Posisi Anda
Home > Bisnis > Cara Mencari Jenis Usaha Bumdes Yang Punya Potensi Di Desa

Cara Mencari Jenis Usaha Bumdes Yang Punya Potensi Di Desa

jenis usaha bumdes

Bisnis – Untuk mencari jenis usaha Bumdes yang benar-benar punya potensi di desa sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Yang paling penting justeru bagaimana mengelola unit usaha yang sudah terbentuk agar menjadi lebih maju dan berkembang. Sehingga bisa mendatangkan keuntungan maksimal dan menjadi PAD desa yang bisa diandalkan.

Dengan gencarnya program prioritas pendirian Bumdes di setiap desa secara tidak langsung juga akan menggali potensi yang ada di desa untuk di kembangkan lebih lanjut.

Oleh karena itu bagi pengurus Badan Usaha Milik Desa harus jeli mencermati kondisi dan potensi yang bisa di kembangkan untuk dijadikan jenis unit usaha Bumdes.

Berbicara tentang potensi desa, di Negara kita sebenarnya cenderung terjadi penyebaran potensi desa secara ber kelompok.

Dengan kata lain berbagai jenis potensi desa itu cenderung sama di beberapa desa dalam satu kecamatan. Bahkan kadang dalam satu Kabupaten.

Hal ini sedikit banyak menjadi tantangan bagi pengurus Bumdes untuk menciptakan peluang usaha yang kompetitif karena jenis usahanya sama dengan desa tetangga atau desa dalam satu kecamatan.

Bahkan mungkin sebagian pengurus Bumdes sedikit kesulitan untuk menentukan jenis usaha Lembaganya karena usaha sejenis telah banyak berdiri di tempat lain. Atau karena jenis usaha tersebut sudah banyak di jalankan oleh masyarakat desa.

Untuk itulah perlu juga dicari solusi lain bagaimana menemukan jenis usaha Bumdes yang berpotensi mendatangkan keuntungan dan masukan buat PAD Desa.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencari jenis usaha Bumdes yang bisa dijadikan peluang unit usaha.

A. Mencermati Potensi Desa

Kami yakin secara umum masyarakat desa sudah tahu potensi apa yang ada di desanya masing-masing. Terlebih lagi pegelola Bumdesa.

Baca Juga :   Beberapa Penyebab Bisnis Bangkrut Yang Harus Anda Hindari Dan Cara Mengatasinya

Dari potensi yang ada di desa baik yang sudah dikembangkan atau belum, perlu dilakukan pencermatan lebih dalam untuk mencari jenis peluang usaha baru.

Maksudnya disini tidak hanya membangkitkan potensi desa yang belum di olah atau di jamah. Tetapi bisa juga dari potensi desa yang sudah ada dan berkembang, namun perlu terobosan baru sehingga menjadi jenis usaha baru dalam bidang yang sama.

Untuk itu harus dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

– Pendataan. Data lah segala sesuatu yang berhubungan dengan potensi desa. Baik yang sudah dikembangkan atau pun belum. Buatlah dan kumpulkan data selengkap mungkin dan sedetil mungkin.

– Perbandingan. Setelah semua data terkumpul, cobalah anda lakukan perbandingan dengan jenis usaha yang sama yang ada di desa tetangga atau di desa lain.

– Pengkajian. Setelah anda memiliki data dan perbandingan, selanjutnya anda perlu mengkaji atau meneliti hasil data dan perbandingan tersebut. Dengan begitu nanti anda akan menemukan kelebihan dan kekurangan dari usaha yang sudah berjalan. Sehingga dari situ diharapkan akan muncul ide-ide baru yang bisa dikembangkan untuk dijadikan jenis usaha baru bagi Bumdes.

B. Dengar Pendapat

Untuk mencari jenis usaha yang berpotensi di desa, bisa juga anda lakukan dengan cara mendengar masukan, keluhan dan pendapat masyarakat setempat.

