Posisi Anda
Home > Unik > Desa-Desa Paling Unik Di Indonesia Dari Segi Namanya

Desa-Desa Paling Unik Di Indonesia Dari Segi Namanya

Gambaran desa Indonesia

Unik – Desa desa di Indonesia banyak yang memiliki keunikan dan keanehan tersendiri. Baik dari sisi sejarah, prilaku masyarakat, budaya, lokasi dan juga dari segi namanya. Namun yang paling dominan biasanya keunikan desa itu kebanyakan dari adat-istiadat atau kebudayaan masyarakatnya.

Seperti di kalimantan Tengah yang dikenal dengan budaya Tiwah, yakni ritual suku dayak dalam mengantar roh ke alam baka. Atau Budaya Kebo-keboan di Banyuwangi yang diadakan setahun sekali. Ada juga budaya Tabuik di Pariaman Padang, Pasola di Sumba dan Makepung di Bali.

Contoh lainnya desa yang ada di Pulau Bengkalis. Kebiasaan penduduknya jika tiba Hari Raya Idul Fitri saling berkunjung dari rumah ke rumah selama 5 hari. Jadi tidak ada penduduk kampung tersebut yang tidak masuk ke rumah penduduk lainnya di kampung itu.

Setiap rumah menyediakan makanan khas lebaran ketupat lengkap dengan lauk-pauknya. Dalam satu hari ada sekitar 60 rumah yang harus di kunjungi. Jadi kalau di satu rumah kita makan satu buah ketupat, maka hari itu kita akan makan 60 buah ketupat lebaran bersama menu lainnya.

Selain itu sebutan untuk desa sendiri di nusantara ini berbeda-beda. Mulai dari sebutan desa yang paling umum, kampung, nagari, Gampong kalau di Aceh dan banyak lagi mengikut bahasa daerah masing-masing.

Nama desa biasanya lahir dari sejarah terbentuknya desa tersebut. Ada juga yang namanya berasal dari nama orang yang pertama menghuni kampung itu. Yang lain muncul karena kondisi alam nya. Tapi ada juga yang namanya memang di sepakati bersama antar warga. Biasanya ini desa yang terbentuk karena sama-sama mau menjadikan suatu wilayah itu menjadi desa. Atau desa-desa pemekaran yang memang sudah direnacanakan terbih dahulu seperti yang banyak terjadi sekarang ini.

Dari sekian banyak keunikan dan keanehan yang ada, ternyata ada desa di negara kita yang juga terbilang cukup unik bahkan lucu kalau di lihat dari namanya. Kenapa unik, aneh, lucu ? Coba simak beberapa nama desa di bawah ini.

Inilah desa-desa paling unik dan terkesan menggelikan di Indonesia kalau di sebutkan namanya :

1. Desa Cawet
Ya, Cawet. Ini nama desa, bukan celana dalem. Orang Jawa nyebut celana dalam ada yang make sebutan Cawet.

Desa ini berada di Pemalang, Jawa Tengah. Tepatnya di Kecamatan Watukumpul. Sekitar 50 Km dari Kota Pemalang. Konon nama Cawet berasal dari kata Cawitali. Yaitu nama orang yang pertama menghuni dan merintis desa itu.

plang nama desa

2. Desa Pacar Peluk
Apakah masyarakat di desa itu banyak yang berpacaran dan saling berpelukan? Jangan berprasangka buruk dulu. Namun sepertinya tidak banyak yang mempublikasikan asal usul nama desa itu. Buktinya sedikit sekali informasi tentang gambaran desa ini kalau di telusuri lewat google.

Namun desa ini benar-benar ada. Letaknya di Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang Jawa Timur. Kode pos nya 61457. Tentu termasuk desa yang paling unik jika nama desa itu di pisahkan jadi frashe tersendiri.

3. Desa Koplak
Nama desa paling unik dan aneh berikutnya adalah Desa Koplak. Koplak dalam bahasa Jawa bersinonim dengan bodoh, goblok, dungu, dan sejenisnya. Namun konteksnya biasa dipakai antar sesama teman sepergaulan. Konotasinya kira-kira agak sedikit akrab dan halus ketimbang harus mengatai teman dengan goblok atau dungu.

Baca Juga :   Program Desa Broadband Terpadu Kabupaten Bengkalis 2016, 7 Desa

Tidak banyak sumber yang menceritakan kenapa Koplak ini dijadikan nama desa. Yang jelas orang akan sedikit geli hati kalau melewati desa ini jika tahu maksud kata koplak itu.

Posisinya berada di seberang kampus UII Jogyakarta. Kilometer 14,5 lebih kurangnya di ruas jalan Kaliurang. Tepatnya di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman Yogyakarta.

4. Desa Pocong
Kalau Pocong pasti semua orang sudah faham. Ceritanya sebab desa ini diberi nama Pocong karena dulu sejarahnya sebelum menjadi sebuah desa, setiap ada orang meninggal dunia di daerah itu pasti menjadi pocongan.

Kondisinya waktu itu masih banyak semak belukar di wilayah ini. Penghuninya belum banyak. Bahkan pocongan orang yang sudah mati tersebut berkeliaran di sekitar lokasi itu sampai 40 hari lamanya.

