Posisi Anda
Home > Nasional > Santri akan dapat Kartu Indonesia Pintar, Ini syaratnya

Santri akan dapat Kartu Indonesia Pintar, Ini syaratnya

karti pintar santri

Santri, Nasional – Kartu Indonesia Pintar tidak saja di peruntukkan bagi para pelajar disekolah-sekolah negeri. Santri yang mondok di pesantren pun berhak mendapatkan kartu pintar program pemerintah itu.

Untuk penyaluran program Kartu Indonesia Pintar (KIP) santri ini, Kementerian Agama telah menganggarkan dana Rp. 148 Milyar lebih. Dana KIP sebanyak ini untuk disalurkan kepada pondok pesantren salafiyah di Indonesia.

Hal ini untuk membantu biaya pendidikan para santri yang sedang menuntut ilmu agama. Ada sekitar 194 ribu santri yang akan mendapat bantuan dari Program Indonesia Pintar ini. Yakni santri yang sedang berada di tingkat Ula, Wustha dan Ulya.

Adapun kriterianya bukan berdasarkan jenjang kelas atau pendidikan. Melainkan berdasarkan umur santri. Mereka yang termasuk santri Ula yaitu yang berusia antara 6 – 12 tahun. Sedangkan Santri wustha adalah mereka yang umurnya 13 – 15 tahun. Dan kategori santri Ulya adalah yang berumur 16 – 21 tahun.

“Tahun 2017 ini, KIP akan disalurkan kepada santri yang jumlahnya lebih dari 194 ribu santri, terdiri dari 34 ribu santri Ula, 106 ribu santri Wustha, dan 53 ribu santri Ulya,” ujar Kasubdit Santri Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahmad Zayadi, di Jakarta.

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya telah merevisi regulasi untuk penyaluran KIP santri. Diharapkan tahun ini proses dan prosedur penyaluran akan lebih optimal. Menurutnya capaian target yang akan di realisasikan mencapai 97%.

Adapun regulasi yang dimaksud Kamaruddin diantaranya, surat keterangan tidak mampu (SKTM) cukup dikeluarkan oleh pimpinan pondok. Aturan sebelumnya bahwa SKTM harus diterbitkan oleh lurah atau kades asal daerah santri. Prosedur ini menjadi masalah tersendiri bagi santri yang jauh dari pondok.

Lantas Siapa saja santri yang akan mendapat KIP dan apa saja syaratnya ?

Seperti biasa, persyaratan untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) sebagaimana yang terapkan kepada siswa-siswi sekolah negeri yaitu santri-santri yang tergolong tidak mampu. Dan harus memiliki Surat Keterangan tidak Mampu dari Pimpinan Pondok Pesantren. Selain itu KIP atau Kartu Pintar ini juga akan diberikan kepada santri yatim.

Berbicara seputar dunia santri, ternyata ada Kisah nyata Hantu Santri di Lamongan yang Hidup kembali. (pdk)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Contoh Surat Peminjaman Alat Dan Barang Untuk Kepentingan Umum Nasional - Surat Peminjaman Alat kita butuhkan jika berurusan dengan hal yang sifatnya formal atau keorganisasian dan kelembagaan. Bagaimana cara membuat format surat peminjaman alat ke pihak kedua at...
Desa Penghasil Rumput Laut dapat bantuan dari Kemendes Pusat Nasional - Beberapa desa penghasil rumput laut di Indonesia akan mendapat bantuan dari Pemerintah pusat melalui kemendes PDTT. Pemberian bantuan ini untuk mengembangkan produk unggulan desa (Prudes) d...
Kapan Blangko KTP Elektronik Tersedia? Ini Penjelasannya Nasional - Ketersediaan blangko KTP Elektronik sudah lama kehabisan stok. Sehingga menjadi permasalahan bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dalam melayani masyarakat yang ingin ...
Peluang Beasiswa S2 dan S3 dari LPDP untuk Kuliah di Luar Negeri Beasiswa, Nasional - Pada Tahun 2017 ini banyak program besiswa pendidikan jenjang S2 yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan atau Lembaga dan Pemerintah. Salah satu diantaranya adalah peluang beasis...
Cara Mengecek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu yang Anda Miliki Cara mengecek sertifikat Tanah asli atau palsu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Karena sangat penting untuk Mengetahui Keaslian surat tanah milik kita sendiri. Sertifikat tanah merupakan dok...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top