Posisi Anda
Home > Lifestyle > Ingin Tahu Cara Mengatasi Macet Ketika Mudik Lebaran ? Begini Solusinya

Ingin Tahu Cara Mengatasi Macet Ketika Mudik Lebaran ? Begini Solusinya

Cara Mengatasi Macet

Lifestyle – Banyak masyarakat yang jarang memikirkan bagaimana Cara Mengatasi Macet ketika melakukan perjalanan mudik dan arus balik.

Ketika lebaran menjelang, maka ada satu tradisi yang tidak bisa ditinggalkan yaitu tradisi mudik.

Dimana masyarakat Indonesia khususnya yang beragama Islam dan merantau pasti melakukan rutinitas ini untuk bertemu sanak saudara dan berkumpul bersama saat lebaran datang.

Karena hanya dilakukan satu tahun sekali, momen ini dimanfaatkan dengan baik bahkan oleh mereka yang tidak berlebaran atau beragama lain.

Sayangnya, seringkali mudik menyebabkan kemacetan yang panjang baik ketika awal perjalanan maupun ketika anda sampai kota tujuan.

Memang kemacetan sudah menjadi cerita lawas yang selalu terjadi dan bertambah buruk di Indonesia.

Mengingat jumlah penduduk yang terus meningkat dan juga bertambahnya kendaraan dari hari ke hari. Sedangkan akses jalan banyak yang belum mendukung dan jumlah pembangunan ruas jalan juga tidak bertambah.

Untuk itu, berikut ini cara mengatasi macet dalam perjalanan mudik dan arus balik lebaran anda :

1. Pantau informasi

Solusi pertama yaitu memantau informasi untuk perjalanan mudik. Dimana anda harus selalu memantau dan update perjalanan mudik khususnya jalur yang anda gunakan.

Informasi ini bisa didapatkan dari mana saja selama valid seperti media televisi ataupun media online. Sehingga anda bisa tahu kondisi jalanan minimal H-2 sebelum jam keberangkatan.

Selain itu dengan selalu memantau informasi, anda bisa tahu bahwa jalur mudik yang digunakan memiliki alternative agar bisa dilaluli tanpa terkena kemacetan.

Selain media, pos polisi lebaran juga biasanya membantu dan membagikan infonya lewat akun resmi pos polisi dan lembaga terkait.

2. Waktu Keberangkatan

Ketika waktu keberangkatan mudik atau arus balik tidak dipilih dengan cara yang tepat, maka jumlah pemudik biasanya akan membludak dan anda terjebak dalam kemacetan.

Hal ini bisa menghambat perjalanan anda dan juga menyebabkan kemacetan.

Untuk itu pemilihan waktu keberangkatan bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghindari kemacetan serta kelelahan.

Jika banyak orang berangkat saat mulai hari libur, maka anda bisa berangkat lebih awal atau justru mundur dari hari libur/weekend.

Selain itu, biasanya jam Subuh atau dini hari menjadi waktu yang jarang dipilih, sehingga membantu anda terhindar dari macet.

Namun syaratnya anda harus pandai mengemudi karena lebih beresiko dan juga rawan pada waktu tersebut.

Baca Juga :   Lowongan Kerja Jadi Admin Facebook, Gaji 79 Juta Per Bulan. Segera !

Selain itu jika anda mengemudi ketika malam hari maka pada siang harinya persiapkan diri dengan tidur yang cukup.

3. Gunakan transportasi umum

Solusi cara menghindari macet selanjutnya adalah dengan menggunakan transportasi umum.

Untuk menghindari kemacetan dan rasa lelah yang melanda anda maka sebaiknya menggunakan transportasi umum saja.

Misalnya kereta, pesawat atau transportasi umum lainnya. Bahkan dengan memanfaatkan transportasi umum justru lebih murah dibandingkan dengan transportasi pribadi yang memakan bensin dan juga biaya perjalanan lebih banyak.

Begitupun dengan kemacetan yang melanda, akibatnya anda bisa kelelahan di jalan dan tidak menikmati perjalanan pulang kampung anda.

4. Kuasai jalur

Ketika anda pulang kampung menggunakan transportasi darat atau mobil pribadi, besar kemungkinan akan terkena kemacetan baik berangkat maupun pulang mudik.

Untuk itu, anda jangan nekad atau gambling jika tidak tahu jalan karena akan berakibat kelelahan dan memakan waktu yang lama.

Sebaiknya anda menguasai jalur mudik terlebih dahulu, agar tidak tersesat dan mengetahui jalur mana yang harus anda pilih jika terjadi kemacetan panjang.

Pengetahuan anda dalam menguasai jalur juga membantu untuk menghindari kondisi jalur tengkorak yang selalu menyebabkan kecelakaan.

Terutama untuk yang melewati jalur tol baru yang biasanya belum diketahui seluk beluknya oleh banyak orang karena masih pertama kali lewat jalan tersebut.

5. Siapkan fisik dan mental

Kemacetan tidak hanya memakan tenaga fisik namun juga mempengaruhi mental karena merasa kesal dan juga kelelahan.

Untuk itu, hindari kelelahan secara fisik dan juga mental. Jika dipaksakan khawatir terjadi kendala atau masalah, lebih baik anda tidak memaksakan diri dan istirahat sejenak.

Kemacetan memang polemik yang sudah lama terjadi dan sulit diatasi, untuk itu bagi anda yang melakukan mudik atau arus balik kembali ke kota, harus pintar-pintar dalam memilih dan juga mempersiapkan kepulangan anda.

Sehingga mudik saat lebaran dan kembali lagi untuk bekerja ke tempat tinggal di rantauan berjalan dengan selamat dan juga lancar.

Budaya mudik ketika lebaran datang memang terasa menyenangkan. Namun juga bisa menimbulkan pengeluaran yang besar dan pemborosan. Oleh karena itu anda wajib baca 6 Tips Mengatasi Gaya Hidup Boros Ketika Lebaran, Nomor 2 Paling Penting. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Lucu, Tak bisa Bahasa Inggeris, Atlet ini jawab pertanyaan Wartawan pa... Lifestyle, Pedekik.com - Walaupun tidak menguasai bahasa Inggeris, seorang atlet Jepang berhasil melakukan wawancara dalam bahasa Inggeris yang membuat tertawa para penonton. Bagaimana ia menjawab per...
Efek Negatif Facebook Menyita Banyak Waktu Ketimbang Bermasyarakat Lifestyle - Facebook sebenarnya memiliki banyak efek negatif jika anda tidak selalu waspada. Salah satu efek negatif facebook dalam kehidupan bermasyarakat adalah membuat waktu untuk bersosialisasi da...
Urutan Batu Akik Termahal Di Indonesia 2015 Batu akik saat ini sudah semakin populer saja. Dari Sabang sampai Merauke, anak-anak hingga dewasa semua sudah tidak asing dengan pembicaraan mengenai batu akik yang dibuat cincin. Begitu juga dengan ...
Begini Mengatasi Radang Tenggorokan saat Puasa agar Cepat Sembuh Lifestyle - Ketika berpuasa tubuh menjadi lebih rentan sakit, baik karena gaya hidup yang berantakan ataupun karena kondisi yang terganggu karena berpuasa seharian. Salah satu yang paling sering te...
Begini Cara Mengecek Keaslian ijazah dan Terdaftar di Kemenristekdikti Lifestyle, Pedekik.com - Mengecek keaslian ijazah sangat penting dilakukan karena banyak pemalsuan ijazah terjadi. Baik itu oleh perusahaan yang akan menerima karyawan, pendaftaran calon pimpinan atau...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top