Posisi Anda
Home > Lifestyle > Begini Mengatasi Radang Tenggorokan saat Puasa agar Cepat Sembuh

Begini Mengatasi Radang Tenggorokan saat Puasa agar Cepat Sembuh

radang tenggorokan saat puasa

Lifestyle – Ketika berpuasa tubuh menjadi lebih rentan sakit, baik karena gaya hidup yang berantakan ataupun karena kondisi yang terganggu karena berpuasa seharian.

Salah satu yang paling sering terjadi adalah radang tenggorokan. Biasanya sakit ini terjadi akibat tidak mengonsumsi air putih secara rutin terutama ketika cuaca sedang panas atau anda memiliki kegiatan di lapangan.

Sedangkan ibadah puasa tidak memperbolehkan untuk minum selama matahari terbit sampai terbenam.

Nah, jika sudah kepalang sakit radang tenggorokan berikut ini ada beberapa tips mengatasi radang tenggorokan saat puasa tersebut :

1. Mengonsumsi Sop

Ketika anda sakit tenggorokan saat berpuasa maka anda tidak bisa mengonsumsi air minum setiap saat.

Sehingga cara satu-satunya mengontrol makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan juga sahur. Saat anda berbuka anda bisa mengonsumsi sup yang bening. Gunanya untuk mengurangi tenggorokan yang meradang karena kurang air dan juga menjernihkan tenggorokan.

Selain itu juga sop biasanya mengandung merica atau lada yang bisa menghangatkan tubuh dan juga tenggorokan.

Mengonsumsi kaldu juga bisa menghilangkan radang karena bersifat anti inflamasi yang sangat baik untuk mengurangi tenggorokan yang sakit.

Baca Juga :   7 Takjil Buka Puasa yang Khas Dan Nikmat Saat Ramadhan Tiba

Usahakan ketika mengonsumsi sop dalam keadaan semi hangat, jangan terlalu panas ataupun dingin.

2. Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan cara selanjutnya yang bisa dilakukan tanpa harus membatalkan puasa anda. Dimana istirahat bisa mengurangi penggunaan tenggorokan untuk berbicara dan membiarkan organ untuk istirahat.

Cara ini mudah, murah serta ringan untuk dilakukan guna mengatasi radang tenggorokan saat puasa di siang hari.

Usahakan sebentar saja untuk rehat saat siang hari dan tidur yang cukup pada malam hari. Pastikan tubuh anda untuk tidur baik siang hari begitupun rehat untuk malam hari agar bisa membantu melawan virus dan penyakit yang ada pada tubuh terutama saat anda sedang sakit tenggorokan.

3. Berkumur Air Garam

Air garam merupakan salah satu obat yang terbukti membersihkan dan menghentikan kuman. Dimana saat berbuka dan sahur coba untuk berkumur dengan air hangat yang diisikan garam, hal ini untuk mengurangi bau mulut saat berpuasa, kemudian untuk mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan juga membantu meredakan iritasi karena bakteri yang menyebabkan sakit radang tenggorokan.

Baca Juga :   Ini Trik Mendapatkan Tiket Murah untuk Mudik atau Liburan

Jika rasa asin mengganggu, maka ada baiknya anda menambahkan madu yang lebih alami saja dan tidak akan menambah radang pada tenggorokan.

Berkumur air garam ini dilakukan dengan rutin setiap hari selama radang tenggorokan terjadi hingga sembuh.

Selain itu, air garam ini sudah menjadi obat untuk membersihkan gigi sejak jaman dahulu karena terbukti keampuhannya.

4. Kurangi gorengan dan es

Saat berbuka puasa ada makanan yang senang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, padahal jelas-jelas menyebabkan batuk, flu sampai radang tenggorokan.

Makanan seperti gorengan dan juga es menjadi santapan berbuka yang rutin dikonsumsi saat berpuasa, sehingga ketika gorengan masuk ke tubuh yang memiliki suhu tubuh panas akan memicu terjadinya radang akibat minyak.

Selain itu es juga bisa menyebabkan radang tenggorokan karena suhu yang dingin yang bertemu dengan suhu tubuh yang panas akibat puasa.

Seringkali seperti itu menyebabkan radang tenggorokan mudah terjadi dan panas dalam yang jika sudah parah bisa menyebabkan demam atau panas.

Baca Juga :   Lowongan Kerja Jadi Admin Facebook, Gaji 79 Juta Per Bulan. Segera !

Untuk itu menghindari es dan gorengan bisa jadi solusi tepat mengatasi radang tenggorokan ketika berpuasa..

5. Minum obat

Ketika anda berbuka dan juga sahur, anda bisa meminum obat untuk meredakan pembengkakan yang terjadi pada tenggorokan.

Umumnya obat yang ampuh seperti pereda dan juga obat batuk. Namun, minum obat batuk bisa menyebabkan kantuk yang parah ditambah orang berpuasa yang memang akan terasa kantuk akibat perut kosong.

Minum obat harus anda lakukan setelah makan, karena obat batuk dan obat radang tenggorokan masuk ke arah obat berat.

Tips diatas dapat diaplikasikan langsung, namun semua tergantung kondisi dari masing-masing orangnya.

Misalnya sakit tenggorokan namun anda tidak bisa mengonsumsi obat batuk. Maka hindari tips tersebut dan coba tips lainnya.

Begitulah antara lain 5 cara mengatasi radang tenggorokan saat puasa jika terjadi pada diri anda. Selain daripada itu untuk menjaga kesehatan tubuh ketika berpuasa anda harus membaca Efek Buruk Makanan Manis Saat Sahur Yang Perlu Anda Tahu. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Lowongan Kerja Jadi Admin Facebook, Gaji 79 Juta Per Bulan. Segera ! Lifestyle - Setiap orang pasti menginginkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Saat ini sedang dibuka lowongan kerja untuk menjadi admin atau pengelola akun facebook dengan penghasilan yang sangat fan...
Cara Pengolahan Sampah Desa Di Luar Negeri Ini Bisa Jadi Inspirasi Lifestyle - Pengolahan sampah desa diluar negeri sedikit berbeda dengan kebiasaan masyarakat desa Indonesia. Terutama mengenai disiplin dan kesadaran akan pentingnya kebersihan. Sebenarnya pedesaan...
10 Mahasiswa Diamankan Polisi Karena Main Game PUBG Top Info Lifestyle – Main game PUBG memang sangat mengasyikkan bagi sebagian anak muda laki-laki. Mulai dari anak-anak remaja, pelajar SLTA hingga mahasiswa. Game PUBG merupakan permainan yang meng...
Gunakan Tips Merawat Kulit Secara Alami Ini. Dijamin Anda Tetap Cantik Lifestyle - Bagi mereka yang peduli akan kecantikan dan penampilan pasti juga tidak meninggalkan perawatan terhadap kulit. Apalagi bagi cewek yang belum menikah atau masih usia muda. Mereka akan berus...
Mengenal Teknik Pengolahan Kopi Desa Menjadi Citarasa Yang Mendunia Lifestyle – Tak banyak yang tahu bagaimana teknik pengolahan kopi desa sehingga mampu menjadi kopi dengan citarasa yang mendunia. Pernahkah Anda mengamati warung kopi dimana pun berada ? Baik di de...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top