Posisi Anda
Home > Bisnis > 4 Cara Promosi Bisnis Online Lewat Video Youtube

4 Cara Promosi Bisnis Online Lewat Video Youtube

Promosi bisnis online

Promosi Bisnis Online bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Inilah enaknya menjalankan bisnis di era digital moderen dan sosial media.

Ok Gaess.. sebelum kita lanjut ke masalah usaha online yang akan saya ceritakan dalam artikel ini, kembali saya mau curhat. Bahwa beberapa hari yang lalu, setelah saya posting artikel yang berjudul Tool Bisnis Online Yang Wajib Anda Kuasai Agar Pelanggan Meningkat, sehari berikutnya pas saya mau buka web ini, Eh.. malah amburadul.

Gimana tidak mendongkol, ternyata web nya kena hacker oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Padahal apa salah saya coba, Wong saya tidak kenal orang yang ngehack itu. Lagian apa sih maunya dia? apa emangnya untung nya ngerusak punya orang?

Ah sudah lah.. itu urusan dia. OK..??

Baik, kali ini saya akan berbagi tentang Tips Promosi Bisnis Online melalui video yang bisa Anda upload di Youtube.

Teman-teman para PEBISOL (Pelaku Bisnis Online), hari ini tidak di pungkiri bahwa sosial media yang populer sebagai tempat mempromosikan produk yang Anda jual adalah Instagram dan Facebook. Mungkin anda juga begitu, ya..

Itu adalah hal yang sudah benar Anda lakukan. Update status facebook tiap hari isinya jualan. Upload foto-foto produk di IG (Instagram) dengan caption promosi.

Tetapi mungkin Anda lupa atau memang belum tahu bahwa Youtube pun tidak kalah populer sebagai tempat mempromosikan jualan Anda.

Bahkan beberapa pakar periklanan bisnis mengatakan, media video lebih menarik dan lebih diminati oleh netizen sebagai sarana promosi bisnis Anda.

Lantas bagaimana caranya kita bisa beriklan lewat video?

Berikut ini saya share sedikit pengetahuan tentang memanfaatkan video youtube untuk promosi.

Baca Juga :   Inilah Bisnis Yang Laris Setiap Hari dengan Keuntugan Besar

1. Buat Channel Bisnis di Akun Youtube.

Jika Anda belum memiliki akun youtube, sebaiknya Anda buat mulai sekarang. Mudah kok cara daftarnya. Asal Anda punya akun email GMail berarti anda sudah bisa daftar dan bikin Channel di Youtube.

Channel ini boleh Anda beri nama Anda sendiri atau nama Brand Bisnis Anda. Misalnya Anda jualan kosmetik merek SR12 Skincare. Buat saja nama Channel nya misal “SR12 Herbal Skincare”, atau kalau Anda tinggal di Kota tertentu tambahkan nama kota Anda. Misal nama Channel nya “SR12 Bandung skincare”, atau bisa juga ditambahkan nama Anda sendiri. Seperti “Yulie SR12 Skincare”, “Skincare Mbak Yuli” dan lain-lain.

2. Maksimalkan Setingan Akun Youtube Anda.

Jika sudah berhasil daftar akun youtube, maka selanjutnya anda maksimalkan pengaturan akunnya. Mulai dari gambar Profil, Foto Header Channel, Deskripsi Channel dan lain-lain.

Karena tujuan kita bikin akun youtube ini untuk promosi, maka tentu saja gambar-gambar yang Anda pasang di Channel Anda adalah gambar atau foto yang ada kaitannya dengan produk yang Anda jual.

Kalau untuk gambar Profile sebaiknya foto Anda sendiri, agar orang lebih tahu siapa Anda. Kayak apa orang nya, he..he..

Intinya pada langkah untuk memaksimalkan promosi lewat youtube ini, Anda setting dulu akun youtube anda secara maksimal.

Kalau belum faham banget, caranya bisa anda googeling saja turorial nya di internet.

3. Buat Video Bisnis.

Setelah setingan akun Youtube Anda dirasa beres, sekarang saatnya mulai upload video ke channel Anda. Ini bagian yang lumayan ekstra kerjanya. Apalagi jika Anda tidak punya galery video dan tidak pandai membuatnya.

