Posisi Anda
Home > Bengkalis > Berita Bengkalis Terkini Tentang Bupati Herliyan Saleh Berikan Bimtek Kepada RT/RW

Berita Bengkalis Terkini Tentang Bupati Herliyan Saleh Berikan Bimtek Kepada RT/RW

Bupati Herliyan Saleh
Bimtek RTdan RW
Gambar para aparat RT/RW Pedekik adalah ilustrasi berita semata.

Bengkalis Terkini – Pedekik.com, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan jajaran penjabat RT/RW telah diberikan Bimbingan Teknis ( Bimtek ) oleh Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh. Acara bimtek RT/RW yang dilaksanakan di Kecamatan Pinggir Bengkalis ini memberikan pencerahan atau penegasan tentang tugas pokok dan fungsi kelembagaan masyarakat di tingkat RT/RW.

Dalam kesempatan itu Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh menyampaikan bahwa ketua RT/RW diharapkan bisa terus meningkatkan kualitas dari pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai garda terdepan dibawah pemerintahan desa atau Kelurahan.

Acara yang diikuti sekitar 150 orang dari jajaran aparat RT/RW dan kelembagaan masyarakat dari dua kelurahan, yakni Kelurahan Balai Raja dan Titian Antui tersebut diadakan di Aula Rumah Yatim Balai Raja pada hari Sabtu 7 maret 2015 kemarin.

Sepertinya program pembekalan bimbingan teknis kepada RT/RW dan kelembagaan masyarakat di tingkat kelurahan ini merupakan acara yang jarang di buat oleh pemerintahan desa atau kelurahan. Apalagi di hadiri dan dibuka langsung oleh Bapak Bupati. Sehingga bisa dikatakan hal semacam ini menjadi gagasan Bengkalis Terkini guna meningkatkan kualitas kerja dari para pengurus RT/RW di wilayah Kabupaten Bengkalis.

Para aparat RT/RW diminta mampu membaca situasi dan kondisi wilayahnya secara optimal. Guna untuk mengantisipasi munculnya hambatan, gangguan dan ancaman ke permukaan.

“Setiap pendatang baru harus didata dan melaporkan diri darimana asal usulnya. Apakah memiliki identitas yang lengkap atau tidak. Karena bisa saja orang itu menimbulkan keresahan di masyarakat. Seperti pencuri, pengedar narkoba dan lain-lain.” Terang Herliyan Saleh.

Berbicara tentang kelembagaan masyarakat dimana RT/RW bukanlah bagian dari administrasi pemerintahan. Melainkan pembagian wilayah dibawah desa dan pembentukannya berdasarkan musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh desa.

Baca Juga :   Data Laporan Bulanan Maret 2014

Namun demikian RT dan RW merupakan organisasi kemasyarakatan yang diakui dan dibina oleh pemerintah untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia yang berdasarkan kegotongroyongan dan kekeluargaan serta untuk membantu meningkatkan kelancaran tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di desa dan kelurahan.

Adapun fungsi dari RT dan RW menurut Permendagri No. 05 Tahun 2007 diantaranya :

  • Memelihara keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antar warga.
  • Melakukan pendataan kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintahan.
  • Membuat gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat.
  • Sebagai penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya.

Melihat dari tugas dan fungsi RT/RW diatas tidak berlebihan jika pemerintah kini menggalakkan gotong royong. Hal ini dibuktikan dengan adanya program pemerintah berupa lomba bulan bhakti gotong royong masyarakat yang diadakan setiap tahun. Seperti juga yang tahun ini di ikuti oleh desa pedekik untuk mewakili Lomba BBGRM Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2015.

Kembali kepada berita Bengkalis terkini sesuai dengan judul diatas, Bupati Herliyan Saleh menghimbau kepada RT dan RW untuk bisa mengetahui secara persis kondisi wilayahnya agar permasahan yang timbul bisa di deteksi sejak dini.

Hadir juga dalam acara pembekalan bimbingan teknis kepada kelembagaan masyarakat dan RT/RW di Kecamatan Pinggir tersebut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa Kabupaten Bengkalis H. Ismail, Camat Pinggir Bapak Nazli, Ketua komisi I DPRD Bengkalis dan beberapa anggota DPRD dari daerah pemilihan Mandau serta Lurah Kelurahan Balai Raja dan Kelurahan Titian Antui.

Kita sebagai masyarakat tentunya sangat mengharapkan agar program Bimtek kepada RT/RW dan kelembagaan masyarakat ini bisa dilakukan di daerah-daerah lain di Bengkalis. Sehingga para penjabat kelembagaan tersebut bisa lebih meningkat kualitas kerjanya dalam berpartisipasi melaksanakan pembangunan daerah. ( evo )

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

PNPM Mandiri Perdesaan Rehab Ruang Belajar MTS Nurul Jadid Pedekik Bengkalis - Mts Nurul Jadid Pedekik mendapat bantuan rehab ruang belajar  dua lokal beserta mobilernya dari program  pnpm mandiri perdesaan. Ruang belajar dua lokal dan mobilernya berupa meja kursi 60...
Turnamen Futsal Pepda Cup, Motivasi Olahraga Pemuda Bengkalis Bengkalis - Pedekik.com. PEPDA, Pemuda Pembangun Desa atau yang lebih dikenal dengan PEPDA merupakan salah satu Organisasi Pemuda di Desa Pedekik yang berdomisili tepatnya di Dusun III Pedekik Dar...
MTQ Kecamatan Bengkalis Dibuka Bupati Amril Mukminin Bengkalis - Mtq Kecamatan Bengkalis telah dibuka pada hari Minggu malam oleh Bupati Amril Mukminin secara langsung. Acara MTQ tingkat Kecamatan Bengkalis 2016 ini dipusatkan di halaman kantor camat Be...
Alokasi Dana Desa Dari APBN Pusat TA 2015 Untuk Kabupaten Bengkalis Se... Bengkalis - Tahun 2015 mendatang Pemerintah akan mengucurkan dana desa sebesar 9,1 Triliyun untuk seluruh desa yang ada di Indonesia. Dana ini akan di alokasikan bersamaan dengan dana transfer ke daer...
Koramil Bengkalis Mengadakan Karya Bhakti Di Monumen Perjuangan Pedeki... Bengkalis - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun TNI ke-68 jajaran Koramil Bengkalis mengadakan Karya Bhakti dengan melakukan normalisasi dan pembersihan Tugu Monumen Perjuangan yang berlokasi di d...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top