Posisi Anda
Home > Nasional > Warga Negara China ini Dua kali Melanggar Hukum Indonesia

Warga Negara China ini Dua kali Melanggar Hukum Indonesia

wna china

Nasional – Adalah seorang wanita warga negara China bernama Zeng Jinmao, telah ditangkap oleh petugas Imigrasi ketika sedang jualan perhiasan di pasar Masamba, Luwu Utara, SulSel pada pekan lalu. Dia telah melanggar hukum Indonesia karena dirinya telah bekerja (berdagang) dengan menggunakan visa wisatawan.

Sebagaimana dilansir viva.co.id wanita warga asing itu sebelumnya juga pernah ditangkap karena melanggar undang-undang yang sama bulan Februari 2017 lalu. Hal ini di katakan langsung oleh Pejabat Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan Ramli HS selaku Kepala Divisi Keimigrasian.

Kemudian atas pelanggarannya tersebut Zeng Jinmao diamankan pihak Imigrasi dan dideportasi ke negara asalnya lewat Bandar Udara Internasional Sukarno Hatta. Ternyata pihak imigrasi sudah melihatnya kembali berjualan di Palopo.

Baca Juga :   Siswa SD Indonesia Akan pecahkan Rekor Dunia di Inggeris karena ini

Menurut Ramli HS dia masuk ke Indonesia lagi dengan cara mengganti paspornya dengan yang baru. Sebab kalau masih menggunakan paspor lama akan terdeteksi pihak imigrasi. Demikian Ramli memberikan keterangan kepada viva.co.id Minggu (12/3/2017) di Makasar.

Masuk ke Indonesia yang kedua kali pake visa kunjungan Zeng kembali melanggar hukum Indonesia dengan berjualan di daerah Palopo. Ia tahu kalau dirinya kemudian diincar oleh petugas lagi. Jadi untuk menghindar, warga negara China ini pindah ke Luwu.

“Sempat hilang juga dia. Rupanya pindah ke Masamba, Luwu Utara. Dan berjualan lagi di sana. Badan Kesbangpol Masamba yang beri informasi kalau dia itu berjualan di sana,” jelas Kadiv Keimigrasian Sulsesl Ramli HS.

Kini WNA China tersebut terancam di Blacklist oleh Pemerintah RI. Kasusnya sedang di proses dan petugas masih mendalami bukti-bukti pelanggaran. Jika terbukti maka Zeng Jinmao dilarang masuk ke Negara Indonesia lagi.

“Saat ini yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan, petugas masih mendalami bukti-bukti pelanggarannya. Jika nanti terbukti, maka segera dideportasi dan akan di-black list,” ucap Ramli. (pdk)

 

Baca Juga :   Santri akan dapat Kartu Indonesia Pintar, Ini syaratnya

Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/893101-pernah-dideportasi-wn-china-dagang-lagi-di-sulsel

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Video Asli saat Bencana Longsor di Pangkalan Sumbar ini Bikin Merindin... Pangkalan, Nasional - Video asli bencana longsor di Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota ini adalah rekaman seorang yang langsung menyaksikan di tempat kejadian. Dirinya saat itu sedang dalam perjalana...
Peluang Beasiswa S2 dan S3 dari LPDP untuk Kuliah di Luar Negeri Beasiswa, Nasional - Pada Tahun 2017 ini banyak program besiswa pendidikan jenjang S2 yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan atau Lembaga dan Pemerintah. Salah satu diantaranya adalah peluang beasis...
Kategori Desa Wisata Terbaik di Indonesia Dan Intersasional Nasional – Menjadi Desa Wisata di Indonesia maupun di dunia Internasional memiliki keuntungan tersendiri bagi warga desa dan juga pemerintahan desa. Apalagi jika masuk ke dalam kategori desa wisata ya...
Beasiswa BPI dari LPDP untuk program pasca sarjana S2 dan S3 Beasiswa, Nasional - Beasiswa BPI yang diselenggarakan oleh LPDP ada beberapa kategori. Program ini dibuka setiap tahun guna mendukung tersedianya SDM Indonesia yang berkualitas dengan memanfaatkan da...
Perangkat Desa Se Indonesia Akan Dipanggil Ke Istana Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) baru-baru ini bertemu dengan Calon Presiden terpilih Jokowi  di Wonogiri. Dalam pertemuan dengan perwakilan PPDI dari 18 provinsi tersebut, Jokowi berjanji ak...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top