Posisi Anda
Home > Lifestyle > Pendapat Anda Tentang Gaya Hidup Orang Desa Setelah Dana Desa

Pendapat Anda Tentang Gaya Hidup Orang Desa Setelah Dana Desa

gaya-hidup-orang-desa

Lifestyle – Salam ketemu kembali. Sudah lama blog ini tidak posting informasi khususnya tentang desa. Karena akhir-akhir ini memang terasa lelah dan dan cukup membosankan.

Tapi namanya sudah tugas, ya mau tidak mau harus dikerjakan dan dicarikan solusinya. Sehingga untuk update posting pun tidak sempat.

Daripada tidak di update, kali ini kami akan update info ringan-ringan saja. Judulnya tentang gaya hidup yang di alami orang desa setelah adanya dana desa.

Sebelum kami lanjutkan, ada pertanyaan yang kami ingin lontarkan kepada anda. Bagaimana pendapat anda tentang gaya hidup orang-orang yang tinggal di desa setelah adanya dana desa yang di berikan pemerintah pusat kepada desa?

Apakah terjadi perubahan terhadap gaya hidup (lifestyle) di desa secara keseluruhan atau individual? Atau mungkin biasa-biasa saja tanpa ada pengaruh?

Membahas tentang pola kehidupan baik secara individu maupun komunitas, biasanya pasti selalu terjadi pergerakan dan perubahan yang dinamis.

Semakin banyak factor yang mempengaruhi, maka semakin beragam pola perubahan yang akan terjadi. Semakin cepat unsur-unsur penyebab perubahan itu datang maka akan cepat pula pola hidup itu bertukar.

Sepanjang yang kami amati, perubahan pola hidup yang terjadi di desa setelah dan sebelum adanya dana desa, jelas mengalami gerak yang dinamis walaupun mungkin tidak kentara.

Baca Juga :   Cara Pengolahan Sampah Desa Di Luar Negeri Ini Bisa Jadi Inspirasi

Kalau dulu sebelum adanya dana desa, mungkin masyarakat desa banyak berfikir bagaimana mencari dana guna membangun dan memajukan desa.

Tetapi setelah adanya dana desa, sebagian dari orang-orang desa ada yang menurun berfikir tentang mencari dana untuk sumber pembangunan. Sebagian mereka justeru berfikir bagaimana mengelola dana desa yang sudah ada.

Tetapi itu mungkin hanya dilakukan oleh sebagian masyarakat yang terlibat langsung dengan pemerintahan desa.

Sementara bagi mereka yang tidak terlibat, entah karena memang tidak dilibatkan, walaupun terjadi perubahan pola dan gaya hidup tetap terpengaruh tetapi tidak kelihatan.

Oke, mungkin anda sedikit bingung memahami arah dari pembicaraan tentang gaya hidup yang kami maksudkan disini.

Nah, kalau boleh kami berpendapat sebenarnya gaya hidup orang desa banyak yang mengalami perubahan setelah adanya dana desa diberikan oleh pemerintah pusat.

Baik perubahan yang positif maupun yang negative. Khususnya bagi para pemangku kepentingan di setiap desa. Baik itu itu Kepala desa, perangkat desa dan juga para anggota kelembagaan desa.

Menurut kami beberapa perubahan positif yang di alami orang-orang desa antara lain :

Masyarakat desa yang tadinya cuek terhadap perkembangan desa, kini mereka mulai ikut berfikir tentang kemajuan desa.

Baca Juga :   Seorang Pendeta Masuk Islam Setelah 43 Tahun Jadi Misionaris, Ini sebabnya

Walaupun mereka tidak terlibat langsung ikut mengelola dana desa, tetapi setidaknya mereka ikut berfikir  bagaimana seharusnya dana desa itu dikelola.

Sehingga secara tidak langsung control mereka terhadap perkembangan dan pengelolaan dana desa menjadi bangkit.

Banyak contoh positif lainnya yang muncul dari akibat turunnya bantuan pusat ke desa melalui dana desa.

Namun begitu, bukan tidak mungkin banyak terjadi perubahan gaya hidup yang sifatnya negative akibat dari adanya dana desa tersebut.

Sebagai contoh, mungkin ada beberapa oknum yang ingin mendapat manfaat secara pribadi dari dana desa yang lumayan besar itu.

Hal ini mungkin bisa dibuktikan dengan beberapa kasus yang terjadi di desa terhadap penyalahgunaan dan penyelewengan dana desa.

Sebab kalau hanya sebatas kesalahan administrasi, tentu mereka tidak akan berurusan dengan hukum terkait pengelolaan dana desa.

Nah sampai disini, kami ingin bagi anda masyarakat desa bagaimana pendapat anda tentang perubahan gaya hidup orang desa setelah adanya dana desa.

Apakah di desa anda perubahan itu sifatnya positif atau negative? Apakah pengelolaan dana desa yang dilakukan oleh pemerintah desa sudah sesuai dengan harapan masyarakat? Apakah anda merasa puas dari hasil kinerja para pemangku kepentingan di desa terhadap dana desa tersebut?

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Kisah Inspirasi, Walau Tamatan SD Tapi Jadi Peternak Sukses Dengan Oms... Lifestyle – Perjalanan Hidup memang sulit ditebak. Kisah Inspirasi berikut ini menuturkan bagaimana seorang yang pendidikannya Cuma setingkat SD tapi mampu jadi pengusaha ternak dengan hasil milyaran ...
Kenapa Tahun Baru Imlek Identik Dengan Lampion Merah Dan Petasan ? Ini... Imlek - Pedekik.com, Pada setiap tahun baru Imlek, masyarakat Tionghoa sering memasang lampion merah yang umumnya digantung di teras rumah, jalan-jalan, kelenteng dan tempat umum lainnya. Unikn...
Terapkan 5 Gaya Hidup Sehat ini Saat Anda Berpuasa Lifestyle - Apa yang anda pikirkan mengenai puasa dan gaya hidup ? Keduanya memiliki relasi yang sangat erat. Ketika anda berpuasa selama 12 jam, apalagi jika anda sedang tinggal di luar negeri dan...
Penyanyi Dangdut Irmawati Tewas Saat Manggung Bersama Ularnya Entertainment - Beberapa hari lalu media cetak di hebohkan dengan kematian seorang artis penyanyi dangdut yang tewas akibat digigit ular peliharaannya sendiri saat manggung di acara hajatan. Penyan...
Inilah Anak-anak Terkaya Dunia, Usia 8 Tahun Punya Kekayaan Lebih 300 ... Lifestyle – Jika orang dewasa menjadi milyarder tentu kita sudah tidak heran lagi. Namun kalau usia anak-anak sudah menjadi orang terkaya, gimana ya rasanya? Penasaran siapa mereka? Inilah anak-anak t...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top