Posisi Anda
Home > Bisnis > Tips Mengatasi Persaingan Jualan Bakso Secara Sehat Di Wilayah Perkotaan

Tips Mengatasi Persaingan Jualan Bakso Secara Sehat Di Wilayah Perkotaan

Mengatasi Persaingan Jualan Bakso

Mengatasi persaingan jualan bakso di daerah perkotaan bisa dibilang sangat ketat dan butuh strategi ekstra. Karena penjual bakso kompetitor jumlahnya bisa ribuan.

Bakso adalah salah satu produk kuliner kelas UKM yang populer di masyarakat sejak dulu.

Bakso menjadi makin populer berkat fleksibilitas dari sisi pemasaran dan penjualan, artinya bisa dijual dalam lingkup kaki lima, hingga yang berkelas premium di mall atau hotel bintang lima.

Bakso bisa lahir dalam berbagai bentuk dan model untuk mengatasi persaingan di wilayah perkotaan,

Oleh karena itu setidaknya Anda harus mempelajari beberapa tips berikut ini:

1. Strategi pemasaran

Dalam bisnis kita mengenal adanya strategi jangka pendek dan strategi jangka panjang.

Dalam jangka pendek kita fokus dalam perekrutan tenaga kerja, termasuk pemetaan segmentasi pasar yang bakal dituju.

Biar mudah dalam perencanaan, Anda bisa buka wawasan dengan banyak cari info di internet. Konsultasi ke ahlinya juga bagus untuk dilakukan.

Strategi pemasaran juga harus kita fikirkan untuk jangka panjang. Bukan hanya bertujuan untuk mengatasi persaingan jualan bakso, tetapi lebih jauh untuk kelanggengan usaha kita.

2. Pertahankan kualitas produk

Jangan pernah main-main soal kualitas produk, jika tidak, maka pelanggan Anda bisa berpaling ke saingan.

Harga dan kualitas adalah hal yang vital banget buat kelanggengan bisnis kuliner semacam bakso.

Baik dari sisi rasa, kebersihan, pelayanan, harga serta jaminan halalnya.

3. Inovasi tiada henti

Kreatifitas berbisnis itu penting, jadi pastikan produk bakso Anda unik dan menarik.

Tidak usah takut kompetitor karena persaingan yang keras ibarat cambuk bagi kita untuk terus melakukan inovasi.

Berbagai inovasi dari bisnis bakso yang saat ini ada di pasaran misalnya saja pentol edan, pentol gila atau yang sejenisnya.

Bisa jadi juga anda membuat inovasi dalan hal tempat dan layanan untuk mengatasi persaingan jualan bakso.

Persaingan jualan bakso

4. Buat harga yang bersaing

Harga bakso makin kompetitif. Prinsip pelanggan, mahal gak masalah asalkan baksonya berkelas.

Jadi anda punya banyak kesempatan untuk menggelar produk bakso Anda mulai dari rentang harga murah hingga yang mahal.

Biar tidak salah dalam penetuan harga, lakukan riset dulu.

Harga Anda bisa lebih murah tapi jangan lantas nurunin kualitas ya.

Kalau memang kualitas sepadan dengan harga yang dibanderol, gak masalah kok harga lebh mahal.

Dalam teknik penentuan harga, prinsipnya, jangan sampai kamu gak dapat untung atau bahkan merugi hanya karena salah kasih harga. Prinsip lainnya, untung dikit tidak maslaah yang penting omzet besar.

5. Rutin melakukan promosi

Saat ini jaman serba canggih, optimalkan dan jangan kudet mbaksis!

Bikin produk kamu jadi dikenal seluas-luasnya. Promosi lewat semua media mulai dari yang namanya media sosial sampai bikin program promosi penting banget.

Semisal jual bakso, maka jangan lupa siapin saja modal buat bagi-bagi tester pentol bakso gratis di satu hari tertentu.

