Posisi Anda
Home > Bisnis > Trik Cara Mengelola Bisnis Laundry Kiloan Sederhana Tapi Untung Banyak

Trik Cara Mengelola Bisnis Laundry Kiloan Sederhana Tapi Untung Banyak

Cara Mengelola Bisnis Laundry

Top Info Bisnis – Cara mengelola bisnis laundry sebenarnya sangat sederhana dan mudah untuk diterapkan. Bisnis ini cocok dilakukan bagi anda yang ingin belajar menjadi pebisnis pemula.

Selain itu, model bisnis jasa cuci pakaian ini sangat fleksibel untuk dijalankan. Tidak seperti kategori bisnis kelas menengah keatas yang memang membutuhkan Cara Mengelola Bisnis Yang Baik dan Benar Agar Tetap Bertahan Lama.

Bisnis laundry kiloan memang sangat popular beberapa tahun belakangan ini. Bahkan usaha sederhana ini merambah hingga ke desa-desa yang notabene masyarakatnya masih punya banyak waktu untuk melakukan pekerjaan rumah.

Lain halnya jika di daerah perkotaan. Masyarakatnya sudah pada sibuk dan tidak ada waktu untuk mengerjakan tugas-tugas rumah tangga seperti mencuci, memasak, membersihkan rumah dan lainnya.

Anda tidak butuh trik-trik rahasia untuk mengelola bisnis laundry ini supaya bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan. Karena usaha jasa pencucian ini layaknya seperti pembantu rumah tangga.

Lantas bagaimana tips dan trik sederhana meraup untung yang banyak dengan membuka usaha laundry kiloan yang perlu anda fahami?

Berikut kami sajikan trik cara mengelola bisnis laundry sederhana yang Insya Allah bisa menjadi ladang rezeki anda :

1. Persiapkan modal usaha yang dibutuhkan

Modal awal membuka usaha laundry kiloan antara lain untuk pembelian mesin cuci, detergen atau sabun cuci, pewangi, plastik pembungkus pakaian, setrika dan peralatan lainnya yang dibutuhkan.

Berapa besarnya modal yang perlu disiapkan tergantung dari jenis peralatan yang ingin anda beli. Sebaiknya jika anda punya cukup uang sekalian beli mesin cuci dan peralatan yang berkualitas supaya lebih awet dan tahan lama.

Untuk detergen dan pengharum pakaian sebaiknya anda beli dalam jumlah banyak supaya harganya bisa menjadi lebih murah. Karena barang ini tidak akan rusak walaupun disimpan dalam waktu lama.

Untuk itu lakukan survey ke beberapa Toko penjual sabun laundry dan pewangi guna membandingkan harga jual yang lebih murah. Usahakan anda bekerjasama dengan toko tersebut dan menjadi pelanggan tetap agar dapat diskon yang pembelian.

2. Tentukan lokasi usaha yang strategis

Usaha jasa cuci pakain merupakan bisnis yang berhubungan langsung dengan orang per orang. Oleh karena itu pilihlah tempat yang penduduknya ramai. Seperti di area perumahan, perkantoran, kampus atau asrama/mess buruh perusahaan.

Namun begitu bukan tidak mungkin anda membuka usaha pencucian ini di daerah perdesaan. Anda bisa lakukan survey sebelumnya, kira-kira berapa banyak orang atau keluarga yang sibuk di suatu perkampungan atau desa. Juga adakan survey ke desa-desa tetangga terdekat.

Baca Juga :   Apa itu Bisnis JoyBiz Indonesia ?

Jadi anda sudah dapat gambaran berapa konsumen yang akan memakai jasa anda. Tawarkan kepada mereka face to face tentang jasa laundry yang anda jalankan. Terapkan juga Tips Menjalankan Bisnis Laundry Dan Cara Naikkan Omsetnya.

3. Catat perlengkapan usaha yang perlu disiapkan

Cara mengelola bisnis laundry berikutnya adalah mendata peralatan dan perlengkapan yang akan anda gunakan selama berjalan nanti. Artinya anda pelajari cara menggunakan mesin yang baik dan merawatnya supaya bisa awet.

