintahan desa beberapa waktu lalu, akhirnya Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Presiden...
Tahun 2018 Jumlah Dana Desa Direncanakan 1,6 Milyar per Desa Info desa - Pemerintah RI melalui Kementerian Desa PDTT mengambil perhatian serius dalam membangun Indonesia dari desa. Hal ini dibuktikan dengan dialokasikannya dana desa dari Pemerintah pusat kepada...
Syarat Pembuatan Surat Keterangan Pemilikan Tanah ( SKRPT ) Untuk Tana... Persyaratannya: Fotokopy KTP pemilik tanah yang masih berlaku; Mengisi Formulir Surat Pernyataan Pemilikan Tanah dan Surat Pernyataan Tidak Bersengketa (telah disediakan); Mengisi Formulir Sur...

Leave a Reply

Top