Posisi Anda
Home > Nasional > Warga Negara China ini Dua kali Melanggar Hukum Indonesia

Warga Negara China ini Dua kali Melanggar Hukum Indonesia

wna china

Nasional – Adalah seorang wanita warga negara China bernama Zeng Jinmao, telah ditangkap oleh petugas Imigrasi ketika sedang jualan perhiasan di pasar Masamba, Luwu Utara, SulSel pada pekan lalu. Dia telah melanggar hukum Indonesia karena dirinya telah bekerja (berdagang) dengan menggunakan visa wisatawan.

Sebagaimana dilansir viva.co.id wanita warga asing itu sebelumnya juga pernah ditangkap karena melanggar undang-undang yang sama bulan Februari 2017 lalu. Hal ini di katakan langsung oleh Pejabat Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan Ramli HS selaku Kepala Divisi Keimigrasian.

Kemudian atas pelanggarannya tersebut Zeng Jinmao diamankan pihak Imigrasi dan dideportasi ke negara asalnya lewat Bandar Udara Internasional Sukarno Hatta. Ternyata pihak imigrasi sudah melihatnya kembali berjualan di Palopo.

Menurut Ramli HS dia masuk ke Indonesia lagi dengan cara mengganti paspornya dengan yang baru. Sebab kalau masih menggunakan paspor lama akan terdeteksi pihak imigrasi. Demikian Ramli memberikan keterangan kepada viva.co.id Minggu (12/3/2017) di Makasar.

Masuk ke Indonesia yang kedua kali pake visa kunjungan Zeng kembali melanggar hukum Indonesia dengan berjualan di daerah Palopo. Ia tahu kalau dirinya kemudian diincar oleh petugas lagi. Jadi untuk menghindar, warga negara China ini pindah ke Luwu.

“Sempat hilang juga dia. Rupanya pindah ke Masamba, Luwu Utara. Dan berjualan lagi di sana. Badan Kesbangpol Masamba yang beri informasi kalau dia itu berjualan di sana,” jelas Kadiv Keimigrasian Sulsesl Ramli HS.

Kini WNA China tersebut terancam di Blacklist oleh Pemerintah RI. Kasusnya sedang di proses dan petugas masih mendalami bukti-bukti pelanggaran. Jika terbukti maka Zeng Jinmao dilarang masuk ke Negara Indonesia lagi.

“Saat ini yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan, petugas masih mendalami bukti-bukti pelanggarannya. Jika nanti terbukti, maka segera dideportasi dan akan di-black list,” ucap Ramli. (pdk)

 

Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/893101-pernah-dideportasi-wn-china-dagang-lagi-di-sulsel

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Pendataan Potensi Desa Akan Di Lakukan Pemerintah Pada Bulan Mei Nasional – Pemerintah akan melakukan pendataan ulang potensi desa. Pendataan ini akan di mulai bulan Mei depan yang akan dilakukan oleh BPS (Badan Pusat Statistik). Pendataan Potensi desa menurut K...
Daftar Beasiswa Penuh S1 Dalam Negeri Tahun 2018 Bagi Siswa SLTA Nasional – Bagi siswa yang sedang duduk di kelas 3 saat ini bisa ikut mendaftar peluang Beasiswa Penuh S1 Dalam Negeri untuk kuliah tahun 2018. Ini merupakan kesempatan emas untuk adik-adik yang ingin...
Tingkatkan Kapasitas Kepemimpinan Desa, RI gaet Australia Nasional - Dalam upaya meningkatkan Kapasitas kepemimpinan Desa di nusantara, Kemendesa PDTT akan menggaet Australia untuk bekerjasama. Diharapkan para pemimpin desa nantinya akan lebih profesional da...
Beasiswa Kuliah S2 Gratis program Bantuan dana pendidikan di Jepang Beasiswa, Nasional - Beasiswa kuliah S2 untuk mendapatkan gelar Magister semakin banyak di incar oleh masyarakat. Kuliah gratis dengan program beasiswa penuh ini sangat didambakan bagi mereka yang ing...
Aturan Baru Tentang Daya Listrik Naik, Sedang dibahas Pemerintah Nasional – Tidak lama lagi Pemerintah akan menerapkan aturan baru mengenai daya listrik naik bagi rumah tangga. Karena saat ini sedang diadakan pembahasan antara Kementerian ESDM dan PT. PLN tentang h...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top