Posisi Anda
Home > Bengkalis > Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Kabupaten Bengkalis Tahun 2017

Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Kabupaten Bengkalis Tahun 2017

lomba inovasi teknologi tepat guna

Bengkalis – Pemerintah Kabupaten Bengkalis kembali menggelar acara Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna untuk tahun 2017. Sebagaimana biasa lomba ini bertujuan untuk menggali ide-ide kreatif dan inovatif yang ada di masyarakat dan kalangan mahasiswa/pelajar.

Adapun SKPD yang menangani kegiatan lomba ini diserahkan kepada badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMPD) Kabupaten Bengkalis. Lomba terbagi kepada dua kategori.
1. Kategori Masyarakat/Umum
2. Kategori Mahasiswa/pelajar

Tema yang diusung untuk Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2017 ini adalah : “Dengan Inovasi Teknologi Tepat Guna Kita Wujudkan Kreatifitas dan Kemandirian Masyarakat Dalam Memanfaatkan Potensi Sumber Daya Alam Lokal”.

Sementara untuk bidang kajian yang dilombakan yaitu :

1. Pengelolaan pangan
2. Pemanfaatan energi baru dan terbarukan
3. Pengelolaan lingkungan
4. Penyediaan infrastruktur
5. Kemampuan ekonomi (kerajinan dan ekonomi kreatif).

Bagi masyarakat umum dan kalangan mahasiswa atau pelajar yang berminat untuk mengikuti kompetisi teknologi tepat guna tahun 2017 ini harus mematuhi ketentuan dan persyaratan sebagai berikut :

1. Penulisan makalah adalah ditulis dalam bahasa Indonesia.
2. Naskah diketik pada kertas HVS 70 gram dengan ukuran A4 (kwarto).
3. Font Times New Roman dengan size 12pt dan ukuran spasi 1,5.
4. Naskah/makalah dijilid rapi dengan warna cover (sampul) hijau.
5. Pada kanan atas cover ditulis bidang kajian (pilihan).

Sedangkan untuk format makalah dalam penulisan materi yang disajikan harus mengikuti ketentuan seperti dibawah ini :

1. Pendahuluan (berisi tentang uraian latar belakang, tujuan dan manfaat).
2. Deskripsi (berisi tentang informasi spesifikasi alat, ukuran, bahan dan biaya pembuatan).
3. Kesimpulan (berisi tentang uraian saran/rekomendasi strategis pengembangan ke depan).
4. Lampiran (tabel, foto alat, grafik, CD, dan gambar pendukung lainnya).

Pada lomba inovasi teknologi tepat guna yang di selenggarakan oleh BPMPD Bengkalis tahun 2017 ini akan dilakukan dua tahapan penilaian.

– Pertama penilaian berdasarkan kelengkapan dan kejelasan dokumen usulan serta bobot nilai kriteria.
– Kedua penilaian berdasarkan hasil presentasi peserta dan pengamatan langsung tim seleksi.

Untuk itu jika anda adalah masayarakat atau warga Kabupaten Bengkalis baik pelajar atau masyarakat biasa silahkan mengikuti lomba inovasi teknologi tepat guna ini. Dimana persyaratan peserta adalah masyarakat atau mahasiswa yang berdomisili di wilayah Kabupaten Bengkalis. Untuk pelajar SMA/SMK dan mahasiswa harus terdaftar sebagai siswa/mahasiswa.
Peserta boleh secara individu atau perorangan dan juga bisa secara berkelompok dengan jumlah maksimal tiga orang. Masing-masing peserta atau kelompok diperbolehkan mengirimkan dua karya inovasi.

