Posisi Anda
Home > Nasional > Realisasi Pencairan Dana Kelurahan Sekitar 352 Juta Masih Sangat Rendah

Realisasi Pencairan Dana Kelurahan Sekitar 352 Juta Masih Sangat Rendah

pencairan dana kelurahan

Top Info Nasional – Pencairan Dana Kelurahan dari pusat yang rata-rata menerima 352 juta rupiah, realisasinya masih sangat rendah.

Hal ini dibenarkan Direktur Jenderal (Dirjen) Perimbangan Kementerian Keuangan, Astera Primanto Bhakti di kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Selasa (19/3/2019) seperti dilansir Kompas.com Rabu (20/3).

Menurut Astera Primanto, hal tersebut karena komitmen daerah terhadap dana kelurahan ini juga masih minim sebab merupakan dana bantuan pusat.

“Nah, dilihat dari angka (realisasi) sekarang memang dana kelurahan ini masih sangat rendah,” ujarnya di di Kemenkeu Jakarta.

Sebagaimana diketahui bahwa Pemerintah telah menganggarkan dana bantuan bagi setiap kelurahan dalam APBN tahun 2019 ini sekitar Rp 3 Triliun. Jika dirata-ratakan setiap Kelurahan akan menerima sekitar 350-an juta rupiah.

Namun sampai dengan akhir Februari lalu pencairan dana kelurahan baru terealisasi antara Rp 91 Milyar sampai Rp 100 Milyar atau 3,3 persen.

Baca Juga :   Bikin E-KTP Di Luar Domisili? Sekarang Bisa, Gratis Lagi!

Selain dari minimnya peran dan komitmen pemerintah daerah, juga dikarenakan Peraturan Daerah tentang dana kelurahan itu banyak yang belum ditetapkan.

Astera Primanto mengatakan Perda Dana Kelurahan itu sangat penting karena terkait dengan aturan pencairan, penyaluran dan penggunaanya.

“Daerah-daerah sedang kami dorong terus untuk memproses ini sehingga bisa cepat selesai. Harapan Kami untuk tahap pertama di semester 2019 ini sudah selesai,” kata dia.

Penyaluran dana kelurahan ke daerah dilakukan secara bertahap. Tahap pertama periode Januari – Mei 2019. Dan tahap kedua akan bayarkan pada Maret – Agustus 2019.

Sementara itu, dikutip dari Rmol.co bahwa Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan turut serta mengawasi pencairan dana kelurahan dan pelaksanaannya.

Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis mengatakan, pengawasan ini merupakan bentuk perjuangan DPD untuk kepentingan Daerah. Beliau berharap dana itu sudah bisa dirasakan manfaatnya awal April 2019 ini.

Baca Juga :   Verifikasi Berkas CPNS 2014 Hanya Diumumkan Secara Online Tanggal 13 Oktober

Lebih lanjut Darmayanti menjelaskan kehadiran anggota DPD bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di daerah. Karena anggota DPD tidak punya kepentingan beban politik seperti kebanyakan anggota DPR.

Dana kelurahan merupakan wujud pemerintah untuk meningkatkan pembangunan di Kelurahan sebagaimana kemajuan pembangunan di desa melalui Dana Desa.

Dana Kelurahan baru dianggarkan tahun 2019 melalui Anggaran Pusat mengikuti jejak Dana Desa yang sudah berjalan beberapa tahun sebelumnya.

Terkait pencairan dana kelurahan yang masih sangat minim itu, Pemerintah juga sedang mengupayakan untuk memberi bantuan Dana Kecamatan tahun 2019 ini.

Saat ini rencana Dana Kecamatan tersebut kabarnya sudah disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani. Lantas, Untuk Apa Dana Kecamatan Dari Pusat Yang Sedang Dikaji Pemerintah? (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Download Ebook Khutbah Jum’at Tentang Isra’ Mi’raj Sebelum saya menyajikan tentang ebook khutbah jum’at yang bertema Isro’ Mi’roj nya Nabi SAW, mungkin ada baiknya sedikit kita mengenang kembali beberapa poin yang berhubungan dengan Isro’ Mi’roj. P...
Barrack Obama Memuji Umat Muslim Di Mesjid Baltimore, Ini Pidatonya Nasional - Presiden Barrack Obama menghadiri pertemuan dengan pemimpin-pemimpin komunitas muslim Baltimore di sebuah mesjid. Dalam kesempatan itu beliau memuji umat muslim atas kontribusinya terhadap ...
Pengumuman Daftar Mahasiswa Penerima Beasiswa Pemprov Riau 2016 Nasional - Daftar nama mahasiswa penerima beasiswa dari pemprov Riau untuk tahun 2016 telah dimumkan melalui Biro Kesra. Mereka adalah yang telah lulus seleksi administrasi beberapa waktu lalu dan aka...
Mantap! Desa Terbaik Akan Dapat Tambahan Dana Dari Pemda Nasional - Bagi Desa Terbaik memang sudah sepantasnya mendapat penghargaan dari pemerintah. Hal ini tentunya sebagi apresiasi karena berhasil mengemban tugas - tugas negara dan peran dalam pembangunan...
Warga Pedekik Bengkalis Jadi Peserta MTQ Nasional Ke-25 2014 Batam Bengkalis - Musabaqoh Tilawatil Qur'an Tingkat Nasional ke-25 di Batam akan dibuka tanggal 6 Juni 2014. Berlokasi di Dataran Engku Putri Batam, para kafilah seluruh provinsi yang ada di Indonesia akan...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top