Posisi Anda
Home > Bengkalis > PT Meskom Bengkalis Di Demo Masyarakat Pekerja Tempatan

PT Meskom Bengkalis Di Demo Masyarakat Pekerja Tempatan

pt meskom bengkalis

Bengkalis – PT Meskom Agro Sarimas (MAS) yang berlokasi di desa Pangkalan Batang Barat Bengkalis di demo masyarakat tempatan beberapa hari lalu. Masyarakat yang melakukan unjuk rasa ke perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan sawit tersebut menuntut hak mereka selaku Buruh Harian Lepas.

Adapun PT Meskom Bengkalis selama ini di ketahui telah mempekerjakan buruh dari masyarakat tempatan dan juga dari luar daerah Bengkalis. Menurut Persatuan Pekerja Putra Daerah selama ini PT Meskom Agro Sarimas Bengkalis belum memberikan perlakuan selayaknya kepada para buruh. Khususnya pekerja harian lepas yang merupakan putra daerah Bengkalis.

Oleh karena itu mereka menuntut agar haknya sebagai pekerja di penuhi oleh perusahaan sebagaimana mestinya. Sebagaimana dilansir riaugreen.com edisi Rabu (29/3/2017) ratusan buruh yang tergabung dalam Persatuan Pekerja Putra Daerah itu menyampaikan aspirasinya terkait dengan masalah tunjangan transportasi, UMK dan hal lainnya.

“Dalam unjuk rasa ini kami menyampaikan lima tuntutan. Pertama masalah tunjangan, Upah minimum, Uang makan, tunjangan transportasi, dan terakhir mengenai status kami,” terang Koordinator P3D Indra Asral.

Selanjutnya di beritakan bahwa para pekerja PT Meskom Bengkalis yang merupakan asli anak watan Bengkalis itu mengeluhkan status mereka yang sudah bekerja bertahun-tahun di perusahaan tersebut.

Mereka mengklaim buruh yang berasal dari luar Bengkalis diberikan jabatan sementara yang masyarakat asli kelahiran Bengkalis statusnya masih saja sebagai pekerja harian lepas. Padahal dari sisi kemampuan kerja terbilang sama.

“Kami menilai PT. MAS selama ini tidak adil dalam penerimaan dan penempatan tenaga kerja. Masak pekerja dari luar Bengkalis yang kemampuannya sama bahkan dibawah kami diberikan jabatan. Satu lagi kami selama bertahun-tahun bekerja di PT. Meskom ini statusnya hanya buruh lepas terus,”lanjut Indra dalam orasinya seperti dilansir riaugreen.

Selanjutnya unjuk rasa yang di lakukan sekitar 300 an buruh tempatan itu meminta agar perusahaan PT Meskom Bengkalis memperhatikan fasilitas transportasi buruh. Karena mereka selama ini menggunakan kendaraan sendiri dalam wilayah perusahaan tersebut.

Baca Juga :   Desa Kembung Luar Kecamatan Bantan Pusat Penyelenggaraan MTQ

Menurut pekerja itu seharusnya paling tidak perusahaan menyediakan fasilitas seperti bus untuk antar jemput pekerja ke luar lokasi perusahaan. Tidak memakai kendaraan pribadi sehingga harus mengeluarkan biaya tersendiri untuk beli BBM.

“Coba tengok transportasi kami, kami pakai kendaraan pribadi dari kilometer 0 sampai ke lokasi. Itu semua kami tanggung sendiri operasional kendaraanya selama ini. Kalau tidak perusahaan harus menyiapkan Bus untuk antar jemput kami,”teriak mereka dalam demonstrasi itu.

Aksi demo pekerja harian lepas PT MAS di desa Pangkalan Batang Barat pada Rabu 29 Maret itu di mulai sekitar pukul 08.00 pagi hari. Mereka beramai-ramai melakukan long march menuju lokasi kantor perusahaan dari kilometer 0 Jalan Utama gerbang masuk perusahaan.

Namun dalam aksi yang di gelar menuju ke PT Meskom Bengkalis tersebut para pekerja di kawal pihak kepolisian dari satuan Polres Bengkalis untuk berjaga-jaga. Memang sudah semestinya selaku pihak yang berwajib aparat keamanan mendukung dan menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kerja mereka. Sebagaimana Polsek Bengkalis Adakan Operasi Cipta Kondisi Pada Malam Hari. (pdk)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Polsek Bengkalis Adakan Operasi Cipta Kondisi Pada Malam Hari Bengkalis - Polsek Bengkalis dalam rangka mewujudkan kamtibmas di wilayah Kecamatan Bengkalis mengadakan Patroli Rutin di beberapa titik bersama dengan Satlantas dan anggota piket dari Kepolisian Reso...
Dinas Sosial Bengkalis Bantu Lokasi Pemakaman Umum Pedekik Bengkalis - Masyarakat Desa Pedekik Kecamatan Bengkalis khususnya warga dusun II dan III patut bersyukur karena mendapat bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis berupa proyek pagar keliling ...
Peringatan Maulid Nabi 2014 Desa Pedekik Bengkalis Bengkalis - Peringatan Maulid Nabi Desa Pedekik kali ini agak berbeda dari peringatan Maulid Nabi SAW yang sering dilaksanakan di mesjid-mesjid dalam lingkungan Desa Pedekik. Kalau biasanya acara maul...
Tata Cara Sholat Istisqo’ (Meminta Hujan) SHOLAT ISTISQO’ Istisqo’ secara bahasa adalah meminta turun hujan. Secara istilah yaitu meminta kepada Allah SWT agar menurunkan hujan dengan cara tertentu ketika dibutuhkan hamba-Nya. Hukum shala...
Warga Duri Keluhkan Biaya Proyek Trotoar Kabupaten Bengkalis 1,9 M Bengkalis - Pemkab Bengkalis melalui Dinas TKTRP telah membangun trotoar bagi pejalan kaki di Kota Duri Kecamatan Mandau. Namun salah seorang warga Duri mengeluhkan biaya pembangunan proyek trotoar ya...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top