Posisi Anda
Home > Bisnis > Manfaat Media Sosial untuk Peningkatan Bisnis

Manfaat Media Sosial untuk Peningkatan Bisnis

sosial media untuk bisnis

Bisnis – Manfaat media sosial untuk bisnis yang sedang kita jalankan akan membawa pengaruh signifikan bagi usaha kita ke depannya. Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini masyarakat dunia tidak asing lagi dengan istilah jaringan social media.

Hal ini merupakan sisi positif bagi bisnis yang sedang kita kembangkan. Lewat facebook, twitter, Instagram dan jaringan social membuat cara berkomunikasi lebih mudah, cepat dan efektif.

Sebagaimana kita ketahui bahwa jaringan social media merupakan tempat berkumpulnya suatu kelompok masyarakat secara online walaupun pada kenyataannya mereka berada di lokasi dan waktu yang berbeda.

Fenomena ini perlu kita manfaatkan untuk menaikkan citra bisnis yang akhirnya bisa membawa keuntungan yang lebih besar dan maksimal.

Hari ini media social menjadi trend paling depan bagi penduduk di belahan dunia manapun. Juga sebagai sarana promosi paling efektif untuk bisnis agar bisa menyasar konsumen lebih cepat dan luas.

Oleh karena itu kita perlu belajar cara marketing melalui Facebook Ads, Instagram, Telegram, Twitter dan lainnya. Karena walaupun promosi lewat jaringan social itu mudah, tetapi tidak boleh di lakukan sembarangan.

Berikut ini beberapa manfaat Media Sosial untuk Bisnis yang kita miliki :

1. Meningkatkan Citra Bisnis Anda

Ini adalah manfaat paling penting media sosial bagi bisnis yang anda miliki. Citra sebuah perusahaan atau usaha yang anda miliki merupakan salah satu tolak ukur bagi calon konsumen untuk menggunakan layanan atau produk dari bisnis yang anda jalankan.

Semakin kita sering memposting tentang keberadaan bisnis dan produk yang kita miliki, maka pembaca atau pengguna media sosial semaikn lebih banyak tahu bagaimana kualitas produk, manajemen bisnis, layanan pelanggan dan kualitas produk atau usaha yang kita tawarkan.

Untuk itu sangat perlu memanjemen posting atau update status yang berhubungan dengan bisnis kita secara professional.

2. Lebih mudah mengenal karakter calon pelanggan

Dengan seringnya kita berinteraksi dan berkomunikasi lewat social media kepada teman, relasi, kenalan dan masyarakat akan membuat kita bisa mengenal mereka lebih dekat.

Sebagai contoh lewat status teman di dinding facebooknya, kita bisa memahami makanan apa yang menjadi kesukaannya. Olahraga apa yang jadi hobby nya, model pakaian seperti apa yang dia inginkan.

Sehingga kita juga bisa bercerita lebih dalam tentang produk atau usaha yang kita miliki kepada teman dan relasi tadi. Dengan harapan mereka akan tertarik dan akhirnya membeli produk kita.

Menurut penelitian hampir 2,34 miliar penduduk dunia menggunakan jaringan sosial media. Jadi anda bisa menargetkan calon konsumen yang tepat dengan berbagai karakter, budaya, hoby dan lokasi yang berbeda.

3. Menaikkan Tingkat Konversi

Memanajemen usaha melalui media social terbukti mampu meningkatkan konversi bagi bisnis nada. Berdasarkan penelitian banyak peningkatan di alami perusahaan dengan memanfaatkam jaringan social secara professional.

Penjualan yang hanya dilakukan secara real, hasilnya bisa kita naikkan jika mau memanfaatkan media social sebagai ruang promosi secara online. Tentunya jumlah pembeli akan meningkat dari kegiatan online tersebut.

Baca Juga :   Mau Bikin Acara Siaran Langsung? Pakai Facebook Aja

4. Memudahkan komunikasi dengan konsumen

Ini juga manfaat positif penggunaan social media untuk bisnis yang kita miliki. Berkomunikasi dengan calon pelanggan atau konsumen akan lebih mudah dan cepat dilakukan.

Dari status jaringan social kita bisa mengintip dan menilai bagaimana reaksi konsumen setelah menggunakan produk kita. Termasuk jika ada keluhan dari pelanggan kita bisa membantu menangani dengan cepat.

