Posisi Anda
Home > Berita desa > Cara Membangun Desa Mandiri Bisa Dilakukan Dengan 5 Faktor Ini

Cara Membangun Desa Mandiri Bisa Dilakukan Dengan 5 Faktor Ini

Cara Membangun Desa Mandiri

Cara membangun Desa Mandiri harus melalui langkah-langkah yang tepat dengan menerapkan faktor yang menjadi pendukungnya agar bisa terwujud masyarakat yang sejahtera.

Bagaimana cara mewujudkan desa hingga benar-benar bisa mandiri? Semua desa yang ada di Indonesia sudah pasti berkeinginan ingin menjadi sebuah desa mandiri.

Desa mandiri adalah sebuah desa yang tidak bergantung pada pemerintah, baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Desa tersebut memiliki kewenangan dalam hal administrasi dan juga keuangan dimana nanti akan lebih memaksimalkan perekonomian masyarakat yang ada di desa tersebut.

Jadi, nanti roda perekonomian terjadi di dalam desa tersebut sehingga bisa semakin membantu masyarakat untuk lebih hidup sejahtera.

Nanti dana yang diberikan oleh pemerintah bisa dijadikan sebagai dana untuk mengelola desa tersebut, terutama yang berkaitan dengan infrastrukturnya.

Lalu bagaimana cara membangun desa mandiri? Di bawah ini kami sudah menyiapkan beberapa informasi penting yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi untuk mewujudkan sebuah desa mandiri.

1. Profesional

Ketika desa tersebut memutuskan untuk menjadi sebuah desa mandiri, maka elemen dasar yang dibutuhkan adalah menjadikan warganya masyarakat yang profesional.

Baca Juga :   Memahami Maksud Kategori Desa Berkembang, Maju, Mandiri Dan Tertinggal

Langkah ini harus dimulai dari perangkat desa itu sendiri dimana perangkat desa yang memiliki peran penting untuk membantu terlaksananya impian tersebut.

Maka dari itu, ketika hendak memimpin dan mengangkat perangkat desa, maka yang harus dilakukan adalah dengan benar-benar memilih seseorang yang memang kemampuannya sesuai dengan jabatan yang diemban.

Khususnya Kepala Desa harus benar-benar dipilih berdasarkan pengalaman dan rekam jejaknya. Jangan sampai salah memilih Kepala Desa karena dia merupakan pemimpin yang akan menentukan arah desa tersebut mau dibawa kemana.

2. Team Work

Team work atau kerjasama tim juga merupakan salah satu faktor membangun desa mandiri yang perlu dimiliki oleh semua elemen masyarakat.

Jangan sampai ada yang merasa bahwa seseorang harus lebih dominan dibandingkan dengan orang lainnya.

Kerjasama tim inilah yang nanti akan membantu dalam menciptakan sebuah desa mandiri yang bahkan menjadi contoh dari desa lainnya.

Baca Juga :   Tingkatkan Kapasitas Kepemimpinan Desa, RI gaet Australia

Team work yang dilakukan adalah kerjasama antara perangkat desa dengan masyarakat maupun antar perangkat desa itu sendiri.

Masing-masing harus memahmi bahwa kerjasama merupakan kunci penting untuk meraih apa yang dicita-citakan atau untuk hal ini menciptakan sebuah desa mandiri.

Selain itu, masing-masing pihak juga harus saling bertukar pikiran dan menghargai pendapat yang ada.

Semua pihak harus peka terhadap ide, saran, masukan, baik dari perangkat desa ke masyarakat, maupun dari masyarakat ke perangkat desa.

Untuk menciptakan Teamwork yang mantap anda bisa baca artikel 5 Cara Membentuk Tim Kerja Bisnis Yang Solid Dan Kompak.

3. Membentuk BUMDes

BUMDes merupakan Badan Usaha Milik Desa yang menjadi salah satu langkah penting terciptanya sebuah desa mandiri.

Cara Membangun Desa

Tidak sedikit desa di luar sana yang sudah sukses menerapkan program ini, terlebih lagi jika Pemerintah Daerah memberikan dukungan penuh terhadap desa yang memang sedang menjalankan BUMDes.

Tujuan adanya BUMDes adalah untuk menggali dan menemukan potensi yang ada di sebuah desa.

Baca Juga :   Bagaimana Pelaksanaan Fungsi BPD (Badan Permusyawaratan Desa) ?

Desa tersebut nanti bisa dijadikan sebagai tempat wisata, penginapan, penyewaan, maupun beragam potensi lainnya yang sudah tentu akan memberikan dampak positif untuk kesejahteraan masyarakat.

4. Spirit Abdi Desa

Semua yang kita lakukan haruslah berawal dari niat. Meskipun di benak kita memiliki banyak ide dan program, namun ketika tidak ada niat maka semuanya akan sia-sia.

Maka dari itu, dalam membangun sebuah desa agar bisa menjadi desa mandiri dibutuhkan niat dan juga tekad yang kuat.

Seseorang harus memiliki pemikiran bahwa desa merupakan sebuah wadah untuk mengabdikan diri.

Dengan begitu, mereka akan benar-benar memiliki tekad yang berasal dari hati untuk menjadikan desa yang dicintainya menjadi sebuah desa mandiri.

5. Evaluasi

Cara membangun desa mandiri yang juga menjadi faktor penting lainnya adalah berkaitan dengan mengetahui apa saja kekurangan atau hambatan yang dialami di dalam proses pembangunan desa tersebut.

Dari sini nanti bisa ditemukan sebuah terobosan atau solusi bersama sehingga permasalahan yang ada di desa bisa diatasi.

Evaluasi sebaiknya dilakukan secara musyawarah pada setiap akhir tahun anggaran pembangunan desa. Untuk diperbaiki pada tahap berikutnya.

Demikian kira-kira beberapa faktor pendukung terbentuknya sebuah desa mandiri. Selanjutnya sebagai masyarakat desa Anda juga perlu Bagaimana Pelaksanaan Fungsi BPD (Badan Permusyawaratan Desa) di Desa. [Ev0]

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Data Laporan Bulanan September 2013 Berikut ini adalah tabel Data Kependudukan ( Monografi) Laporan Bulanan Desa Pedekik ke Kantor Camat Bengkalis untuk bulan September Tahun 2013. Data tersebut merupakan data valid yang tercantum di da...
Kepala Desa Pedekik Ke-1 H. MAKSUM IHSANKepala Desa Pedekik Ke-1Masa Bakti : 1980 - 1993   Profile H. Maksum Ihsan Nama Lengkap : H.Maksum Ichan Tempat Lahir    : Pedekik Tanggal Lahir    : 04-08-1937 ...
Memahami Jenis Laporan Kepala Desa dan Pertanggungjawabannya Dalam Per... Top Info Desa – Laporan Kepala Desa dan pertanggungjawabannya ada beberapa jenis yang telah diatur dalam undang-undang dan harus difahami oleh Perangkat Desa, BPD serta masyarakat. Ada dua jenis la...
Tugas dan Fungsi Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan Desa Layanan - Pedekik.com, Pemerintahan desa yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, Perangkat Desa dan unsur lainnya merupakan satuan kerja yang langsung bersentuhan dengan kepentingan-kepentin...
Pedoman Teknis Pembangunan Embung Desa Menurut Kementerian Pertanian Info Desa – Teknis Pembangunan Desa haruslah mengikuti aturan yang ada. Baik pedoman dari Kementerian desa, Kementerian keuangan dalam hal penganggaran dan Kementerian Pertanian. Iklim yang senanti...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top