Posisi Anda
Home > Lifestyle > Terapkan 5 Gaya Hidup Sehat ini Saat Anda Berpuasa

Terapkan 5 Gaya Hidup Sehat ini Saat Anda Berpuasa

gaya hidup

Lifestyle – Apa yang anda pikirkan mengenai puasa dan gaya hidup ? Keduanya memiliki relasi yang sangat erat.

Ketika anda berpuasa selama 12 jam, apalagi jika anda sedang tinggal di luar negeri dan memiliki jam puasa yang lebih panjang pasti membutuhkan tips yang ampuh agar tetap sehat saat anda berpuasa.

Jangan sampai puasa anda merusak kesehatan anda, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan agar gaya hidup tetap bisa berjalan dengan lancar saat berpuasa seharian.

1. Jangan Berbuka dan Sahur Berlebihan

Pertama yang harus anda atur adalah jangan berbuka dan juga sahur berlebihan. Karena saat anda berpuasa memang seringkali membuat lapar mata dan juga mudah tergoda.

Kenyataannya ketika anda berbuka hanya air putih, ataupun teh manis dan kurma saja sudah cukup kenyang. Untuk itu lapar mata membuat anda menjadi lebih boros dan makanan terbuang.

Namun ada juga yang sengaja mengonsumsi semuanya karena merasa tubuhnya sudah terkuras ketika puasa.

Padahal sebanyak apapun makanan yang anda konsumsi saat sahur dan berbuka tidak bisa disimpan begitu saja atau ditumpuk begitu saja.

Sehingga percuma saja jika anda menumpuk yang anda makan saat sahur dan berbuka.

2. Makan Berat Saat Tarawih

Ketika anda sudah mengonsumsi makanan berat sesaat sebelum tarawih dan juga setelah tarawih membuat tubuh terlalu banyak mengolah makanan dalam tubuh.

Khususnya sebelum tarawih yang membuat makanan berat tubuh terasa engap dan akan sulit untuk sholat dengan khusyuk.

Solusinya adalah makan berat dilakukan setelah sholat maghrib dan sebelum solat tarawih jauh-jauh.

sehingga ketika rukuk dan sujud anda tidak akan merasa kekenyangan. Bisa juga dilakukan setelah solat tarawih, namun syaratnya setelah makan berat anda tidak boleh langsung tidur. Sehingga ditunggu 1-2 jam setelah itu baru tidur.

3. Konsumsi Multivitamin

Multivitamin merupakan salah satu yang bisa menopang kesehatan anda ketika berpuasa. Mengonsumsi multivitamin memang tidak diwajibkan, jika memang anda memiliki tubuh yang kurang fit sehari-hari maka agar kuat berpuasa bisa mengonsumsi multivitamin.

Baca Juga :   6 Manfaat Belajar Bahasa Inggeris Bagi Masyarakat Indonesia

Namun khusus untuk anda yang sakit maag atau komplikasi yang tidak bisa sembarangan mengonsumsi multivitamin, Anda bisa menggantinya dengan obat yang diberikan dokter.

4. Konsumsi Buah

Konsumsi buah merupakan salah satu cara yang wajib dilakukan ketika anda berpuasa. Pada saat berbuka ataupun sahur disarankan makan buah-buahan untuk memberikan vitamin dan sumber karbohidrat pada tubuh.

Selain meningkatkan kesehatan buah dan sayur tetap membuat anda bertahan dengan baik saat puasa.

Buah dan sayur juga bisa membantu anda menahan lapar ketika berpuasa, karena kandungan serat dan juga karbohidrat di beberapa buah yang membantu untuk bertahan.

5. Konsumsi Makanan Rutin

Meskipun berpuasa bukan berarti anda mengurangi jumlah makanannya. Dimana konsumsi makanan rutin bisa dilakukan ketika sahur dan juga ketika berbuka, untuk berbuka bisa dibuat menjadi dua sesi yakni ketika anda berbuka dan juga 2 jam setelah berbuka.

Makanan rutin ini bisa sangat bermanfaat untuk anda yang memiliki sakit maag dan pencernaan yang buruk.

Perlu diingat bahwa puasa tidak menjadikan anda mengurangi makanan atau bahkan tidak makan. Karena hal tersebut selain bisa mengurangi berat badan namun anda bisa terkena maag atau sakit lainnya yang menyebabkan masalah pada pencernaan anda. Jika sakit anda akan sulit menjalankan ibadah puasa kan ?

Itulah 5 tips yang bisa anda lakukan untuk diterapkan saat berpuasa. Gaya hidup mungkin sering disepelekan oleh banyak orang yang berpuasa, karena ketika berpuasa orang hanya berpikir untuk mengenyangkan perut saat berpuasa dan puas dan makan yang anda inginkan.

Namun ternyata kesalahan gaya hidup bisa memberikan efek yang buruk. Bukan saat puasa saja, ketika tidak puasa gaya hidup merupakan hal yang penting.

Apalagi saat berpuasa dengan kondisi gaya hidup yang tidak baik bisa menyebabkan sakit, berpuasa atau beribadah yang tidak berjalan dengan baik.

Oleh karena itu supaya gaya hidup anda tidak terpengaruh ketika berpuasa anda juga perlu mengetahui Manfaat Minum Air Putih Hangat Dimalam Bulan Ramadhan. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

6 Tips Mengatasi Gaya Hidup Boros Ketika Lebaran, Nomor 2 Paling Penti... Lifestyle – Bagi sebagian orang Mengatasi Gaya Hidup Boros ketika musim lebaran tiba, terasa agak sulit untuk dihindari. Ramadhan yang dilaksanakan 30 hari memang menjadi ajang beribadah dan juga m...
Efek Buruk Makanan Manis Saat Sahur Yang Perlu Anda Tahu Lifestyle - Efek Buruk Makanan Manis juga bisa terjadi ketika bulan puasa, khususnya saat makan sahur. Oleh karena itu sebaiknya dikurangi mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula agar puasa ki...
Pendapat Anda Tentang Gaya Hidup Orang Desa Setelah Dana Desa Lifestyle – Salam ketemu kembali. Sudah lama blog ini tidak posting informasi khususnya tentang desa. Karena akhir-akhir ini memang terasa lelah dan dan cukup membosankan. Tapi namanya sudah tugas,...
Rumah Pribadi Termewah Dunia, Dijual Seharga Rp 5,6 Triliun, Mau Beli ... Lifestyle - Percaya atau tidak, Rumah pribadi milik warga Prancis ini di klaim sebagai rumah paling mewah dan termahal sedunia. Kini rumah tersebut sedang dijual dengan harga yang sangat fantastis. 5,...
Begini Cara Mengecek Keaslian ijazah dan Terdaftar di Kemenristekdikti Lifestyle, Pedekik.com - Mengecek keaslian ijazah sangat penting dilakukan karena banyak pemalsuan ijazah terjadi. Baik itu oleh perusahaan yang akan menerima karyawan, pendaftaran calon pimpinan atau...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top