Posisi Anda
Home > Berita desa > 5 Cara Menyatukan Pemuda Desa Agar Kompak dan Maju

5 Cara Menyatukan Pemuda Desa Agar Kompak dan Maju

cara menyatukan pemuda desa

Top Info Desa – Cara menyatukan pemuda desa supaya tercipta kekompakan untuk kemajuan desa bisa dibilang gampang-gampang susah.

Bagaimana cara menyatukan pemuda desa? Semua orang tahu bahwa pemuda merupakan generasi penerus bangsa. Mereka merupakan calon-calong yang nantinya akan memimpin negeri ini, apakah itu akan menjadi seorang Menteri, Bupati, Gubernur, sampai dengan Presiden. Peran pemuda dalam membangun negeri memang sangat penting, tak terkecuali mereka yang tinggal di desa.

Para pemuda yang tinggal di desa juga memiliki kesempatan untuk membangun desanya agar supaya lebih baju. Namun ada beberapa kendala yang membuat mereka cenderung sulit bersatu. Salah satu kendala tersebut adalah karakter yang berbeda dan kurangnya waktu untuk beradaptasi agar bisa melakukan kerja sama dengan pemuda lain yang ada di dalam lingkungan tersebut.

Perbedaan karakter dan kurangnya waktu untuk beradaptasi inilah yang akan menjadi tantangan yang harus dihadapi bagi mereka yang ingin menyatukan para pemuda tersebut. Akan tetapi, bukan berarti penyatuan yang dilakukan merupakan hal yang mustahil. Ada beberapa cara menyatukan pemuda desa yang ternyata bisa diterapkan agar mereka bisa benar-benar akrab, bersatu, dan sama-sama berjuang demi kepentingan desa.

Berikut ini akan kami berikan beberapa langkah atau tips menyatukan para pemuda tersebut:

  1. Memperbanyak komunikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak komunikasi. Komunikasi merupakan bagian terpenting dan paling dasar untuk membuat seseorang melakukan interaksi. Komunikasi juga menjadi bagian awal pengenalan masing-masing individu sehingga nanti terbentuklah sebuah kelompok.

Semakin sering komunikasi yang dilakukan, makan akan membuat para pemuda tersebut mulai mengenal dan lebih akrab antara satu dengan yang lainnya sehingga mereka akan bisa menjadi sebuah tim yang solid untuk sama-sama memajukan desa. Komunikasi yang dilakukann tidak selamanya harus bersifat formal agar mereka tidak terlalu kaku dan kesulitan.

Selain itu, frekuensi komunikasi juga tidak perlu terlalu sering karena hal inilah dinilai lebih efektif di dalam proses penyatuan para pemuda tersebut.

  1. Mencitapkan ‘musuh’ bersama

Cara kedua yang juga bisa dilakukan untuk bisa menyatukan para pemuda desa adalah dengan menciptakan sebuah musuh bersama. Sebagai gambaran, meskipun ada dua orang yang tidak saling mengenal namun ketika mereka memiliki musuh bersama, maka kedua orang tersebut akan dengan sukarela saling bekerja sama untuk bisa mengalahkan musuh tersebut.

Dari sinilah musuh tersebut diperlukan untuk dijadikan sebagai katalis demi perkembangan para pemuda atau organisasi yang ada di desa. Memiliki musuh bersama akan membuat para pemuda bisa bekerja lebih ektif dan juga efisien demi mengalahkan musuh tersebut. Namun ingat, musuh di sini bukan berarti musuh dalam pengertian yang sebenarnya.

Musuh di sini bisa berupa permasalahan yang ada di desa yang memang merupakan hal yang harus diatasi bersama karena demi kepentingan bersama.

  1. Menciptakan sebuah kompetisi sehat

Setiap individu membutuhkan kompetisi. Agar supaya kompetisi tersebut berjalan aktif, efektif, serta efisien, maka dibutuhkan sebuah iklim atau suasana kompetisi yang sehat. Kompetisi yang diadakan tersebut harus adil dan tidak memihak siapapun atau tidak menguntungkan siapapun.

menyatukan pemuda desa
Pemuda Bersatu, Desa Maju

Iklim yang lahir dari kompetisi yang sehat akan membuat para pemuda mulai menumbuhkan rasa percaya diri mereka. Lebih jauh lagi, dari sini mereka juga akan mulai membentuk kelompok atau organisasi yang setiap anggotanya akan saling bahu-membahu demi menjaga dan juga menjadi pemenang pada kompetisi tersebut.