Produktivitas dan Efektivitas jalannya usaha laundry Anda akan bergantung dengan peralatan yang digunakan. Usahakan anda memiliki satu mesin pencuci multifungsi berkualitas yang bisa mencuci, membilas dan mengeringkan sekaligus.

Juga setrika untuk merapikan pakaian yang sudah kering serta pewangi. Pengharum pakaian yang baik biasanya tidak menimbulkan bekas di pakain serta harumnya bisa bertahan lama.

4. Pelayanan konsumen yang memuaskan

Dengan ketatnya persaingan dalam bisnis laundry ini anda wajib memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan. Bukan saja dalam kualitas hasil cucian, tetapi juga dalam berkomunikasi dengan konsumen.

Bersikap ramah dan murah senyum adalah kunci utama menyenangkan pelanggan. Jagalah hubungan dengan mereka layaknya keluarga anda sendiri. Berikan sedikit perhatian terhadap pakaian yang mereka titipkan.

Misalnya jika mungkin ada pakaian yang sedikit lepas jahitannya, anda tawarkan kepada mereka ; Bagaimana seandainya saya bantu jahitkan. Tidak perlu bayar. Itu contoh kecil saja. Banyak hal bisa anda lakukan untuk menyenangkan hati konsumen anda.

Kelihatannya memang sepele, namun ini sangat berkesan di hati pelanggan anda. Sehingga berat hati mereka jika harus berpindah mencuci di tempat anda. Atau sedikit berfikir jika mungkin ada kesalahan yang tidak anda sengaja terhadap pakaian yang anda cuci.

5. Berikan beberapa layanan tambahan

Untuk mengelola usaha laundry kiloan ini supaya dapat untung banyak, jangan lupa anda tawarkan berbagai layanan untuk kemudahan dan kenyamanan pelanggan.

Misalnya fasilitas antar jemput kerumah, ruang tunggu yang free Wi-Fi, diskon pencucian 10 Kg gratis 1 kilo, jasa khusus setrika pakaian saja tanpa mencuci ditempat anda dan lain sebagainya.

Itulah beberapa trik cara mengelola bisnis laundry kiloan yang cukup sederhana tetapi bisa menjadi sumber penghasilan anda sehari-hari.

Bukan tidak mungkin usaha jasa cuci pakaian ini akan menjadi besar dan meraup keuntungan yang lebih banyak jika anda benar-benar professional dalam menjalankannya. Untuk itu, pelajari lebih lanjut Beberapa Penyebab Bisnis Bangkrut Yang Harus Anda Hindari Dan Cara Mengatasinya. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Panduan Cara Daftar Jadi Member JoyBiz Indonesia Bisnis – Banyak pembaca yang bertanya bagaimana sih cara daftar joybiz jika ingin menjadi member? Nah, sebelum kita menuju kepada langkah dan proses pendaftaran lebih lengkap untuk bergabung dengan pe...
Cara Agar Bisnis Bertahan lama, pelajari 3 poin ini Bisnis, Pedekik.com - Memiliki bisnis sendiri tidaklah semudah apa yang dibayangkan. Mulai dari membuka usaha sendiri, menarik pelanggan, mempertahankan kualitas produk, meningkatkan layanan dan lainn...
7 Peluang Bisnis Ramadhan Ini Pasti Dibutuhkan Konsumen Bisnis - Peluang Bisnis Ramadhan walaupun sifatnya musiman namun keuntungannya bisa berkali lipat di banding hari biasa. Karena konsumen biasanya membutuhkan produk atau jasa yang anda tawarkan sifatn...
Memulai Peluang Usaha Baju Seragam Sekolah Bagi Pemula Bisnis - Peluang Usaha Baju seragam sekolah sangat cocok dilakukan ketika musim Tahun Ajaran baru tiba setelah libur panjang sekolah. Berbicara tentang anak sekolah, pada bulan Juli biasanya dimula...
Tips Mencari Modal Usaha Musiman Ramadhan Bagi Pemula Bisnis – Mencari modal usaha untuk berbisnis musiman ketika datang bulan Ramadhan sebenarnya bisa di dapatkan dengan mudah. Namun anda harus memikirkannya sejak awal sebelum bulan suci ramadhan ter...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top