Akhirnya orang-orang yang tinggal di sekitar daerah tersebut sepakat membuka hutan semak belukar tadi untuk dijadikan perkampungan. Sehingga akan banyak orang yang bermukim disitu dan harapannya agar pocong yang muncul jika ada orang meningal tersebut hilang.

Nah, Desa Pocong ini berada di Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur.

5. Desa Bokong
Hayo… apa yang terbayang oleh kamu kalau di sebut nama Desa Bokong ? Aneh kan ? Ini salah satu desa unik di nusantara. Pasti jadi ingin tersenyum kalau mendengar nama desa ini.

Posisinya berada di Kecamatan Toianas, yakni kecamatan yang masuk dalam Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Kode pos desa ini 85574.

Belum jelas juga kenapa desa ini bernama Bokong. Mungkin saja bokong punya arti positif dalam bahasa daerah di desa tersebut. Sehingga desa ini menjadi unik dan agak aneh.

6. Desa Toket
He..he.. Lucu kan ? ini sebuah nama desa yang unik di Pamekasan. Kenapa jadi unik? Karena kata toket tentu konotasinya jadi berbau pornografi. Tapi desa ini benar-benar ada yang lokasi persisnya di Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, Madura.

Tapi jangan sembrono dulu dengan namanya yang unik itu. Ternyata masyarakat desa ini pada pintar membatik. Dan batik menjadi produk andalan dari desa Toket ini.

7. Desa Pedekik
Apa keunikan dari nama desa ini ? Ya, ini nama desa yang benar-benar unik dari namanya. Karena kata Pedekik tidak ada dalam kamus bahasa manapun. Sehingga kata Pedekik tidak memiliki arti atau makna sama sekali.

Termasuk dalam bahasa Jawa sekalipun, walaupun yang menjadi mayoritas penduduk desa ini suku Jawa. Namun bagaimanapun nama desa Pedekik ini memiliki sejarah tersendiri.

Untuk mengetahui sejarah singkat desa Pedekik ini, dan termasuk dari mana kata itu berasal sehingga menjadi nama sebuah desa, silahkan anda baca Sejarah Singkat Desa Pedekik.

Itulah diantara desa-desa paling unik namanya yang ada di Indonesia. Sebenarnya kita masih banyak mempunyai keunikan-keunikan lainnya dari seantero Nusantara.

Bukan hanya nama desa, peristiwa dan kejadian-kejadian aneh pun banyak kisahnya. Apalagi yang ber unsur mistik dan misteri. Nah selain desa unik mungkin anda juga tertarik untuk mengetahui Pualu-Pulau Unik Dengan Bentuk Paling Aneh Di dunia.

Desa-Desa Paling Unik Di Indonesia Dari Segi Namanya was last modified: April 20th, 2016 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Kisah Unik dan Nyata, Isteri Manager Kesehatan ini tak bisa pakai Hand... Berita Unik - Namanya Debbie Bird, ia adalah seorang isteri manager kesehatan spa. Sebagai manager tentu sedikit banyak kehidupan ekonominya terlihat mapan. Apalagi hidup di zaman ini mestinya tidak t...
Jumlah Penduduk Desa Ini Hanya 1 Orang Unik - Jumlah penduduk desa yang tinggal di perkampungan ini hanya 1 orang. Padahal dulunya ramai yang menghuni kampung tersebut. Apakah desa ini termasuk daerah ekstrim ? Di zaman se moderen ini s...
Makhluk Aneh Mengerikan Ditemukan Terdampar di Pinggir Danau Unik - Seekor makhluk aneh yang bentuknya terbilang unik di temukan oleh seorang yang sedang berjalan di tepi danau. Bentuk kepalanya seperti ikan lumba-lumba dan paduan kepala buaya. Bentuk badanya s...
Konsep Rumah Terbalik Ini Ternyata Berada Di Indonesia Unik, Pedekik.com - Konsep rumah terbalik ternyata di Indonesia juga ada. Di luar negeri rumah terbalik ada di negara China. Dari luar sampai ke dalamnya semua terbailik. Termasuk isinya. Rumah ini...
Peristiwa Unik, Anak 7 Tahun Tak Mati Walau Dilindas Mobil Berita Unik - Adalah seorang anak yang masih berumur 7 tahun kelahiran Inggeris, memiliki keajaiban diluar normal. Ia selalu mengalami peristiwa unik dalam hidupnya. Bocah bernama Olivia Farnswoth itu...
Bayi Mumi di Jambi ini Sudah 37 Tahun Dalam perut Seorang Ibu Unik, Pedekik.com - Bayi Mumi di Jambi yang telah dikandung seorang Ibu berhasil diangkat oleh dokter Rumah Sakit Raden Mattaher. Uniknya,tanpa disadari bayi tersebut telah bersemayam selama 37 tahun ...
Dapat 20 Milyar dalam Satu malam, Pria ini Kaya Mendadak Unik - Seorang pria menjadi kaya mendadak setelah mendapatkan uang 10 Milyar rupiah dalam 1 malam. Pria Australia yang berasal dari Point Cook, wilayah barat Melbourne ini seolah tidak percaya kalau d...
Kisah nyata Hantu Santri di Lamongan yang Hidup kembali Unik, Pedekik.com - Kisah nyata hantu seorang santri yang sudah meninggal kemudian hidup kembali ini rupanya sudah masyhur di daerah Lamongan. Termasuk daerah di sekitar Kabupaten Lamomgan. Di lans...

Leave a Reply

Top