Posisi Anda
Home > Bengkalis > Pedekik Wakili Lomba BBGRM Tingkat Kabupaten Bengkalis 2015

Pedekik Wakili Lomba BBGRM Tingkat Kabupaten Bengkalis 2015

Penilaian lomba BBGRM

IMG_2918

Bengkalis – Pedekik.com, Pemerintah Desa Pedekik beberapa hari lalu di sambangi oleh Tim penilai Lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Tingkat kabupaten. Berjumlah lebih kurang 5 orang dari bererapa SKPD yang ada di Bengkalis, tim penilai tiba lebih kurang pukul 09.00 Wib di aula Kantor Desa Pedekik. Ini merupakan tahun pertama di diadakannya Lomba BBGRM Tingkat Kabupeten Bengkalis.

Untuk program lomba BBGRM tingkat nasional, tahun 2015 ini merupakan lomba gotong royong yang ke-12. Sementera Kabupaten Bengkalis sendiri baru tahun ini ikut aktif dalam program Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat tersebut.

“Sebenarnya lomba seperti ini bukan merupakan program baru pemerintah. Karena dulu sudah ada dan lebih dikenal dengan program bulan bhakti LKMD.” Demikian jelas Bapak H. Irman dari BPM-PD Bengkalis.

Adapun desa Pedekik telah di percaya untuk mewakili Kecamatan Bengkalis dalam lomba BBGRM tingkat Kabupaten tahun 2015. Hal ini mungkin didasarkan bahwa Pedekik pernah meraih Juara III lomba Kebersihan tingkat Kabupaten pada tahun 2013.

Terlepas dari itu, kita akan berusaha melaksanakan apa yang sudah di amanahkan oleh pihak kecamatan. Tentunya dengan harapan bisa meraih prestasi di bidang pelestarian Gotong Royong Masyarakat hingga tingkat nasional. Sebagaimana yang pernah di raih oleh desa Seminai Kabupaten Siak pada acara serupa tahun 2014 kemaren.

Dimana pemerintah Siak melalui desa Seminai berhasil menyabet peringkat II Nasional. Dan Pemerintah Kota Dumai menduduki peringkat III Nasional untuk kategori kelurahan yang di wakili oleh Kelurahan Dumai Kota pada tahun yang sama.

Lomba BBGRM ( Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ) merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh Dirjen PMD Kementerian Dalam Negeri dengan dasar hukum Permendagri No. 42 Tahun 2005 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat.

Dijelaskan dalam peraturan menteri tersebut bahwa nilai-nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang di masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa, perlu dilestarikan secara berdayaguna dan berhasilguna untuk memperkuat integrasi sosial masyarakat di desa dan kelurahan serta memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga :   Kabut Asap Di Bengkalis Semakin Memprihatinkan

IMG_2926   IMG_2925

Dalam sambutan yang disampaikan Kabid Kelembagaan dan Pemberdayaan Kemasyarakatan BPMPD Bengkalis menjelang dilakukan penilaian, bahwa nanti pada bulan Mei setiap desa harus melakukan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat selama satu bulan. Dimana melibatkan elemen masyarakat dan lembaga kemasyarakatan yang ada di desa. Seperti Tim Penggerak PKK, Karang Taruna, LPMD, RT/RW dan masyarakat umum.

“Gotong royong bukan hanya yang bersifat pekerjaan fisik. Tapi dari berbagai bidang bisa dilakukan gotong royong. Sesuai dengan pengertian Gotong royong yang tertuang dalam Permendagri No. 42, yaitu Gotong royong merupakan kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.” Lanjut H. Irman, SH.

Beliau juga memberi arahan bahwa beberapa poin yang menjadi penilaian Lomba BBGRM Tingkat Kabupaten Bengkalis ini diantaranya :

  • Gotong royong bidang Kamtibmas
  • Gotong royong bidang Ekonomi
  • Gotong royong bidang Sosial Budaya dan Agama
  • Gotong royong bidang Lingkungan, dan
  • Gotong royong bidang Kesehatan

Bidang-bidang tersebut meliputi berbagai macam kegiatan masyarakat dan program pemerintahan desa. Seperti pembangunan sarana air bersih, penertiban poskamling, pengembangan usaha mikro dan lain-lain.

Beberapa tim penilai Lomba BBGRM Tingkat Kabupaten Bengkalis yang hadir kemarin diantaranya dari :

  1. Dinas Kesehatan Bengkalis
  2. Dinas Koperasi Bengkalis
  3. Satpol PP Bengkalis, dan
  4. Badan Pemberdayaan Masyarakat Bengkalis sendiri.

Penilaian lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat tersebut berakhir sekitar pukul 12.00 siang. Tentunya dengan ditunjuknya desa Pedekik mewakili Kecamatan Bengkalis ini mudah-mudahan akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Apalagi kalau bisa ikut hingga tingkat nasional. ( evo )

Pedekik Wakili Lomba BBGRM Tingkat Kabupaten Bengkalis 2015 was last modified: April 4th, 2016 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

PNPM Mandiri Bengkalis Programkan 18 Titik Sumur Bor Pedekik Bengkalis - pedekik.com, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri ( PNPM Mandiri ) yang sudah berjalan sejak masa pemerintahan Presiden SBY hingga kini masih berjalan sukses. Program PNPM yang...
Bupati Bengkalis Resmikan Pembukaan Pameran TTG BENGKALIS - Penyelenggaraan pameran teknologi tepat guna (TTG) di Kabupaten Bengkalis di Buka secara resmi oleh wakil Gubernur Riau Mambang Mit dan Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh di lapangan tugu j...
Daftar Antrian E-KTP Di Dinas Capil Bengkalis 14.000 Jiwa Bengkalis - Daftar E-KTP di Disdukcapil Bengkalis yang nunggu antrian untuk di cetak menumpuk hingga 14.000 lembar. Hal ini membuat dinas kependudukan dan pencatatan sipil harus bekerja keras untuk me...
Polsek Bengkalis Adakan Operasi Cipta Kondisi Pada Malam Hari Bengkalis - Polsek Bengkalis dalam rangka mewujudkan kamtibmas di wilayah Kecamatan Bengkalis mengadakan Patroli Rutin di beberapa titik bersama dengan Satlantas dan anggota piket dari Kepolisian Reso...
Program Imigrasi Bengkalis Ini Permudah Layanan Masyarakat Bengkalis - Kantor imigrasi Bengkalis kembali membuat terobosan program untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini tentunya merupakan kabar gembira bagi warga masyarakat yang akan...

Leave a Reply

Top