Posisi Anda
Home > Nasional > Realisasi Pencairan Dana Kelurahan Sekitar 352 Juta Masih Sangat Rendah

Realisasi Pencairan Dana Kelurahan Sekitar 352 Juta Masih Sangat Rendah

pencairan dana kelurahan

Top Info Nasional – Pencairan Dana Kelurahan dari pusat yang rata-rata menerima 352 juta rupiah, realisasinya masih sangat rendah.

Hal ini dibenarkan Direktur Jenderal (Dirjen) Perimbangan Kementerian Keuangan, Astera Primanto Bhakti di kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Selasa (19/3/2019) seperti dilansir Kompas.com Rabu (20/3).

Menurut Astera Primanto, hal tersebut karena komitmen daerah terhadap dana kelurahan ini juga masih minim sebab merupakan dana bantuan pusat.

“Nah, dilihat dari angka (realisasi) sekarang memang dana kelurahan ini masih sangat rendah,” ujarnya di di Kemenkeu Jakarta.

Sebagaimana diketahui bahwa Pemerintah telah menganggarkan dana bantuan bagi setiap kelurahan dalam APBN tahun 2019 ini sekitar Rp 3 Triliun. Jika dirata-ratakan setiap Kelurahan akan menerima sekitar 350-an juta rupiah.

Namun sampai dengan akhir Februari lalu pencairan dana kelurahan baru terealisasi antara Rp 91 Milyar sampai Rp 100 Milyar atau 3,3 persen.

Selain dari minimnya peran dan komitmen pemerintah daerah, juga dikarenakan Peraturan Daerah tentang dana kelurahan itu banyak yang belum ditetapkan.

Astera Primanto mengatakan Perda Dana Kelurahan itu sangat penting karena terkait dengan aturan pencairan, penyaluran dan penggunaanya.

“Daerah-daerah sedang kami dorong terus untuk memproses ini sehingga bisa cepat selesai. Harapan Kami untuk tahap pertama di semester 2019 ini sudah selesai,” kata dia.

Penyaluran dana kelurahan ke daerah dilakukan secara bertahap. Tahap pertama periode Januari – Mei 2019. Dan tahap kedua akan bayarkan pada Maret – Agustus 2019.

Sementara itu, dikutip dari Rmol.co bahwa Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan turut serta mengawasi pencairan dana kelurahan dan pelaksanaannya.

Wakil Ketua DPD Darmayanti Lubis mengatakan, pengawasan ini merupakan bentuk perjuangan DPD untuk kepentingan Daerah. Beliau berharap dana itu sudah bisa dirasakan manfaatnya awal April 2019 ini.

Lebih lanjut Darmayanti menjelaskan kehadiran anggota DPD bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di daerah. Karena anggota DPD tidak punya kepentingan beban politik seperti kebanyakan anggota DPR.

Dana kelurahan merupakan wujud pemerintah untuk meningkatkan pembangunan di Kelurahan sebagaimana kemajuan pembangunan di desa melalui Dana Desa.

Dana Kelurahan baru dianggarkan tahun 2019 melalui Anggaran Pusat mengikuti jejak Dana Desa yang sudah berjalan beberapa tahun sebelumnya.

Terkait pencairan dana kelurahan yang masih sangat minim itu, Pemerintah juga sedang mengupayakan untuk memberi bantuan Dana Kecamatan tahun 2019 ini.

Saat ini rencana Dana Kecamatan tersebut kabarnya sudah disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani. Lantas, Untuk Apa Dana Kecamatan Dari Pusat Yang Sedang Dikaji Pemerintah? (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Inilah Video Saat Longsor di Lima Puluh Kota Propinsi Sumbar Nasional - Longsor di Lima Puluh Kota Propinsi Sumbar telah terjadi pada hari Jum'at yang lalu. Akibat hujan yang terus menerus menyebabkan banjir dan longsor terjadi tanpa di duga-duga di daerah perb...
Penetapan Awal Ramadhan 1438 H Sudah dilakukan Muhammadiyah Nasional - Sebagaimana biasa menjelang masuk bulan puasa pihak-pihak yang berwenang dan berkompeten akan melakukan penetapan awal ramadhan untuk menentukan kapan mulai puasa. Dari pemerintah biasan...
Berapa Alokasi Dana Kelurahan 2019 Yang Dianggarkan Pemerintah Pusat? Top Info Nasional – Alokasi Dana Kelurahan akan digulirkan Pemerintah Pusat pada tahun 2019 mendatang. Segala persiapan untuk realisasi rencana itu sedang dibahas pemerintah bersama DPR. Selama ini...
Semua Guru Honorer Akan Jadi PNS Akhir 2015, Ini Syaratnya Pendidikan - Pedekik.com, Hingga akhir tahun 2015 ini, semua tenaga guru honorer di Indonesia akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Saat ini ada sekitar 437 ribu guru honorer di Indone...
Kapolri Dapat Hadiah Pedang warna emas Dari Raja Salman Jakarta, Nasional - Kapolri Tito Karnavian dihadiahi Pedang berwarna keemasan dari Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman. 'Pedang Emas' itu di serahkan oleh Raja Salman melalui Duta Besar Arab Saudi untuk ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top