Baca Juga :   Prospek Bisnis Online Paling Menjanjikan Di Internet

Tetapi Anda tidak perlu kuatir. Karena tujuan kita disini hanya lah untuk mempromosikan bisnis kita lewat video. Bukan ingin menjadi Youtuber handal kayak Atta Halilintar. He..he..

Biasanya kalo produk yang Anda jual adalah produk-produk Multi Level Marketing, Perusahaan sudah menyediakan berbagai video yang berkaitan dengan produknya dan sistem bisnis.

Atau produk yang berasal dari Produsen Profesional juga selalu memiliki media video sebagai sarana iklan mereka yang dibagikan kepada umum.

Nah, untuk tahap awal jika Anda memiliki video tersebut, itu dulu yang Anda Upload. Bagusnya video tersebut di edit dengan memasukkan kontak kita ke dalam video tadi, baru di upload.

Selain video bawaan perusahaan, Anda bisa membuat video sendiri. Cukup Anda rekam dengan HP Android dan upload ke youtube.

Ini malah lebh bagus. Karena kelihatan lebih nyata dan alami. Jadi bykan video editan yang mungkin bisa di rekayasa.

Mungkin muncul pertanyaan, video tentang apa ya yang harus dibuat?

Jawabnya banyak sekali. Bisa video tentang menerangkan kelebihan dan manfaat produk Anda. Bisa juga tentang Testimoni dan cara pakai produk Anda. Atau juga kegiatan harian Anda yang berkaitan dengan Bisnis dan produk yang Anda jual.

Pada poin ini, intinya sering-sering bikin video yang berkaitan dengan Bisnis online yang sedang Anda jalani.

Anda bisa minta bantu teman untuk merekam, atau keluarga sendiri, atau kalau punya modal minta buatkan oleh penyedia jasa pembuatan video.

4. Maksimalkan Video Bisnis Anda.

Pada poin ini, setelah Anda terbiasa dengan mengunggah video ke chanel Anda, maka secara pelan-pelan Anda berusaha memperbaiki kualitas video Anda dan mengoptimalkan setingan unggahan video tersebut.

Baca Juga :   Kelebihan Kulkas Merek Sharp Yang Perlu Anda Tahu

Memperbaiki kualitas video yang saya maksud antara lain konten atau isi dari video tersedut tujuannya jelas.

Sebagai contoh mungkin Anda ingin buat video testimoni produk. Maka Anda hadirkan orang yang sudah menggunakan produk tersebut dan minta pendapatnya tentang produk yang sudah digunakan.

Contoh lain Anda mau bikin video promosi bisnis Online tentang sistem bisnis atau rekrut reseller. Maka Anda jelaskan dalam video itu secara lengkap dengan kata-kata yang jelas dan mudah difahami serta kalimat yang sugestif sehingga penonton benar-benar tertarik.

Sedangkan Mengoptimalkan setingan video unggahan Anda maksudnya antara lain dengan membuat judul yang menarik. Kemudian dibagian deskripsi video tulislah gambaran atau penjelasan yang isinya sama dengan yang ada di video.

Dan jangan lupa isi kolom bagian ‘tag’ ketika mengunggah video dengan kata-kata yang terkait dengan bisnis dan produk Anda.

Diusahakan kata-kata untuk Tag tersebut juga tercantum di dalam judul video dan di bagian deskripsi.

Misal Anda mau Promosi Bisnis Online lewat video tentang testimoni penggunaan produk herbal merek Semak-ID.

Bisa Anda buat judul seperti ini, “Testimoni Herbal Semak-ID untuk penyakit Stroke .

Kemudian di kolom bagian deskripsi Anda ceritakan orang yang ada di dalam video tersebut dan perkembangan setelah mengkonsumsi Herbal tersebut.

Intinya di bagian deskripsi juga mengandung kata-kata Testimoni, Semak-ID, Stroke.

Begitu juga untuk kolom Tag harus Abda tulis kata-kata Testimoni, Semak-ID, Herbal, Stroke.

Ok, mungkin itu saja sebagai pengetahuan ringan Cara mengiklankan bisnis Anda melalui video di channel youtube.

Semoga bermanfaat dan bisa mendongkrak omset bisnis Anda. Amiinnn. [Ev0]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top