  1. Mengadakan kegiatan bersama

Cara menyatukan pemuda desa yang keempat adalah dengan mengadakan kegiatan bersama. Masih hangat rasanya suasana Kemerdekaan Indonesia yang mana di berbagai daerah sering diperingati dengan cara yang bermacam-macam. Salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan bersama.

Para pemuda di desa terkadang enggan terlibat dalam kegiatan 17-an tersebut sehingga diperlukan suatu hal yang bisa menarik dan mengajak mereka ikut berpartisipasi.

Dengan adanya kegiatan bersama  yang melibatkan para pemuda, mereka akan mulai mengenal satu dengan yang lainnya dan kemudian akan membentuk sebuah tim. Dari tim tersebut mereka akan saling berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Misalnya, mereka akan membentuk sebuah tim sepakbola, tim lomba untuk tarik tambang, tim untuk panjat pinang, dan lain sebagainya.

Untuk bisa mencapai target ini, maka dibutuhkan keterlibatan semua pihak, terutama para perangkat desa harus membuat sebuah cara atau program yang menarik agar para pemuda antusias terlibat dalam kegiatan yang diselenggarakan tersebut.

  1. Makan bersama

Pernahkah terpikir bahwa makan bersama juga bisa menjadi sebuah langkah tepat untuk menyatukan para pemuda desa? Mungkin cara ini bisa dilakukan setelah selesai menerapkan cara keempat. Maksudnya, cara kelima ini merupakan kelanjutan dari cara keempat dimana setelah kegiatan tersebut selesai maka kemudain diadakan sebuah acara makan bersama.

Makan bersama di sini juga bisa dilakukan bersamaan dengan peringatan tertentu, seperti tsayakuran desa, ulang tahun Kepala Desa, dan lain sebagainya.

Para pemuda tersebut bisa diundang untuk ikut makan bersama yang nantinya akan diselenggarakan di balai desa. Tentunya mereka akan dengan senang hati datang ke sana bukan karena mereka ingin makan, melainkan mereka merasa bahwa Kepala Desa benar-benar memperhatikan para pemuda yang ada di desanya.

Dari sini juga bisa ditambahkan beberapa kegiatan lain seperti pemberian materi singkat mengenai pentingnya persatuan desa atau persatuan para pemuda desa untuk sama-sama membantu memajukan dan mensejahterakan desanya.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana langkah atau cara menyatukan pemuda desa.

Namun perlu diingat bahwa dibutuhkan keterlibatan dari semua pihak terkait supaya cara-cara ini berhasil membuat mereka bersatu dan menjadi pemuda yang solid.

Jika artikel ini menurut anda bermanfaat, silahkan share ke teman-teman pemuda atau mungkin ke Kepala Desa. Oh ya, jangan lupa LIKE juga Fan Page Pacebook Pedekik.Com yang ada di web ini. Terima kasih.

Selanjutnya bagi anda para pemuda, mungkin perlu juga membaca 6 Bisnis Untung Besar Untuk Generasi Milenial Ini Perlu Dijajaki. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Cara Bikin Website Desa #3 Bengkalis - Pedekik.com, Lanjut mas bro... Ini artikel sambungan bagian 3 dari tutorial cara bikin website desa yang sudah saya tulis sebelumnya. (Lihat cara bikin website desa #2) Sedikit mengulan...
Prioritas Dana Desa Tahun 2019 Berdasarkan Permendes No. 16 Tahun 2018 Top Info Desa – Prioritas dana desa tahun 2019 diatur melalui Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendesa PDTT) Nomor 16 Tahun 2018. Secara umum prioritas pen...
Di Desa ini, Semua Warga Harus Mematikan Televisi Selama 2 jam Info desa, Pedekik.com - Pesawat televisi terkadang bisa hidup sampai 18 jam. Anggap saja jika dirumah anda televisi mulai di hidupkan pagi jam enam, dengan alasan sebagai sambilan atau hiburan saat p...
Kantor Desa Terbakar, Seluruh Isinya Dan 2,6 Ton Raskin Ludes Top Info Desa – Kantor Desa terbakar habis meludeskan seluruh isi dan berkas-berkas penting serta 2,6 ton Beras Miskin (Raskin). Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 04.30 pagi Jum’at (15/2) dan ber...
Bagaimana Cara Membuat Web Resmi Pemerintahan Desa #2 Bengkalis - Pedekik.com. Tulisan ini merupakan lanjutan artikel bagian 1 tentang bagaimana cara membuat web resmi pemerintahan desa. Sebenarnya ini bukanlah hal baru atau hal yang sulit. Namun saya me...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top