Posisi Anda
Home > Berita desa > Ini Lho Manfaat Pengembangan Desa Wisata Bagi Masyarakat

Ini Lho Manfaat Pengembangan Desa Wisata Bagi Masyarakat

Desa Wisata

Info Desa – Pengembangan Desa Wisata memiliki berbagai manfaat positif bagi kehidupan masyarakat desa itu sendiri. Khusus nya untuk meningkatkan perekonomian warga dan pembangunan infrastruktur.

Salah satu ciri dari desa yang masih berpotensi untuk ditingkatkan menjadi desa wisata adalah masih terdapatnya masyarakat yang kurang paham tentang potensi di desa tersebut.

Untuk itu, diperlukan pemahaman untuk warga agar bisa memahami manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata yang mungkin pada awalnya tidak bisa diterima secara menyeluruh.

Inilah sebabnya sangat dibutuhkan penjelasan atau penyampaian tentang manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata supaya nantinya bisa dirasakan oleh setiap warga desa tersebut seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Tingkat Hidup Masyarakat Maju, Budaya dan Tradisi Bisa Dilestarikan

Manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata pastinya bisa memberikan dampak positif untuk warga seperti memberikan lapangan pekerjaan yang baru sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan lewat fasilitas desa yang diperbaiki agar bisa semakin layak dikunjungi.

Manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata lainnya adalah untuk menghidupkan budaya, tradisi atau lingkungan adat sebagai salah satu komoditas wisata budaya lokal dan menjaganya agar tetap lestari.

  1. Manfaat Perekonomian Untuk Masyarakat Pedesaan

Selain bisa meningkatkan kehidupan masyarakat desa dan melestarikan budaya, manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata selanjutnya yang bisa dirasakan langsung oleh warga desa tersebut adalah dalam hal perekonomian.

Baca Juga :   Turnamen Futsal Pepda Cup, Motivasi Olahraga Pemuda Bengkalis

Manfaat desa wisata untuk perekonomian secara langsung atau tidak langsung bagi masyarakat nantinya harus dijelaskan pada warga lengkap dengan keuntungan yang bisa didapat dari objek wisata yang ditawarkan.

Sementara untuk manfaat tidak langsung yang bisa diperoleh warga adalah meningkatkan kunjungan ke desa sehingga perputaran ekonomi seperti dari hasil penjualan produk lokal bisa semakin baik dan bahkan bisa sampai dikirim ke luar desa.

  1. Meningkatkan Keberadaan Industri Kecil Menengah

Manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata berikutnya adalah untuk meningkatkan industri kecil menengah dengan cara memanfaatkan produk lokal sebagai bahan mentah.

Ini juga sangat berkaitan erat dengan poin pertama dan juga poin kedua dari manfaat pengembangan desa wisata yaitu meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat pedesaan lewat meningkatnya tingkat perekenomia warga desa.

  1. Untuk Promosi Produk Lokal

Manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata selanjutnya adalah sebagai sarana promosi produk lokal. Selain bisa meningkatkan sumber daya alam seperti lokai wisata, keberadaan desa wisata juga bisa memberikan manfaat berupa promosi produk lokal yang menjadi ciri khas dari desa tersebut yang nantinya diharapkan bisa meningkatkan penjualan.

Pengembangan desa wisata juga diharapkan bisa memberikan kemudahan akses untuk warga ketika melakukan penjualan ke luar daerah atau bahkan ke luar negeri. Untuk itu, branding yang kuat dari desa dan sumber daya manusia haruslah mendukung agar bisa memanajemn penjualan dengan sangat baik.

  1. Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Desa
Baca Juga :   Cara Korupsi Dana Desa, Ini Modusnya Menurut Versi ICW, Apakah Terjadi Di Desa Anda?

Dampak positif berikutnya dari pengembangan desa wisata yang bisa dirasakan adalah meningkatkan pembangunan infrastruktur desa. Ini sangatlah penting untuk sebuah desa wisata supaya bisa memberikan pelayanan terbaik untuk setiap pengunjung atau untuk warga desa sendiri agar bisa merasakan manfaat yang diberikan lewat kehadiran desa wisata tersebut.

Pembangunan infrastruktur sebagai dampak positif ekonomi pengembangan desa wisata bisa dipilih untuk fasilitas umum yang tidak terjangkau oleh pemerintah seperti jalanan di sekitar jlan utama sampai lokasi jual beli oleh oleh yang nantinya juga bisa dijadikan sebagai pasar kecil untuk menghadirkan lokasi jual beli antar warga desa sendiri supaya nantinya bisa diciptakan kesejahteraan dari desa untuk desa.

  1. Menciptakan Lapangan Kerja Baru

Manfaat pengembangan desa sebagai tempat wisata berikutnya adalah menyediakan lapangan kerja yang baru untuk desa tersebut. Jika sebelumnya warga desa hanya bisa mengandalkan hasil pertanian, perkebunan atau peternakan, maka dengan adanya pengembangan desa sebagai desa wisata diharapkan bisa menyerap tenaga kerja lokal yang sudah ada.

Supaya manfat ini bisa dilakukan dengan baik dan tepat sasaran, maka sumber daya manusia yang nantinya akan diserap juga harus ditingkatkan dari segi kualitasnya. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia juga bisa dijadikan salah satu dampak positif yang membuat desa tersebut semakin berkembang dan untuk pelatihannya sendiri bisa dilakukan dari dinas atau swadaya.

Saat pengembangan desa wisata sudah berjalan dengan baik, maka penyerapan tenaga kerja yang baru nantinya bisa memberikan dampak positif dari segi ekonomi yang bahkan juga bisa dirasakan oleh desa desa disekitarnya.

Baca Juga :   Pengertian Desa, Pemerintahan Desa Dan Pembangunan Desa Dalam Undang-undang

Dengan begitu, manfaat yang sudah dicapai dari pengembangan desa wisata tidak hanya akan dirasakan oleh desa tersebut namun juga untuk sekitarnya yang bisa membantu kelancaran pengembangan.

  1. Meningkatkan Posisi dan Peran Masyarakat Sebagai Subjek

Manfaat pengembangan desa sebagai desa wisata lainnya adalah untuk meningkatkan posisi dan juga peran masyarakat sebagai subjek atau plaku penting dalam pembangunan kepariwisataan dan juga bisa bersinergi dan bermintra dengan pemangku kepentingan berhubungan dengan meningkatkan kualitas perkembangan kepariwisataan di daerah, membangun dan menumbuhkan sikap serta dukungan positif masyarakat sebagai tuan rumah lewat perwujudan nilai sapta pesona.

Ini diharapkan nantinya bisa menjadi wadah langsung untuk masyarakat akan kesadaran adanya potensi wisata dan terciptanya sapta pesona di lingkungan wilayah di destinasi wisata dan juga sebagai unsur kemitraan baik di pemerintah provinsi atau pemerintah daerah dalam upaya untuk mewujudkan dan mengembangkan kepariwisataan di daerah.

Itulah beberapa manfaat pengembangan desa wisata bagi warga desa setempat dan juga Pemerintah Desa nya.

Agar hal ini bisa terwujud, salah satu  poin yang bisa dimanfaatkan saat ini adalah peran pendamping desa. Untuk itu Anda harus tahu Apa Saja Tugas Pokok Pendamping Desa Dan Fungsinya? (Ev0)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top