Posisi Anda
Home > Berita desa > Lomba Desa Wisata Nusantara, Ini Persyaratan Pendaftaran dan Hadiahnya

Lomba Desa Wisata Nusantara, Ini Persyaratan Pendaftaran dan Hadiahnya

Lomba desa wisata

Top Info Desa – Lomba Desa Wisata merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh Pemerintahan Desa sebagai sarana promosi wisata desa untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerahnya.

Pemerintah melalui Direktorat Jendral Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD) Kementerian Desa PDTT telah membuka ajang Festival Lomba Desa Wisata tahun 2019 ini.

Lomba ini ditujukan untuk desa-desa yang memiliki potensi wisata di daerahnya dan telah berusaha mengembangkan potensi pariwisata tersebut melalui program-program pembangunan desa.

Untuk lebih jelasnya, jika desa anda termasuk kedalam kategori desa wisata dan berminat ikut ambil bagian dalam Festival Lomba Membangun Desa Wisata Nusantara Tahun 2019 segera persiapkan diri untuk mendaftar.

Adapun Informasi seputar Lomba Desa Wisata Tahun 2019 antara lain sebagai berikut :

A. LATAR BELAKANG

Indonesia sebagai Negara yang kaya dengan beranekaragam daya tarikwisata, baik alam, budaya dan buatan manusia dapat memanfaatkan modal dasar tersebut sebagai investasi dibidang industry pariwisata.

Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi sampai dengan tahun 2019 sudah melakukan pembangunan di 116 desa wisata dengan jumlah total bantuan sebesar Rp.52.500.000.000,-.

Diharapkan desa wisata tersebut memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan pendapatan masyarakat desa dan melakukan percepatan pengentasan kemiskinan di desa.

Sebagai penghargaan bagi desa yang telah sukses membangun desa wisatanya, Pemerintah menginisiasi ‘Lomba Membangun Desa Wisata Nusantara’ tahun 2019.

B. MAKSUD DAN TUJUAN

Untuk menangkap peluang pertumbuhan industri pariwisata dunia, Pemerintah berupaya mengembangkan produk-produk pariwisata yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia, diantaranya adalah industry wisata alam dan budaya.

Indonesia kaya dengan sumber daya alam dan budaya yang unik, atraktif dan massif yang mampu menarik minat wisatawan.

‘Lomba Membangun Desa Wisata Nusantara’ akan menjadi tonggak awal pembangunan Industri Pariwisata Nasional melalui Desa Wisata berbasis pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan masyarakat diseluruh Desa Indonesia untuk berperan aktif membangun potensi unggulan mereka.

Maksud

Maksud diadakannya Lomba Desa ini adalah :

1. Meningkatkan Promosi Wisata Desa yang lebih fleksibel dan terkoneksi;

2. Mengapresiasi Desa dalam pengembangan Desa Wisata untuk percepatan pembangunan Desa; dan

3. Mendorong BUMDesa untuk berperan aktif dalam Pengelolaan destinasi wisata di desa.

Tujuan

Tujuan dari Festival Desa Wisata Tahun 2019 adalah sebagai berikut :

1. Mempromosikan Desa Wisata di Indonesia sebagai salah satu tujuan kunjungan wisata, baik didalam maupun diluar negeri melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi;

2. Mengangkat keanekaragaman potensi Unggulan Desa di Indonesia sebagai salah satu elemen penting dalam mendukung percepatan pengembangan Desa Wisata; dan

3. Mendorong BUMDesa di seluruh Kabupaten dan Kota bersinergi dengan berbagai elemen dan pemangku kepentingan pariwisata untuk menciptakan daya tarik investasi yang kompetitif.

C. KRITERIA LOMBA

Adapun kriteria bagi desa calon peserta yang ingin ikut dalam perlombaan ini antara lain sebagai berikut :

1. Desa wisata yang dapat menjadi peserta lomba adalah Desa Wisata dengan kategori Berkembang;

2. Desa yang dapat mengikuti lomba adalah Desa Wisata yang mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pariwisata Kabupaten;

3. Peserta lomba wajib melampirkan Peraturan Desa (Perdes) tentang Pembentukan BUMDesa;

4. Peserta adalah Desa yang destinasi wisatanya dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa);

5. Peserta belum pernah dan tidak sedang mengikuti lomba desa wisata tingkat nasional yang lain;

6. Peserta wajib menuliskan cerita/story telling tentang aktivitas dan potensi Desa Wisata antara 600 – 1000 kata;

7. Peserta wajib melampirkan link Instagram resmi Desa Wisata dan mengunggah video profil Desa Wisata dari akun youtube resmi milik Desa (durasi maksimum 3 menit);