Baca Juga :   Polsek Bengkalis Adakan Operasi Cipta Kondisi Pada Malam Hari

Persyaratan lainnya adalah :

– Melampirkan surat pernyataan bahwa karya yang dibuat adalah benar-benar ide sendiri dan belum pernah meraih juara pada lomba lain.
– Peserta yang masuk ke babak final wajib membawa produk/alat/prototype dari karyanya.
– Tidak diperkenankan mengikuti dua kategori sekaligus (masyarakat dan mahasiswa).
– Makalah hasil karya inovasi dikirim kepada panitia sebanyak lima rangkap.
– Naskah/makalah dimasukkan kedalam amplop.
– Berkas makalah bisa diantar langsung ke panitia atau melalui pos paling lambat tanggal 02 Mei 2017, kepada Sekretariat Panitia Lomba Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Up. Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), dengan alamat Jl. Pertanian No 2 Bengkalis.
– Informasi lebih lanjut hubungi Mardiana (085271729248) dan Budiman (082174191999).

Hadiah yang di sediakan bagi pemenang dalam lomba inovasi teknologi tepat guna tahun 2017 Kabupaten Bengkalis ini adalah berupa trophi dan uang tunai.

a. Juara I : Uang tunai Rp 10 juta dan trophi/piala.
b. Juara II : Uang tunai Rp 9 juta dan piala.
c. Juara III : Uang tunai Rp 8 juta dan piala.
d. Juara harapan I : Uang tunai Rp 6 juta.
e. Juara harapan II : Uang tunai Rp 5 juta.
f. Juara harapan III : Uang tunai Rp 4 juta.
g. Empat finalis yang tidak mendapatkan juara juga akan mendapatkan sagu hati sebesar Rp 500 ribu rupiah.

Selain hadiah diatas bagi para pemenang juara I s/d Juara harapan III dari masing-masing kategori akan mendapatkan dana bantuan untuk pembuatan dan pengembangan miniatur karya inovasi yang julahnya masing-masing sebesar Rp1,7 juta.

Dan miniatur karya inovasi yang telah di buat dalamt lomba ini akan menjadi milik BPMD Kabupaten Bengkalis.

Demikian pemberitahuan terkait lomba inovasi teknologi tepat guna (TTG) kabupaten Bengkalis tahun 2017. Bagi anda yang berminat silahkan untuk mendaftar dan kembangkan kreatifitas anda sehingga bisa dimanfaatkan dan hasil karya anda akan digunakan oleh masyarakat. (pdk)

 

Sumber : http://www.bengkaliskab.go.id/berita-2147-ayo-ikuti-lomba-inovasi-teknologi-tepat-guna-tingkat-bengkalis-2017.html

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Polsek Bengkalis Buka Rapat Kordinasi Pra Pilkades Bengkalis - Menjelang Pilkades, Polsek Bengkalis mengadakan rapat kordinasi bersama para Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa se Kecamatan Bengkalis. Hal ini perlu di lakukan agar tercipta suasana yang...
Ternyata Di Bengkalis Masih Banyak Preman, Ratusan Tertangkap Bengkalis - Ternyata di Kabupaten Bengkalis masih banyak terdapat preman yang mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat. Dari operasi yang di gelar di beberapa kecamatan oleh Polres Bengkalis, t...
Kecamatan Bengkalis Juara III Lomba Pidato Jambore PKK 2014 Bengkalis - Untuk meningkatkan semangat para kader PKK di wilayah Bengkalis, Tim penggerak PKK Kabupaten Bengkalis mengadakan acara Jambore PKK yang di adakan pada hari Senin 1 Desember 2104. A...
Tata Cara Sholat Istisqo’ (Meminta Hujan) SHOLAT ISTISQO’ Istisqo’ secara bahasa adalah meminta turun hujan. Secara istilah yaitu meminta kepada Allah SWT agar menurunkan hujan dengan cara tertentu ketika dibutuhkan hamba-Nya. Hukum shala...
Bengkalis Meraih Penghargaan Piala Adipura 2013 Bupati Bengkalis Herliyan Saleh secara langsung menerima penghargaan Piala Adipura sebagai Kota Kecil Terbersih dari Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono (SBY) di Istana Negara, Selasa (5/6/12). Pen...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top