Posisi Anda
Home > Nasional > Berapa Kenaikan Gaji PNS 2019 ? Ini Info Terbaru Dari BKN

Berapa Kenaikan Gaji PNS 2019 ? Ini Info Terbaru Dari BKN

Kenaikan gaji PNS

Nasional – Kenaikan Gaji PNS 2019 diperkirakan akan mengalami peningkatan sebagaimana konsep yang sedang disusun oleh Direktorat Kompensasi ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Berita gaji PNS naik memang selalu ditunggu oleh para Pegawai Negeri Sipil. Karena sudah beberapa tahun PNS tidak merasakan kenaikan gaji pokok. Walaupun sebelumnya pemerintah sudah memberikan gaji ke 13. Bahkan THR PNS 2018 Sudah Ditetapkan Pemerintah, Ini Besarannya.

Menurut berita yang dilansir Tribunnews.com (28/02/2018) kemungkinan besar gaji para ASN akan naik pada tahun 2019 mendatang. Hal ini diungkapkan Kabiro Humas BKN Mohammad Ridwan di situs BKN.go.id.

Penghasilan pegawai negeri terakhir kali naik pada tahun 2015 dengan angka mencapai 6%. Setelah itu belum ada lagi kenaikan gaji PNS hingga tahun 2018. Sebagai gantinya pemerintah memberikan gaji ke 13 dan Tunjangan Hari raya.

Tahun ini kebijakan THR tidak hanya diterima oleh Pegawai aktif, tetapi juga bagi ASN yang sudah purna tugas alias pensiun akan diberikan tunjangan lebaran.

Kembali dengan naiknya gaji pokok pns 2019, Mohammad Ridwan menjelaskan bahwa Rancangan PP (Peraturan Pemerintah) tentang gaji, tunjangan dan fasilitas ASN hingga kini belum juga ditetapkan pemerintah.

Adapun regulasi yang mengatur tentang Gaji PNS masih menggunakan PP Nomor 7 Tahun 1997, yang pada tahun 2015 diterbitkan PP perubahannya dengan PP Nomor 30 / 2015.

Itulah sebabnya Lembaga Negara yang mengurus masalah Pegawai negeri sipil ini, berencana mengusulkan naiknya gaji pegawai kepada Pemerintah.

Kenaikan gaji PNS 2019 yang diusulkan oleh BKN selanjutnya akan dibahas dalam Forum antar Kementerian yang mana mencakup analisa anggaran dan dampak fiskalnya. Baru nanti masuk ke Rancangan APBN dan Nota Keuangan jika pengajuan usulan tersebut di setujui.

Baca Juga :   Beasiswa BPI dari LPDP untuk program pasca sarjana S2 dan S3

Apalagi sampai saat ini masih santer diberitakan bahwa hutang Negara terus membengkak hingga ribuan triliun. Tentu butuh pertimbangan dan perhitungan yang matang jika pemerintah akan menaikkan gaji para PNS.

Mengingat jumlah PNS Nasional di seluruh Indonesia yang harus di biayai oleh Negara tidak sedikit. Sehingga anggaran yang diperlukan untuk menambah gaji pokok ASN tersebut supaya naik, juga sangat besar.

Namun begitu konsep untuk pengusulan kenaikan gaji ASN tersebut tetap dibuat BKN dengan harapan penghasilan PNS tahun depan benar-benar mengalami penambahan dan mampu membuat Pegawai lebih sejahtera.

Sedangkan informasi mengenai berapa Kenaikan Gaji PNS 2019, Direktur Kompensasi ASN Badan Kepegawaian Negara Aswin Eka Adhi, seperti diberitakan tribunnews.com menuturkan bahwa jumlah besarannya belum bisa dipastikan.

Karena tergantung dari hasil perhitungan kemampuan keuangan Negara dan kapasitas fiskal, yang mana hal itu akan digodok terlebih dahulu melalui forum pembahasan antar Lembaga dengan Kementerian Keuangan.

Jika gaji PNS pada tahun depan benar-benar mengalami kenaikan mungkin sedikit banyak akan berpengaruh terhadap tenaga honorer yang juga sangat berharap bisa menjadi Pegawai Negeri. Terutama bagi honorer K2 yang nasibnya sudah lama terkatung-katung.

Meski demikian ada kabar bahwa salah seorang Ketua DPR, Bambang Soesatyo akan memperjuangkan nasib tenaga honor tersebut supaya Komisi II DPR bisa memfasilitasi hal itu dengan Kemenpan RB. Berikut Informasi CPNS Honorer K2 Dari Kemenpan RB 2018. (ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Verifikasi Berkas CPNS 2014 Hanya Diumumkan Secara Online Tanggal 13 O... Bengkalis -  Pengumuman hasil verifikasi berkas CPNS 2014 untuk provinsi Riau akan dilaksanakan pada tanggal 13 oktober mendatang. BKD Riau sepakat akan mengumumkan hasil pemberkasan cpns tersebut sec...
Pendeta Se-DKI Sepakat Tidak Dukung Ahok Di Pilkada Jakarta Putaran Ke... Nasional - Pilkada Jakarta putaran kedua akan digelar dalam waktu dekat. Kedua kubu Anis-Sandi dan Ahok Djarot masing-masing berusaha sekuat tenaga untuk memenangkan proses pemilihan Kepala Daerah Pro...
Menteri Desa bicarakan Investasi dari Malaysia mengatasi listrik Nasional - Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjoyo bertemu dengan Duta besar Malaysia untuk Indonesia guna membicarakan investasi. Pertemuan itu berlangsung saat kunjungan Dubes Malaysia ke kantor Kement...
Pendamping Desa Pusat PNPM Mandiri Statusnya Sudah Dijelaskan Kemendes... Nasional - Dilema pendamping desa pusat bekas PNPM Mandiri era Presiden SBY kini statusnya sudah dijelaskan oleh Kemendesa Marwan Ja'afar. Menurut beliau program pemberdayaan masyarakat tersebut bukan...
Tingkatkan Kapasitas Kepemimpinan Desa, RI gaet Australia Nasional - Dalam upaya meningkatkan Kapasitas kepemimpinan Desa di nusantara, Kemendesa PDTT akan menggaet Australia untuk bekerjasama. Diharapkan para pemimpin desa nantinya akan lebih profesional da...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top