8. Semua cerita/foto/video merupakan hasil karya Desa sendiri dan tidak melanggar HAKI (Hak Kekayaan Intelektual).

D. WAKTU DAN PERSYARATAN PENDAFTARAN

1. Peserta yang dapat mengikuti lomba adalah 2(dua) desa terbaik dengan melampirkan surat rekomendasi dari Dinas Pariwisata Kabupaten;

2. Peserta lomba wajib mengisi dan melengkapi e-form di link berikut: https://Bit.ly/lombadesawisatanusantara ;

3. Pendaftaran Peserta dimulai pada tanggal 13 Agustus s/d 30 Agustus 2019;

4. Dua Puluh besar peserta yang terpilih, diwajibkan menyiapkan paparan dalam bentuk powerpoint, foto dan video;

5. Dewan Juri (Profesional & Independen) akan menganalisa, memilih, dan mengumumkan Pemenang pada tanggal 10 Oktober 2019;

6. Informasi resmi dapat dilihat di situs: https://ditjenppmd.kemendesa.go.id/

E. SCHEDULE DAN ROADMAP LOMBA

Untuk schedule dan waktu pelaksanaan lomba desa wisata tahun 2019 ini bisa dilihat pada table gambar dibawah ini :

Lomba desa

F. HADIAH

Hadiah bagi desa pemenang festival ini sangat menarik. Selain mendapat bantuan proyek Homestay senilai Empat Ratus Juta Rupiah, juga akan mendapatkan uang tunai dengan nilai total 60 juta rupiah.

Rincian hadiah untuk pemenang lomba desa wisata tahun ini adalah sebagai berikut :

a). 10 (Sepuluh) Desa Wisata yang berprestasi akan mendapatkan bantuan pendirian “Sarana Akomodasi” (Homestay) sebesar Rp 400,000,000,- (Empat Ratus Juta Rupiah), untuk tahun anggaran 2020, dengan persyaratan penyedian tanah oleh Pemerintah Desa atau Pemerintah Kabupaten/Kota.

b). Juara 1, 2, 3, akan memperoleh hadiah berupa uang tunai sebesar; Rp 20 Juta, Rp 15 Juta, Rp 10 Juta, dan Juara Harapan 1, 2, 3, masing-masing akan memperoleh uang tunai sebesar; Rp 5 Juta.

Demikianlah kira-kira informasi seputar Festival Lomba Membangun Desa Wisata Tahun 2019. Untuk info lebih lengkapnya silahkan anda menuju link Kementerian Desa PDTT dibawah ini :

https://ditjenppmd.kemendesa.go.id/view/detil/121/lomba-desa-wisata-nusantara-2019

Semoga bermanfaat, dan share artikel ini kepada para perangkat desa dan penggiat desa segera agar tidak terlambat jika ingin mendaftar.

Terkait dengan desa wisata ini, kami juga telah menulis artikel tentang Manfaat Pengembangan Desa Wisata Bagi Masyarakat. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Peran UED-SP Sinar Harapan Desa Pedekik Dalam Pembangunan 5.000 dari laba komulatif, bonus pelaku UED-SP sebear 9,5 persen dari laba komulitatif atau sekitar Rp 2.452.000, Hibah ke SP sebesar 1,0 persen atau sebesar Rp 258.000, simpanan pokok anggota sebesar...
Syarat Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Bengkalis - Pedekik.com, Persyaratan di bawah ini adalah syarat untuk membuat surat keterangan tidak mampu ( SKTM) ke kantor Camat Bengkalis (Dasar Hukum Perda Kab. Bengkalis No. 31 Tahun 2005) ...
Peresmian Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Pedekik Bengkalis - Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Kabupaten Bengkalis beberapa waktu yang lalu secara resmi telah menetapkan Kebun Bibit Desa Kelompok Wanita 'Nabati Yasa' sebagai Kawasan Rumah Pangan ...
Download Permendesa Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Prioritas DD 2019 Top Info Desa – Permendesa Nomor 16 Tahun 2018 adalah tentang prioritas penggunaan Dana Desa untuk Tahun 2019. Peraturan Menteri Desa ini ditetapkan oleh Menteri Eko Putro Sandjojo pada tanggal 20 Sep...
Untuk Transparansi Dana Desa, Pajang Baliho Di Depan Kantor Desa Info Desa - Menteri Desa PDTT menghimbau kepada Pemerintah Desa agar APBDes di publikasikan kepada masyarakat desa. Hal ini bisa dilakukan dengan mengiformasikan draft APBDes di papan pengumuman atau ...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top