Promosi lewat selebaran juga bisa kok. Gak perlu yang berwarna atau pakai bahan yang mahal.

Sesuaikan strategi menghadapi tantangan bisnis dengan teknologi masa kini.

Saat ini eranya dunia maya. Akun medsos memang ampuh banget buat menawarkan produk-produkmu, manfaatkan dong jangan gaptek.

Bikin akun media sosial khusus buat usaha kamu dan rajin-rajin update di situ.

6. Lakukan teknik pelayanan terbaik dan sesuai dengan segmen pasar

Dalam bisnis kuliner yang mengandalkan rasa, maka yang gak kalah penting pastinya soal pelayanan.

Mengatasi persaingan jualan bakso dengan pelayanan yang ramah, cepat, bersih dan rapi juga punya nilai plus tersendiri.

Ramah dan bersedia menjawab semua pertanyaan dari calon pembeli atau pengguna jasa bisnismu juga gak boleh diabaikan.

Jangan harap kalau kamu cuek dan jual mahal bakal narik banyak pelanggan.

7. Jangan lupa untuk bisa Berjiwa Besar alias Fair

Berjiwa besar adalah kunci sukses dari pengusaha dimanapun posisinya.

Tentu tidak enak banget deh ya sebagai pengusaha kamu lalu menghalalkan segala cara untuk maju.

Apalagi sampai menggunakan jasa-jasa pelaris atau menjegal lawan bisnis seperti pergi ke mbah dukun sampai main curang.

Duh, udah gak bakalan berkah tuh usaha kalau dijalankan seperti itu.

Punya jiwa besar, supportive dalam berbisnis itu salah satu kunci utama meraih sukses dalam bisnis. Intinya sih kalau emang udah siap terjun berbisnis, ya kuatin mental kamu.

Apapun bisa terjadi, gak akan semulus yang kamu bayangkan tapi bukan berarti gak ada solusi.

Jadi, kunci agar bisa sukses mengatasi persaingan jualan bakso adalah pastikan usahamu bisa tangguh bertahan sesuai dinamika jaman dengan cara mengikuti selera pasar.

Berjiwa besar sebenarnya dituntut dalam semua bisnis. Jadi Jangan Remehkan 6 Jenis Usaha Jajanan Anak Sekolah Ini Walau Kelihatannya Sepele. [Ev0]

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

Kreatifitas Pengolahan Bonggol Pisang Jadi Peluang Bisnis Di Desa Bisnis Desa – Pengolahan Bonggol Pisang menjadi berbagai macam produk yang bisa mendatangkan uang masih terasa asing oleh sebagian masyarakat desa. Padahal pohon pisang sendiri paling banyak kita dapa...
Cara Menemukan Kembali Email Akun Adsense Yang Terlupa Adsense - pedekik.com, Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya beberapa waktu lalu yang sudah bikin setengah kebingungan. Ceritanya pas baca-baca artikel tentang adsense, saya teringat bahw...
Inilah 6 Usaha Modal Minim Yang Laris Manis Bagi Ibu Rumah Tangga Top Info Bisnis - Usaha Modal Minim yang Laris Manis cocok dilakukan oleh Ibu Rumah Tangga yang punya waktu luang dirumah dan bisa menambah penghasilan keluarga. Ketika memutuskan untuk menjadi pebis...
7 Cara Mengelola Bisnis Yang Baik Agar Tetap Bertahan Bisnis – Cara mengelola bisnis yang baik menjadi tolak ukur bagi keberhasilan usaha yang sedang anda jalani. Untuk itu manajemen bisnis perlu anda pelajari sebelum anda terjun untuk merintis bisnis an...
Usaha Jasa Cuci Sepatu, Peluang Bisnis Baru yang langka Bisnis, Pedekik.com - Membuka usaha jasa cuci sepatu menjadi salah satu alternatif peluang bisnis baru untuk dijalankan. Sekarang memang sedang tren buka usaha dibidang cuci-mencuci di kalangan masyar...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top