Posisi Anda
Home > Berita desa > Pengertian dan Tujuan ADD Yang Harus Difahami Bagi Perangkat Desa

Pengertian dan Tujuan ADD Yang Harus Difahami Bagi Perangkat Desa

Pengertian dan Tujuan ADD

Pengertian dan tujuan ADD masih banyak perangkat desa yang belum tahu, apa lagi masyarakat awam yang tidak berkecimpung langsung di kantor desa.

Oleh karena itu disini kami akan ulas sedikit tentang pengertian ADD dan tujuan dari pada di kucurkannya dana ADD tersebut.

Pengertian ADD

Apakah Anda tahu apa itu ADD? ADD merupakan singkatan dari Alokasi Dana Desa dimana dana tersebut merupakan pendapatan desa yang didapatkan dari Pemerintah Kabupaten atau Pemerintah Kota.

Sumber dana tersebut berasal dari berbagai macam perimbangan keuangan yang berasal dari pemerintah pusat dan juga daerah. Adapun jumlah dana yang diperoleh tersebut kurang lebih sekitar 10%.

Di dalam menerapkan dan menentukan besaran dana yang harus diberikan, pemerintah sudah tentu tidak akan langsung memberikan dana tersebut tanpa melakukan pertimbangan berbagai faktor.

Sudah tentu pemerintah memiliki aturan tersendiri dimana mereka akan melakukan penghitungan dengan sangat cepat dan teliti.

Sementara itu, penerapan dana sebesar 10% tersebut berasal dari dana perimbangan yang mereka dapatkan dari pemerintah kota atau kabupaten setelah sebelumnya telah dikurangi oleh alokasi dasar yang digunakan untuk kebutuhan belanja pada PNS atau Pegawai Negeri Sipil daerah.

Baca Juga :   Tentang Urgensi Pembangunan Embung Desa, Wajibkah Dibuat ?

Sebagai contoh, besar dana perimbangan yang didapatkan pada tahun 2018 sebesar Rp. 500 miliar. Sementara alokasi dasar yang digunakan untuk kebutuhan belanja PNS daerah sebesar Rp. 200 miliar.

Maka total dari ADD yang merupakan 10% tersebut adalah sebesar 10% x 300 miliar yang mana jumlahnya 30 miliar.

Oleh sebab itulah di dalam penetapan ADD untuk setiap desa akan sangat bergantung terhadap berapa besar data dan dana yang tersedia.

Data yang dibutuhkan tersebut meliputi profil desa, monografi kecamatan, maupun data yang berkaitan dengan kabupaten atau juga kota.

Penyerahan data tersebut haruslah diberikan secara lengkap alias detail yang mana datanya harus berisi informasi mengenai seperti apa kondisi desa yang sebenarnya.

Dengan begitu, ketika dilakukan proses penghitungan terhadap Nilai Bobot Desa yang menyesuaikan terhadap berbagai variabel yang akan dan ditetapkan agar tidak sampai mengalami kesalahan.

Baca Juga :   Data Laporan Bulanan Oktober 2014

Ketika terjadi kesalahan, maka tentu akan berdampak terhadap kekeliruan di dalam penetapan ADD untuk setiap desa tersebut.

Tujuan ADD

Setelah Anda memahami tentang pengertian ADD, maka di bawah ini kami akan menjelaskan mengenai apa saja tujuan dari ADD.

Diharapkan setelah memahami informasi tentang pengertian dan tujuan ADD ini Anda bisa paham bahwa ADD yang ditentukan tersebut memiliki tujuan yang berkaitan kesejahteraan masyarakat.

  1. Membantu di dalam menanggulangi kemiskinan dan juga mengurangi kesenjangan. Dengan begitu, maka jarak atau gap antara kondisi ekonomi masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya tidak sampai terlampau jauh.
  2. Membantu di dalam meningkatkan perencanaan dan juga penganggaran terhadap pembangunan pada tingkat desa dan juga pemberdayaan masyarakat. Dengan begitu, maka perencanaan dan juga anggaran yang sudah disiapkan dapat diberikan pada target yang sesuai. Jadi, masyarakat tersebut dapat benar-benar mendapatkan manfaatnya.
  3. Meningkatkan pembangunan infrastuktur desa. Kita tahu bahwa infrastruktur merupakan salah satu faktor terpenting yang menunjang kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat. Tidak jarang potensi yang ada di desa tersebut tenggelam dan bahkan nyaris hilang dikarenakan infrastruktur yang kurang lengkap. Maka dari itu dengan adanya ADD ini maka diharapkan dana tersebut bisa membantu dalam membangun infrastruktur yang ada di desa sehingga membantu kesejahteraan dan kenyamanan serta keamanan masyarakat.
  4. Untuk meningkatkan nilai-nilai yang berkaitan dengan keagamaan, sosial budaya di dalam mewujudkan suatu peningkatkan sosial.
  5. Membantu dalam meningkatkan ketentraman dan juga ketertiban masyarakat. ADD nanti akan sangat bermanfaat untuk membantu menyadarkan masyarakat agar lebih menjaga ketertiban dan ketentraman demi kebaikan bersama.
  6. Membantu di dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat desa di dalam pengembangan berbagai kegiatan sosial dan juga ekonomi masyarakat.
  7. Membantu di dalam meningkatkan keswadayaan dan juga gotong royong.
  8. Membantu untuk meningkatkan pendapatan desa dan juga masyarakat dengan membangun BUMDesa atau Badan Usaha Milik Desa.
Baca Juga :   Tingkatkan Kapasitas Kepemimpinan Desa, RI gaet Australia

Demikin penjelasan tentang pengertian dan tujuan ADD. Semoga bermanfaat untuk masyarakat dan juga para abdi desa.

Selanjutnya kepada para perangkat desa diharapkan Anda harus mengetahui Cara Membangun Desa Mandiri yang Bisa Dilakukan Dengan 5 Faktor Ini. [Ev0]

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Tugas Dan Fungsi Kepala Urusan ( Kaur ) Kesra Di Pemerintahan Desa Gambar hanya ilustrasi Layanan - pedekik.com, Kepala Urusan Kesejahteraan Masyarakat ( Kaur Kesra ) di pemerintahan desa juga mempunyai tugas dan fungsi yang tidak bisa dikatakan mudah. Karena per...
Turnamen Futsal Pepda Cup, Motivasi Olahraga Pemuda Bengkalis Bengkalis - Pedekik.com. PEPDA, Pemuda Pembangun Desa atau yang lebih dikenal dengan PEPDA merupakan salah satu Organisasi Pemuda di Desa Pedekik yang berdomisili tepatnya di Dusun III Pedekik Dar...
35 Desa Kumuh Disulap Jadi Tujuan Wisata Oleh Pusat Top Info Desa – Desa Kumuh yang terkesan tidak rapi disulap mejadi tujuan wisata oleh Pemerintah Pusat. Hal ini dilakukan untuk menata desa agar menarik minat para wisatawan. Penataan kembali desa ...
Persyaratan Membuat Kartu Keluarga (KK) Syarat untuk membuat Kartu Kelurga (KK) di Lingkungan Kecamatan Bengkalis Dasar Hukum : Perda Kab. No 02 Tahun 2009 Persyaratan sbb : 1. Kartu Keluarga yang lama 2. Formulir permohonan pem...
Begini Sistem Keuangan Desa Dan Prosedur Penganggarannya Top Info Desa – Sistem Keuangan Desa serta prosedur pengaggaran di desa harus diketahui oleh masyarakat desa. Agar transparansi dalam pemerintahan desa benar-benar berjalan. Keuangan desa merupakan s...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top