Posisi Anda
Home > Nasional > Peluang Beasiswa S2 dan S3 dari LPDP untuk Kuliah di Luar Negeri

Peluang Beasiswa S2 dan S3 dari LPDP untuk Kuliah di Luar Negeri

peluang beasiswa

Beasiswa, Nasional – Pada Tahun 2017 ini banyak program besiswa pendidikan jenjang S2 yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan atau Lembaga dan Pemerintah. Salah satu diantaranya adalah peluang beasiswa S2 dan S3 dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP ) untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Sebelum kami lanjutkan artikel ini tentu saja jika anda berminat pada program ini, maka pertama sekali yang harus anda miliki adalah kemampuan berbahasa Inggeris atau bahasa asing dan sudah memiliki ijazah S1. Sedangkan Program Beasiswa S1 Tahun 2017 dari Institut Teknologi HB Bandung telah dibuka kesempatannya beberapa waktu lalu.

Sebenarnya banyak masyarakat atau mahasiswa tamatan sarjana yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang Magister (S2) guna menambah wawasan ilmu pengetahuan dan juga mendapatkan gelar tentunya. Namun karena tingginya biaya pendidikan untuk menjadi mahasiswa pasca sarjana, menyebabkan tidak banyak masyarakat yang bisa membiayai kuliahnya sendiri. Untuk itulah peluang pendidikan S2 gratis banyak dicari oleh masyarakat.

Hanya saja untuk bisa memperoleh peluang kuliah S2 dengan program bantuan dana pendidikan atau beasiswa, biasanya harus memenuhi beberapa persyaratan yang terbilang lumayan berat. Baik dari sisi seleksi, pengalaman dan juga prestasi yang pernah diraih.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP merupakan lembaga atau badan yang bernaung di bawah Kementerian Keuangan ( Kemenkeu ). Jadi peluang beasiswa S2 dan S3 untuk pendidikan luar negeri yang tawarkan ini sudah tentu merupakan program pemerintah. Bahkan pemerintah pada bulan maret ini juga membuka Pendaftaran Masuk Sekolah Ikatan Dinas 2017 secara Online dan Serentak.

Lantas apa dan bagaimana persyaratan dan ketentuan untuk mendapatkan peluang beasiswa S2 dan S3 yang di selenggarakan oleh LPDP untuk kuliah di luar negeri ini ?

Berdasarkan pengumuman yang telah di publikasikan melalui booklet LPDP untuk Beasiswa Indonesia Timur, kami kutipkan beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus di penuhi sebagai berikut :
1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
2. Merupakan penduduk asli provinsi sasaran yang dibuktikan dengan:
a. Surat Keterangan dari Kepala Suku, bagi pendaftar yang merupakan suku asli dari Provinsi Sasaran;
b. Surat Keterangan dari Bupati atau Walikota, bagi pendaftar yang diterima dan diakui sebagai penduduk asli di Provinsi Sasaran;
c. Surat Keterangan Berdomisili dari Camat, bagi Pendaftar yang telah menetap sekurang-kurangnya selama 20 (dua puluh) tahun di Provinsi Sasaran; atau
d. Akta Kelahiran dan Ijazah, bagi Pendaftar yang lain dan bersekolah pada tingkat SD/MI/setara dan SMP/MTs/setara atau SD/MI/setara dan SMA/SMK/MA/setara di Provinsi Sasaran.
3. Mempunyai pengalaman kerja, riwayat kepemimpinan, dan/atau kontribusi terhadap masyarakat.
4. Mendapatkan rekomendasi dari pimpinan bagi yang sedang bekerja, atau tokoh/pakar di bidangnya.
5. Memilih Program Studi dan Perguruan Tinggi Tujuan sesuai dengan ketentuan LPDP.
6. Menulis esai sesuai dengan ketentuan LPDP.
7. Melampirkan Ijazah, Transkrip Nilai, dan dokumen resmi penguasaan bahasa Inggris yang masih berlaku atau bahasa asing lainnya yang ditentukan oleh LPDP.
8. Melampirkan Surat Keterangan Sehat dari Unit Pelayanan Kesehatan yang menyatakan pendaftar bebas HIV/AIDS, TBC, dan Narkoba.
9. Melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.
10. Membuat beberapa Surat Pernyataan.

Baca Juga :   Bunga Pinjaman di Pegadaian per Bulan Paling Murah, Hanya 0,01%

Untuk negara tujuan dan Universitas tempat menimba ilmu yang telah di tentukan LPDP pada program S2 dan S3 ini adalah Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan. Sementara Perguruan Tinggi tujuan di antaranya, Arizona State University ( Amerika ), Boston University ( Amerika ), Harvard University ( Amerika ), Nagoya University ( Jepang ), Osaka Unversity ( Jepang ), Korea University ( Korea Selatan ), Seoul National University ( Korea Selatan ) dan banyak lagi.

Peluang beasiswa S2 dan S3 ini dimaksudkan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul guna mendorong kemajuan perekonomian dan kemaritiman di propinsi sasaran. Dan bagi mereka yang telah berhasil studi nantinya di wajibkan untuk mengabdi di daerah asalnya.