Hal ini bisa anda lakukan secara komunikasi individual kepada masyarakat desa atau kelompok, atau bisa juga anda lakukan dengan membuat sistem angket dan survey. Arahkan topic anda kepada pokok/tema spesifik yang ingin digali.

Sebisa mungkin dari kegiatan itu bisa memancing reaksi atau dukungan masyarakat terhadap rencana yang ingin kita lakukan.

Baca Juga :   Permendagri No. 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa

Dengan begitu secara tidak langsung mereka sudah ikut memberikan dukungan moral bahkan mungkin material atau investasi.

Sehingga masyarakat juga nanti akan ikut memikirkan kelangsungan jalannya usaha jika terjadi kendala atau masalah. Paling tidak mereka akan ikut berfikir mencarikan solusi terhadap permasalahan yang timbul.

C. Adopsi Usaha Bumdes yang sukses

Dengan mengadopsi jenis usaha Bumdes dari desa lain yang telah sukses bisa juga anda lakukan dan kembangkan di desa anda.

Hal ini tentu saja bukan sembarang adopsi. Tetapi juga perlu pengkajian dan studi banding apakah jenis usaha tersebut bisa diterapkan di desa anda.

Jika ingin mengadopsi suatu jenis usaha, sebaiknya dicari jenis usaha dari desa lain yang jaraknya jauh dari desa anda. Supaya tingkat persaingannya bisa kompetitif terutama dalam hal pemasaran.

Begitulah kira-kira solusi cara mencari jenis usaha Bumdes agar Badan Usaha Milik Desa yang anda kelola mampu memberi nilai tambah bagi Pemerintahan Desa dan khususnya menaikkan taraf hidup ekonomi masyarakat.

Yang tidak boleh anda lupakan sebelum membuat unit usaha atau membangun sebuah jenis usaha bagi Bumdes adalah studi kelayakan usaha.

Karena membuka usaha tanpa dilakukan studi kelayakan terlebih dahulu sama dengan anda menembak di atas kuda sambil berjalan.

Tetapi dengan kesabaran dan kerja keras, Insya Allah apa yang anda ushakan dan cita-citakan akan mendapat hasil sesuai harapan.

Coba anda simak artikel berikut Tentang Urgensi Pembangunan Embung Desa, Wajibkah Dibuat ? Bisa jadi dari sana anda akan menemukan ide dan inovasi baru dalam mencari jenis usaha Bumdes. (Ev0)

Pengunjung Lain Juga Baca Ini :

7 Cara Mengelola Bisnis Yang Baik Agar Tetap Bertahan Bisnis – Cara mengelola bisnis yang baik menjadi tolak ukur bagi keberhasilan usaha yang sedang anda jalani. Untuk itu manajemen bisnis perlu anda pelajari sebelum anda terjun untuk merintis bisnis an...
Apa Saja Manfaat Royal Kiraz Dan Efek Sampingnya Terhadap Tubuh? Top Info Bisnis – Manfaat Royal Kiraz obat herbal tradisional Turki memiliki reaksi yang sangat cepat untuk menyembuhkan penyakit. Khasiat besar yang dikandungnya telah membuat banyak orang menjadi...
Kuliner Gurih Roti Canai Bengkalis Terima Panggilan Pesta Bisnis, Bengkalis - Salah satu kuliner ‘Roti Canai Bengkalis’ bisa anda jadikan pilihan jika anda berkunjung ke kota Kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini. Kuliner Bengkalis yang gurih ini bisa...
Tips Mencari Modal Usaha Musiman Ramadhan Bagi Pemula Bisnis – Mencari modal usaha untuk berbisnis musiman ketika datang bulan Ramadhan sebenarnya bisa di dapatkan dengan mudah. Namun anda harus memikirkannya sejak awal sebelum bulan suci ramadhan ter...
Inilah Hasil Seleksi Petugas Sensus Ekonomi BPS Kabupaten Bengkalis Badan Pusat Statistic (BPS) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau umumkan hasil seleksi rekruitmen petugas Sensus Ekonomi 2016 yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang. Nama-nama pelamar yang lolos s...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top