Selain itu anda juga bisa berkomunikasi lebih lanjut dan mengidentifikasi tren baru yang mereka inginkan untuk kita wujudkan keinginan tersebut.

5. Hemat Biaya

Melakukan promosi dan sejenisnya melalui jaringan social media di facebook, twitter, Instagram dan lainnya adalah bentuk promosi yang cukup hemat biaya. Disamping langsung bisa menyasar kepada konsumen yang di targetkan, juga bisa dilakukan kapan saja 24 jam.

Dengan penghematan yang optimal tentu secara tidak langsung juga akan menaikkan target pendapatan dari bisnis yang anda tawarkan.

6. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dengan interaksi lewat sosial media kita bisa langsung menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan lebih cepat dan efisien. JIka pelanggan melakukan complain akan langsung di ketahui dan bisa di tangani secepat mungkin.

Hal ini tentunya menaikkan kredibilitas perusahaan atau bisnis anda di mata pelanggan dan konsumen. Oleh karena itu sebaiknya juga di sediakan operator atau customer service yang selalu online di jejaring sosial.

7. Menjadi Lebih Kompetitif

Media sosial sangat membantu dalam memasarkan produk anda secara kompetitif. Dengan melakukan promosi lewat media sosial akan lebih banyak target konsumen yang bisa melihat dan mengetahui bisnis anda.

Tidak hanya promosi nyata di lapangan, tetapi dengan jaringan media sosial seperti facebook dan semacamnya anda bisa promosi online untuk membantu mengatasi persaingan bisnis yang semakin ketat.

8. Meningkatkan traffic Web

Jika anda memiliki website untuk bisnis dan perusahaan anda, anda bisa mengoptimasi kunjungan ke website perusahaan anda tersebut lewat social media. Hal ini bertujuan supaya konsumen lebih banyak melihat citra perusahaan dan jenis produk kita secara luas.

Itulah beberapa keuntungan memanfaatkan media sosial untuk bisnis yang kita miliki. Akan lebih baik lagi jika anda memperdalam bagaimana cara berpromosi lewat social media.

Sekarang banyak yang menawarkan layanan belajar bisnis dengan memanfaatkan facebook, twitter dan juga website. Umumnya kelas bisnis itu berbayar. Walaupun mengeluarkan biaya, jika memang benar-benar akan menghasilkan keuntungan yang maksimal, kenapa tidak ?

Untuk itu mungkin anda juga perlu membaca artikel kami yang berjudul Inilah Kunci Sukses Bisnis Facebook Yang Perlu Anda Tiru. (ev0)

Manfaat Media Sosial untuk Peningkatan Bisnis was last modified: January 3rd, 2018 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Peluang Usaha Bisnis Joybiz Bakal Heboh Tahun 2018, Daftar Sekarang ! Bisnis – Jika anda mencari jenis usaha yang diperkirakan akan booming pada tahun 2018, maka peluang bisnis joybiz adalah salah satunya. Oleh karena itu segera ambil kesempatan ini sekarang juga. Karen...
Apa itu Bisnis JoyBiz Indonesia ? Bisnis – Apa itu bisnis Joybiz Indonesia ? Kami yakin masih banyak yang belum pernah mendengar kata JoyBiz. Kami yakin masih banyak yang belum tahu tentang apa itu Bisnis Joybiz. Kami yakin tidak sedi...
Peluang Bisnis 2018 Bagi Pemula Untuk Sarana Belajar Bisnis – Pembaca yang budiman, kali ini saya akan berbagi peluang bisnis 2018 bagi pemula sebagai sarana untuk belajar bisnis. Karena banyak juga diantara kita yang bingung mau mulai bisnis apa, mulai...
Kuliner Gurih Roti Canai Bengkalis Terima Panggilan Pesta Bisnis, Bengkalis - Salah satu kuliner ‘Roti Canai Bengkalis’ bisa anda jadikan pilihan jika anda berkunjung ke kota Kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini. Kuliner Bengkalis yang gurih ini bisa...
Cara Mengatur Keuangan Bisnis Bagi Pemula Agar Tidak Rugi Bisnis – Cara mengatur keuangan dalam bisnis adalah satu hal yang wajib anda ketahui agar usaha anda tidak mengalami kerugian. Kebanyakan pelaku bisnis pemula selalu terkendala soal urusan keuangan in...

Leave a Reply

Top