Beasiswa yang diberikan merupakan beasiswa penuh yang terbagi dalam 3 kategori berikut:
a. Biaya Program Persiapan Studi:
– Biaya hidup bulanan dan biaya transportasi keberangkatan dan kepulangan ke Provinsi asal.
b. Biaya Pendidikan:
– Biaya pendaftaran, SPP (termasuk matrikulasi non-bahasa), dan biaya non-SPP (buku, tesis atau disertasi, seminar, publikasi, dan jurnal internasional).
c. Biaya Pendukung:
– Biaya transportasi keberangkatan dan kepulangan studi dari domisili asal ke Perguruan Tinggi tujuan;
– Biaya visa (termasuk paspor);
– Biaya kedatangan (settlement allowance);
– Biaya hidup bulanan (living allowance);
– Tunjangan keluarga untuk Program Doktoral;
– Biaya asuransi kesehatan dasar; dan
– Biaya keadaan darurat yang disetujui LPDP.

Jadi untuk informasi lebih lengkap dan jelas tentang program bantuan dana pendidikan gratis dari LPDP jenjang S2 dan S3 luar negeri ini, baik persyaratan, ketentuan dan proses pendaftarannya, bisa anda baca di Booklet Beasiswa Indonesia Timur yang dapat di download pada link : http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/wp-content/uploads/2017/01/Booklet-Beasiswa-Indonesia-Timur.pdf

Proses pendaftaran dan seleksi program ini telah dibuka mulai tanggal 16 Januari 2017 dan berakhir pada 12 April 2017 mendatang. Seleksi akan dilakukan secara bertahap berupa seleksi administratif, seleksi substantif (TPA, LGD, Wawancara, Essay on the spot), dan tes kesehatan.

Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa Program beasiswa ini hanya di tujukan bagi putra-putri terbaik yang berasal dari 5 propinsi di Indonesia bagian Timur. Yakni Propinsi Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Informasi lebih resmi dan detail untuk Beasiswa Khusus Indonesia Timur LPDP kuliah di Amerika, Jepang dan Korea Selatan, dapat diminta melalui email: cso.lpdp@kemenkeu.go.id, Call center 1500 652, atau kunjungi website resmi LPDP di : www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Demikianlah ulasan tentang peluang beasiswa S2 dan S3 Luar Negeri kali ini. Bagi anda yang tidak masuk dalam kategori penawaran ini, mungkin anda bisa mendaftar Beasiswa Kuliah S2 Gratis program bantuan dana pendidikan di Jepang. (pdk)

Peluang Beasiswa S2 dan S3 dari LPDP untuk Kuliah di Luar Negeri was last modified: March 5th, 2017 by admin

Pengunjung Lain Juga Membaca Ini :

Internet Akan Menjangkau Seluruh Desa Pada 2015 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan pada 2015 layanan internet sudah harus menjangkau seluruh desa di Indonesia. Kemenkominfo kini mulai menetapkan prioritas program deng...
Kapolri Dapat Hadiah Pedang warna emas Dari Raja Salman Jakarta, Nasional - Kapolri Tito Karnavian dihadiahi Pedang berwarna keemasan dari Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman. 'Pedang Emas' itu di serahkan oleh Raja Salman melalui Duta Besar Arab Saudi untuk ...
Operator sumbang program internet masuk desa Rp 1,4 triliun Program pembangunan infrastruktur telepon dan internet di pelosok Tanah Air (Universal Service Obligation /USO) tahun lalu meraup dana besar. Kementerian Telekomunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ...
Warga Pedekik Bengkalis Jadi Peserta MTQ Nasional Ke-25 2014 Batam Bengkalis - Musabaqoh Tilawatil Qur'an Tingkat Nasional ke-25 di Batam akan dibuka tanggal 6 Juni 2014. Berlokasi di Dataran Engku Putri Batam, para kafilah seluruh provinsi yang ada di Indonesia akan...
Pengurusan KTP Elektronik Dihentikan Sementara Bengkalis - Pengurusan E-KTP untuk sementara waktu dihentikan oleh pemerintah. Penghentian ini sifatnya hanya sementara hingga Januari 2015. Hal ini disebabkan karena adanya dua data base yang dijadik...
Do’a Kamilin Setelah Sholat Tarawih Alhamdulillah... Kita bersyukur kepada Allah SWT karena pada tahun ini Allah SWT telah berikan rahmat kepada kita berupa umur panjang sehingga bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadhan 1435 H. Dimana...
Download Ebook Khutbah Jum’at Tentang Isra’ Mi’raj Sebelum saya menyajikan tentang ebook khutbah jum’at yang bertema Isro’ Mi’roj nya Nabi SAW, mungkin ada baiknya sedikit kita mengenang kembali beberapa poin yang berhubungan dengan Isro’ Mi’roj. P...
Pendeta Se-DKI Sepakat Tidak Dukung Ahok Di Pilkada Jakarta Putaran Ke... Nasional - Pilkada Jakarta putaran kedua akan digelar dalam waktu dekat. Kedua kubu Anis-Sandi dan Ahok Djarot masing-masing berusaha sekuat tenaga untuk memenangkan proses pemilihan Kepala Daerah Pro...

Leave a Reply

Top